Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

laundrymanagerAvatar border
TS
laundrymanager
Hal-Hal Yang Membuat Karyawan Tidak Betah
Pada artikel sebelumnya kami pernah membahas tentang apa saja hal-hal yang dapat membuat karyawan terbaik Anda menjadi tidak bekerja pada perusahaan ataupun tempat usaha Anda. Hal ini sangat penting agar karyawan-karyawan terbaik Anda dapat menjadi betah bekerja pada Anda sehingga Anda tidak perlu berganti-ganti karyawan dan terus mengajari karyawan baru tersebut dari awal, karena hal ini tentu akan menyita waktu Anda yang sangat berharga yang lebih baik Anda gunakan untuk membuat perusahaan atau usaha Anda menjadi lebih besar.

Hal-Hal Yang Membuat Karyawan Tidak Betah

Berikut merupakan hal-hal yang perlu Anda perhatikan agar hubungan baik dengan karyawan-karyawan dapat selalu terjaga dengan baik dan pada akhirnya perusahaan atau usaha Andalah yang akan mendapatkan keuntungan.

Tidak memberikan penghargaan pada karyawan yang berprestasi
Setiap manusia pada dasarnya mempunyai sifat ingin dihargai, dan berdasarkan sifat dasar inilah Anda seharusnya selalu ingat untuk memberikan penghargaan kepada karyawan Anda jika mereka memberikan kontribusi yang baik dan mempunyai prestasi yang baik pula. Memberikan penghargaan tidak hanya berarti memberikan hadiah yang bernilai kepada mereka walaupun hal tersebut juga pasti akan lebih memacu mereka serta membuat mereka merasa lebih dihargai atas kerja keras dan kontribusi yang mereka berikan kepada perusahaan atau tempat usaha Anda. Hal-hal sederhana yang mungkin lupa Anda lakukan adalah memanggil mereka secara pribadi dan memberikan ucapan terima kasih yang tulus kepada mereka, dan jangan lupa memberikan pujian kepada mereka di depan orang banyak, hal ini tentu saja akan sangat membahagiakan mereka dan membuat mereka lebih betah untuk kerja pada perusahaan atau tempat usaha Anda.

Tidak menghargai komitmen kepada karyawan
Salah satu kelalaian yang sering dilakukan oleh pemilik usaha ataupun manajer dari suatu perusahaan adalah melupakan janji atau komitmen yang dibuat kepada seorang karyawan. Biasanya seorang atasan sering membuat janji-janji agar karyawannya dapat memenuhi target pekerjaan yang diharapkan, dan ketika target tersebut benar-benar tercapai, terkadang seorang atasan lupa atau seolah-olah tidak ingat akan janji atau komitmen yang pernah mereka ucapkan tersebut. Dan seringkali karyawan tersebut memang tidak akan menagih janji tersebut tetapi pastinya mereka akan selalu mengingat dalam hati bahwa Anda merupaan seorang atasan yang tidak menghargai sebuah komitmen. Dan ketika hal ini terjadi, maka rasa hormat mereka kepada Anda tentu saja akan berkurang, dan dapat memberikan pengaruh kepada produktivitas mereka pula. Tentunya jika hal ini akan merugikan Anda nantinya.

Tidak memberikan kesempatan kepada karyawan untuk menggunakan kreativitasnya
Atasan yang baik seharusnya mengetahui potensi-potensi yang dimiliki oleh setiap karyawan mereka, dan dengan mengetahui hal ini sebaiknya Anda juga memberikan ruang kepada karyawan Anda untuk mengembangkan pekerjaan yang merupakan tanggung jawabnya dengan menggunakan kreativitasnya, tentunya juga harus sesuai dengan SOP dari perusahaan ataupun usaha Anda. Hal ini penting karena dapat memacu semangat mereka dan membuat mereka betah bekerja kepada Anda, karena dengan mengembangkan kreativitas yang ada dalam diri mereka, mereka juga berkesempatan untuk mengembangkan diri mereka dan bukan tidak mungkin mereka akan lebih betah bekerja dengan Anda. Dan hal ini juga akan menguntungkan perusahaan ataupun usaha Anda. Ingat jika Anda membatasi karyawan Anda, itu sama saja juga membatasi perusahaan ataupun usaha Anda.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan melalui artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk Anda.
0
2.7K
23
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan