Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

akubukankipliAvatar border
TS
akubukankipli
Apa yang Pantas Adelmund Dapat? Cacian atau Ucapan Terima Kasih?

Credit: Elshinta

Jika berbicara soal kebobrokan sepak bola di Indonesia, mungkin tidak akan ada habisnya. Tapi satu kabar yang menurut saya cukup mencengangkan datang pada Selasa (30/1). Dimana salah satu dari sekian banyak kebobrokan tersebut dibeberkan oleh orang asing.

Adalah Kristian Adelmund, pesepak bola asal Belanda yang pernah berkiprah di Indonesia selama dua tahun. Secara gamblang pemain yang berposisi sebagai bek tengah tersebut membeberkan kepada media di Belanda, tentang apa yang pernah dirasakannya saat bermain di Indonesia.


Credit: FourFourTwo

Adelmund mengaku pernah melihat salah satu bos klub di Indonesia, dengan sengaja masuk ke dalam ruang ganti wasit. Bukan cuma masuk, bos tersebut, disebut Adelmund, datang sambil membawa pistol!

Seperti yang sudah saya katakan di atas, bahwa kebobrokan sepak bola Indonesia sangatlah banyak! Mulai dari pengaturan skor, sepak bola gajah, gaji pemain yang menunggak, dan masih banyak lainnya.

Pada tahun 2015 lalu, misalnya. Salah satu pelatih tim yang berlaga di Divisi Utama, Agus Yuwono, mengaku ditawari uang senilai Rp 200 Juta untuk mengalah dalam suatu pertandingan. Tapi Agus mengaku ketika itu dirinya menolak dengan alasan enggan mengkhianati seluruh timnya dan memilih bermain dengan fair.


Credit: Media Sepak Bola

Satu lagi bukti nyata bobroknya sepak bola Indonesia terjadi pada Oktober 2014. PSS Sleman vs PSIS Semarang, babak delapan besar Divisi Utama. Laga tersebut dimenangi PSS dengan skor 3-2, tapi semua gol pada laga tersebut adalah hasil dari bunuh diri! Kabarnya, hal itu dilakukan untuk menghindari Borneo FC di babak selanjutnya.

Soal gaji pemain yang menunggak? Sepertinya tak perlu lagi disebutkan contohnya. Soal pemukulan wasit di sebuah pertandingan? Akan sangat panjang jika disebutkan satu per satu.

Berita soal kebobrokan yang ada tersebut juga sudah banyak yang diangkat oleh media-media. Tapi apakah semua itu diproses dengan baik? Silakan beri jawaban sendiri.

Lalu kemudian muncul berita Adelmund, yang bukan orang Indonesia, membeberkan kebobrokan sepak bola di negeri ini. Apa yang harus kita lakukan? Berterima kasih kah? Atau justru mencacinya?

*****


Referensi Tulisan
Click for another thread

0
14.2K
121
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan