abee.Avatar border
TS
abee.
Naik Motor Hujan-hujanan? Ini Tips Sederhana Buat Merawat Motor Agan Di Musim Hujan!



Hai Semua!
emoticon-Nyepiemoticon-Angpau emoticon-Nyepi

Aktivitas berkendara kita sepertinya gak pernah berhenti meski musim hujan tiba. Apalagi gak jarang juga kita sebagai pengendara motor bisa menerjang hujan dengan menggunakan jas hujan.

Tapi ternyata, di musim hujan, kita perlu lebih merawat motor kita. Kenapa? Karena air saat musim hujan bisa menyebabkan kerusakan pada motor kita.
Lalu, bagaimana cara merawat motor di musim hujan? Ini tipsnya, Gan!



Jangan lupa untuk selalu memeriksa ban motor



Kalau hujan turun, biasanya bakal banyak genangan air di jalanan dan kadang kita menerobos genangan air ini. Kalau udah terlanjur menerobos genangan air hujan, sebaiknya kita memeriksa tekanan udara ban motor kita, Gan. selain itu, udara dingin juga bisa berpengaruh ke tekanan angin di ban kita. Kenapa harus di cek? Karena bisa jadi tekanan angin di ban kita akan berkurang. Kalau tekanan bannya kurang, akan semakin luas permukaan ban yang bersentuhan dengan permukaan jalan. Semakin luas permukaan tersebut, tarikan motor kita bakal semakin berat, jadi bisa mempercepat menipis atau botaknya ban motor kita, Gan.




Rantai yang terkena air pun bisa jadi mudah berkarat



Kalau motor kita bukan motor matic, Rantai ini jadi salah satu bagian yang gampang berkarat kalau kena air hujan. Apalagi kalau motor kita gak pake tutup rantai. Air hujan yang mengandung asam biasanya memicu karat pada rantai, Gan. Jadi saat musim hujan, jangan lupa buat melumasi rantai supaya gak karatan.



Busi pada mesin motor juga jangan sampe kelewatan buat di cek



Buat cek busi, sebenernya kita gak hanya saat musim hujan. Tapi juga perlu di cek rutin. Kenapa perlu di cek? Karena kalau busi motor kita kotor, pengapian bakal terhambat, yang kemudian dapat mengganggu kondisi motor saat mau dihidupkan. Bukan cuma kerbersihan busi, tapi cek juga apakah busi yang kita gunakan ini masih hidup atau sudah mati. Kalau busi mati, motor kita gak akan hidup juga, Gan.



Kampas Rem/Piston Cakram juga jangan lupa dari perhatian kita



Kanvas rem biasanya terbuat dari bahan asbes yang bila terkena air akan menggelembung dan mengeras saat sudah dalam keadaan kering. Jadi biasanya rem bakal terasa keras pada saat pedal rem diinjak atau bahkan muncul suara mendecit atau suara keras lainnya, Gan. Terus solusinya gimana? Nah, setelah motor dicuci bersih dan pastikan bagian rem juga bersih, lalu keringkan kampas rem, dengan cara jalankan motor maju mundur dan tarik tuas rem secara beulang agar kampas rem menjadi kering sempurna. Jika bunyi rem tidak hilang maka amplaslah kampas rem dan tromol secara halus dan tipis.



Periksa oli mesin secara rutin



Setelah hujan apalagi ketika motor dibawa untuk menerobos banjir, sebaiknya kita periksa oli mesin juga, Gan. Karena bukan gak mungkin air genangan banjir merembes sampe masuk ke oli mesin. Tapi kalau memang gak masuk ke oli mesin, gak ada salahnya kan kita meriksa atau emang udah waktunya buat ganti oli? Nah, kalo soal ganti oli ini, gue pake Eni Oil i-Ride 4T Matic, karena oli ini dari base oli pilihan dengan additive khusus jadi pembahakan bisa lebih efisien, tarikan jadi lebih enteng dan bahan bakar jadi lebih hemat. Eni Oil ini dulu namanya Agip, Gan. Agip sendiri dari dulu udah jadi legend nya oli buat Vespa, nah sekarang ada yang buat motor matic juga.



Jadi, sekarang udah tau kan apa yang perlu di cek dan bagaimana merawat motor saat musim hujan? Kalo lo gimana? Gimana cara lo merawat motor di musim hujan? Share tips lo di komentar juga ya, Gan!


1
9.4K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan