Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tribunnews.comAvatar border
TS
MOD
tribunnews.com
Lukisan Karya Raden Saleh Terjual Hampir Rp 200 Miliar di Perancis


TRIBUNNEWS.COM, PARIS - Sebuah lukisan karya Raden Saleh mencatat rekor baru sebagai benda mahakarya seni Indonesia termahal yang dilelang di Perancis, akhir pekan lalu.

Lukisan itu terjual seharga 7,2 juta euro atau setara sekitar Rp 119,9 miliar kepada seorang kolektor asal Indonesia yang tak diketahui identitasnya.

Juru lelang Jack-Philippe Ruellan menyatakan, pelelangan lukisan Perburuan Banteng (Banteng Hunt) karya Raden Saleh sukses dilaksanakan.

Baca: Akhirnya Terungkap sudah Harga untuk Wuling Cortez, Paling Murah Rp 220 Juta

"Ini adalah rekor bagi lukisan Raden Saleh dan Indonesia," tutur Ruellan seperti dikutip dari The Jakarta Post, Kamis (1/2/2018).

Kritikus seni sekaligus konsultan koleksi benda seni Istana Kepresidenan Agus Dermawan T juga mengonfirmasi bahwa ini adalah harga tertinggi bagi karya seniman Indonesia.

"Beberapa tahun lalu, karya-karya S Sudjojona, Lee Man Fong, Hendra Gunawan, yang ukurannya lebih besar, dijual seharga Rp 60 miliar," kata Agus.

Harga awal pelelangan lukisan Raden Saleh tersebut adalah 200.000 euro. Sesaat sebelum lelang dimulai, harganya melonjak ke 1 juta euro.

Prediksi ini dibuat berdasarkan penjualan lukisan serupa karya Raden Saleh berjudul The Deer Hunt yang terjual di balai lelang Christie's Singapura pada tahun 1996 seharga 1,5 juta euro.

Ruellan menuturkan, ada 12 peminat yang ikut lelang lewat telepon dan dua lainnya hadir. Proses lelang pun berlangsung cepat.

Salah satu pihak yang ikut lelang lukisan tersebut, imbuh Ruellan, adalah Museum Pasifika di Bali.

Terkait kolektor asal Indonesia yang membeli lukisan ini, Ruellan menyatakan ini hal yang bagus karena lukisan ini akan dibawa kembali ke Indonesia dari Paris.

Namun, perlu diingat bahwa sang pembeli adalah kolektor pribadi, sehingga lukisan ini tak akan dapat dilihat oleh publik kecuali ada pameran yang menampilkan lukisan ini.

Berita Ini Sudah Dipublikasikan di Kompas.com, dengan judul: Di Perancis, Sebuah Lukisan Karya Raden Saleh Terjual Hampir Rp 200 Miliar


Sumber : http://www.tribunnews.com/bisnis/201...ar-di-perancis

---

Baca Juga :

- Jika Disetujui Parlemen, Goda Perempuan di Perancis Bisa Berujung Denda Rp 1,5 Juta

- 15 Negara Minta Dilatih Pesilat Pilihan Pagar Nusa NU

- Sering Dianggap Hewan Menjijikkan, Siapa Sangka Bekicot Menjadi Makanan Mewah dan Mahal di Perancis

0
11.8K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan