asyah93Avatar border
TS
asyah93
Jadi Anak Asrama Siapa Takut!
Dulu ane ngets tentang hidup anak kosan. Kali ini ane pengen bagi pengalaman hidup ni GanSis, tentang kehidupan anak asrama. Lain tempat lain cerita tentunya saat jadi anak kosan dan asrama. Walau keduanya sama-sana jauh dari ortu, kehidupan kosan dan asrama agak sedikit beda. Nah dia yang ane alami saat jadi anak asrama.



1. Siapa Cepat Dia Dapat
Kalau ini berlaku saat kita baru nyampe di gedung asrama. Kalau kosan kita bisa milih sesuka hati sesuai bayaran ke bapak atau ibu kosan, tapi kalau asrama karena kita gratis (beasiswa) atau bayar sama dengan anak lainnya, yg datang duluan dia jadi penguasa atas pilihan kasur dan lemari. Kasur yang bentuknya dua tingkat, pasti jadi ciri khas asrama. Banyak penghuni asrama enggan untuk tidur dan memilih kasur di atas. Jadi kalau GanSis telat masuk asrama, so pilihan terakhir adalah sebagai orang sisan atas apa yang ada.

2. Segalanya Antri
Makan, mandi, nyuci piring, bahkan nyuci baju harus didahului dengan budaya antri. Ini yang ane rasakan GanSis, pas kelaparan ane gak bisa maen serobot aje buat minta makan, tapi ane kudu antri sesuai kapan ane datang, biasanya jatah lauk pun ditentukan nih, gak kaya anak kosan yang semaunya perut. Jadi anak asrama mengharuskan kita berbagi. Sama kaya mandi, pasti penuh. So yang sekarang jadi asrama, jangan mandi lama-lama dah kasian banyak yang antri.



3. Orgranigram
Bedanya sama kosan, kalau di asrama pasti ada namanya ketua asrama, sekretaris asrama dan kegiatan di hari Sabtu dan Minggu, nah ini ditentukan dengan pengajuan diri atau pemilihan kaya OSIS atau BEM lah, di asrama akan ditentukan kegiatan yang asyik buat ngilangin rasa kangen sama ortu di rumah.

4. Jadwal Pulang Yang Ditentukan[B]
Kalau anak kosan bebas mau pulang kapan aja, biasanya kalau Sabtu Minggu dipake buat pulang. Kalau jadi anak asrama, jadwal pulang bukan kita yang nentuin. Tapi pihak pengelola asramalah yang bertanggung jawab kapan balik dan datangnya kita. emoticon-Frown kangen berat dah ama emak dan bapak di rumah, kalau ternyata kita gak pernah balik.

[B]Mandiri dan Solid

Uang pas pasan, akan membuat kita jadi mandiri. Segalanya gak bisa minta gitu aja sama pengelola asrama. Anak asrama kudu bisa memecahkan masalahnya sendiri dengan teman2 satu asrama, ini yang bikin solid semuanya.

6. Saat Berpisah Itu Sedih
Satu tahun atau bahkan tiga tahun bersama di asrama, tentu membuat hati kerasan dengan suasananya. Terutama teman satu kamar. Tidur, makan, bahkan nyuci sering barengan. Eh harus pisan deh selamnya karena udah lulus. Ini yang bikin baper diri, merindukan suasana asrama yang menyenangkan.


Sumber : pengalaman sendiri
Sumber gambar: google.com
0
10.3K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan