Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

.nona.Avatar border
TS
.nona.
Trik Marketing Sales Sepeda Motor Menjaring Konsumen


Trik marketing di setiap produk pastinya ada, apalagi trik marketing dengan harga yang lebih mahal seperti sepeda motor.



Dalam menggaet konsumen dan meraup untung sebanyak-banyaknya, peran ahli marketing memang sangat penting – termasuk di dunia sepeda motor. Karenanya, banyak perusahaan memiliki lebih dari satu tenaga ahli marketing demi meningkatnya penjualan produk masing-masing brand. Apalagi jika berbicara tentang kwartet pabrikan motor asal Jepang yang punya market share terbesar di Indonesia.



Dalam memikat para konsumen, para tim marketing ini ternyata memiliki ilmu a.k.a trik marketing tersendiri lho. Trik rahasia ini konon bisa membuat konsumen bak “tersihir” sehingga mau membeli produk tersebut tanpa fikir panjang. Apa saja?


Cuma beda warna, tapi perbedaan harganya hampir sejutaan



Silahkan amati versi All-New Honda CBR150R diatas. Ya, semuanya punya kelengkapan yang sama, fungsinya sama, ergonominya sama, bahkan keduanya sama-sama punya mesin 150cc yang lebih inferior dari GSX-R150 & All-New R15. Faktanya, perbedaan yang signifikan cuma ada di bagian warna dan livery - dimana CBR150R edisi Repsol nampak lebih keren berkat kelir oranye ala Repsol Honda MotoGP, plus detail yang dilabur cat gold. Tapi pernahkah memikirkan perbedaan harga keduanya?

Meskipun punya spek dan kelengkapan yang tak ada beda, tapi selisih harga antara All-New CBR150R Standar & versi Repsol Edition mencapai Rp. 900.000.

Sebagai perspektif, uang sebanyak itu padahal bisa digunakan untuk membeli kebutuhan bermotor yang lain seperti helm + jaket + glove + protector branded lokal – satu set sekaligus.



Embel-Embel Teknologi & Fitur



Jika agan adalah seorang pemula dan cuma melihat sebuah sepeda motor berdasarkan angka dan embel-embel yang tertera di brosur, maka bersiap-siaplah untuk kecewa. Nggak percaya? Silahkan simak brosur fitur dan teknologi Kawasaki Ninja 250 pada gambar diatas. Di mata orang awam pasti terlihat “so cool”, canggih, futuristik, dan tanpa tandingan.



Tapi sedihnya, itulah trik marketing yang diinginkan oleh para ahli untuk dipercaya konsumen! Yup, kadang ada banyak sekali embel-embel canggih serta teknologi terbaru dimasukkan dalam brosur produk, untuk meningkatkan minat pembeli dan memberi kesan produk sudah dipercaya.

Padahal kalau kita bandingkan poin-poin fitur dan teknologi diatas dengan kompetitor sekelas – semisal KTM RC250 - kelebihan yang disebutkan dalam brosur tadi justru terasa useless & nggak berarti.



Metode Tambah 'Topping



Yang satu ini mirip dengan trik marketing yang kita bahas di poin pertama, tapi nampak jauh lebih smart dan detail. Karena konsumen justru lebih banyak terkecoh, dan akhirnya membeli produk yang mendapat treatment trik marketing tersebut.

Yup, trik marketing yang dimaksud adalah menawarkan produk lain yang terlihat lebih menarik secara kelengkapan, dan dibanderol jauh lebih mahal dari produk standar. Padahal kalau ditilik secara detail, basic produk keduanya hampir sama persis. Namun hanya karena di tampilkan dengan sedikit hiasan, harganya bisa jauh berbeda! Contohnya bisa dilihat di Suzuki GSX-S150 Touring Edition.

Tapi, yang lucu Honda CB150R Streetfire Special Edition. Beda tampilan sedikit harga lebih mahal Mengapa ?



Silahkan lihat Honda CB150R Streetfire SE Racing Red, kemudian bandingkan dengan Honda CB150R Streetfire (STD). Kalau jeli, dengan hiasan tambahan berupa Visor mungil, Undercowl, plus Secuil sticker tambahan, konsumen dipaksa membayar Rp. 1,1 juta lebih mahal dibanding versi standar! Dan uniknya (sekaligus sedihnya), masih banyak konsumen yang justru memilih tipe ini dibanding versi Standar.

Kredit Dp Murah Banyak Bonus



Untuk yang motor kredit para marketing berlomba dengan murah bahkan ada yang berani DP 0%, hingga bonus penurunan harga dan hadiah payung dan jaket berkelas.

Bahkan tak hanya DP murah tanpa uang muka, kadang ada yang berani menawarkan tanpa syarat yang ribet seperti survey lokasi rumah konsumen.

Untuk akhir tahunpun banyak marketing berlomba menghabiskan stock kendaraan di gerai, dengan banyak bonus dan lainnya.



Itulah strategi marketing yang terjadi di produk sepeda motor pada saat ini.

emoticon-Angel

https://enoanderson.com/blog/2017/05/06/trik-marketing-sepeda-motor/

Diubah oleh .nona. 06-02-2018 12:50
0
12.9K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan