iskrimAvatar border
TS
iskrim
Begini Cara Kerja Imei Menjebak Pencuri (Jangan Buang Box Ponsel Anda)
Begini Cara Kerja Imei Menjebak Pencuri
(Jangan Buang Box Ponsel Anda)





[ HT# 260 ]
emoticon-I Love Kaskus

Belum lama ini salah satu kenalan ane mengalami sebuah kejadian kurang menyenangkan. Dia menjadi korban pencurian ketika mobilnya ditinggal shalat Jumat. Kaca depan dipecahkan pencuri, laptop, surat-surat penting, dokumen kantor, ponsel pun raib. Pada akhirnya Polisi harus ikut turun tangan untuk menuntaskan kasus seperti ini.

Hasil dari melapor di kepolisian, salah satu cara untuk menemukan barang yang telah raib dan syukur-syukur sang pelakunya juga tertangkap (aamiin) adalah temen ane disarankan untuk menyerahkan salah satu kemasan atau box ponsel yang dibawa kabur si pencuri. Nomor imei yang biasanya tertera di dalam box ternyata bisa membantu men-tracking lokasi dimana ponsel berada, yang artinya ada peluang besar pencuri bisa ditelusuri lebih jauh gerak geriknya.




Imei, Nomor Penyelamatku



Imei atau disebut nomor ICCID atau nomor MEID ternyata bisa membantu menangkap pencuri minimal mengetahui jejak terakhir pencuri berada, banyak yang tidak menduga sejauh ini, bagi kaum awam imei yang berupa nomor atau angka-angka teregistrasi ini umumnya hanya untuk mendeteksi keaslian ponsel yang dibelinya, hanya itu. Imei adalah nomor 16 digit yang spesifik untuk ponsel kita yang dapat digunakan Polisi untuk melacak keberadaan ponsel kita, bahkan jika pencuri telah mengubah kartu SIM tetap bisa dilacak. Secara internasional untuk mengetahui nomor IMEI dengan ponsel adalah dengan menekan *#06# lalu tekan tombol Call, atau secara otomatis dilayar ponsel akan muncul nomor Imei ponsel tersebut. Tapi karena permasalahan disini ponselnya telah raib, maka jalan satu-satunya untuk mengetahui nomor Imei adalah dengan mengecek pada kemasan/ box posel itu sendiri yang biasanya kita simpan di rumah. Bahkan menurut info nomor Imei atau sejenis pada perangkat elektronik seperti kamera DSLR, mp3 player juga memiliki nomor unik ini, jadi jangan sepelekan kemasan/ box nya mulai saat ini yah, Gan, simpanlah baik-baik karena suatu saat pasti diperlukan.

Dan bagi pihak kepolisian ini adalah salah satu cara untuk menelusuri jejak kasus ponsel hilang dan menjadi salah satu barang bukti kuat kepemilikan empunya nya. Lalu bagaimana cara Imei bekerja dan membantu menemukan pelaku pencuri tersebut, nah supaya nggak panjang kali lebar mari kita caritahu dibawah ini. Check in shooow, gan!




Cara Kerja Polisi Melacak Ponsel



Polisi akan berkerja dengan dua metode untuk melakukan penelusuran ponsel yang dicuri, antara lain adalah dengan menghubungi nomor telepon yang ada di ponsel dan metode kedua adalah bekerja melalui nomor Imei. Tapi yang sering dilakukan pencuri ponsel untuk menghilangkan jejak biasanya dengan mengganti nomor sim card, apakah ini aman bagi pencuri? Jangan khawatir, meski kartu sim card sudah diganti ternyata nomor Imei tidak bisa diutak-atik dan tidak ada nomor kembar dikeluarkan oleh produsen ponsel, dan nomor ini sudah didaftarkan dan ter registrasi ke perangkat ponsel dengan dokumen penerbitan ponsel dimaksud oleh produsen dan lembaga yang menaunginya, maka Polisi biasanya melakukan penelusuran dengan nomor Imei, bagaimana prosesnya ada hal yang tidak bisa disampaikan secara detil disini, tapi intinya ketika ponsel yang raib tadi diaktifkan sesaat meski tanpa sim card maka Polisi dan team kerjanya bisa dengan cepat melacak posisi ponsel tersebut.




Berapa Lama Polisi Mampu Melacaknya

Cepat atau lambat sebenarnya tergantung gerak cepat Polisi, dan kapan pencuri mulai mengaktifkan ponsel tersebut, begitu ponsel aktif maka Polisi langsung bergerak mengawasi pergerakan ponsel tersebut berada. Jadi jika agan menonton di sebuah film dimana polisi berusaha berkomunikasi dan mengulur waktu agar tetap terhubung selama kurang lebih 30 detik dengan pencuri, kemudian Polisi langsung dapat memetakan posisi pencuri ternyata realitanya tidaklah semudah dan sesingkat itu. Sebagai informasi; Tiga angka keramat di depan saat nomor ponsel terhubung maka Polisi bisa langsung melacaknya melalui sistem yang bernama Line Information DataBase (LIDB) dimana nanti informasi yang muncul adalah informasi routing dan letak geografis pelaku melalui sinyal yang disebut dengan SS7. Sistem SS7 adalah pathfinder untuk koneksi panggilan. Tiga angka keramat di awal nomor telepon muncul menandakan letak geografis pencuri berada dan empat baris nomor berikutnya nomor asli telepon tersebut dan hanya ditemukan setiap kelipatan 10.000 nomor bisa kembar. Jadi harap bersabar, kecuali agan punya indera ke 7 atau sudahlah agan iklaskan saja, tapi kalau ponsel ini menjadi salah satu kunci cara menjebak pelaku dari kasus yang lebih besar maka agan harus terus berdoa dan juga berusaha agar ponsel tersebut cepat ditemukan.




Pembuktian Kepemilikan yang Sah

Bagi anda misalkan sebagai korban segeralah melaporkan ke perusahaan di mana nomor sim card agan terdaftar, mintalah nomor ini diblokir segera. Tujuannya supaya pencuri tidak memanfaatkan dan menambah korban baru lagi yang ujung-ujungnya agan menjadi korban fitnah karena ulah si pencuri. Namun sebelumnya catat dan bawalah nomor Imei ponsel yang ada pada kemasan/ box tadi, nomor ini akan digunakan sebagai bukti asli kepemilikkan agan dan ponsel yang agan beli memang dianggap legal. Setelah itu perusahaan tersebut juga bisa melacak keberadaan ponsel dan mampu memblokirnya hingga pencuri tidak lagi bisa menelpon atau dihubungi di nomor tersebut. Tapi sayangnya si pencuri masih bisa mengakses file-file yang ada di memori ponsel, nomor kontak dan sms agan. Jadi jangan sampai hilang nomor Imei ini yah, Gan.




Yang Harus Agan Lakukan Setelah Ponsel Ditemukan

Jika pihak kepolisian telah berhasil mendapatkan ponsel tersebut maka sebagai bukti kepemilikan asli agan harus bisa membuktikan kepemilikkan, secara acak petugas Polisi akan menanyakan salah satu nomor kontak yang ada di ponsel, agan tinggal menyebutkan saja salah satunya atau lebih banyak disebutkan lebih baik, secara detil juga kalau perlu, atau jelaskan misal ada foto agan disitu sedang dimana atau ada catatan tertentu yang agan simpan di ponsel. Dan cara paling sederhana adalah misalkan agan pernah menandakan sesuatu di bagian ponsel, misalkan sebuah titik spidol dibawah baterai diletakkan, tanda kecil yang terlihat sepele ini tenyata bisa sangat membantu agan suatu saat. Setelah pihak kepolisian menyerahkan penuh ponsel agan, maka segeralah hard reset dan hapus atau ubah semua data penting terutama password dan nomor-nomor penting lainnya.

Referensi bagus juga untuk menambah informasi agan :
How to track a lost device with no anti-theft software installed

Stolen iPhone, what can the thief do?




emoticon-Monggo

BACAAN KEREN ISKRIM LAINNYA NIH, GAN

[ HT# 257 ]



Trend Baru, Illuminated Charge Cable Ponsel,
Menyala Dalam Gelap






guk



MAMPIR GAN, DI STUDIONYA ISKRIM
Web Blog: iskrim.com
Web WP: dulandroid.com
FB: Facebook/iskrim
Instagram: iskrimkaskus
Line: Iskrimkaskus

█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌║││█║▌││█
ISKRIM .com - BERITA JADI CERITA
Copyright © 2017 - 2018 www. iskrim. com | All Rights Reserved
Member of Thread Creator - KASKUS




sumur : iskrim. com | sotoshop : iskrim



Diubah oleh iskrim 06-02-2018 10:24
Daniswara92
swiitdebby
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
92.3K
247
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan