c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
[Horor] Mahluk Gaib Di Tanah Sulawesi




Indonesia sangat indah dengan ragam suku dan budaya, memang membuat semua masyarakatnya pun ramah-tamah, namun tahukah kalian selain ragamnya budaya dan hewan endemik di masing-masing pulau dan wilayahnya, Indonesia juga menyimpan sosok misteri, terutama mahluk ghaib yang ada di wilayah ini pun beraneka ragam.

Nah pada kesempatan kali inj ijinkan saya penggemar kopi mengulas dedemit, hantu atau mahluk ghaib dan manusia jejadian asal Sulawesi Selatan.

Parakang



Parakang ini sangat terkenal di dunia sulawesi selatan, bisa menjadi bentuk apa saja biasanya ia berubah wujud menjadi hewan seperti anjing, kucing, ular dan sebagainya. Bahkan bisa juga berubah jadi Tumbuhan.

Modelnya mirip manusia harimau kalau disumatra, bisa berubah jadi hewan menurut sumber dari kawan Parakang ini itu kalo berkeliaran, isi perutnya di tinggal gan, jadi berkeliaran tanpa isi perutnya gan(jeroannya)..
nah, caranya untuk matiin parakang agar tidak berpindah, yaitu, cari isi perutnya dimana dia tinggalin, siram isi perutnya pake air panas.

Menurut kabar, cuma itu aja cara matiinnya, soalnya ga bisa mati parakang ini.
dan kalo ga pindah ilmunya, bisa sekarat berbulan2 bahkan tahunan.

Poppo



Poppo adalah manusia yang bisa terbang dan makanannya buah-buahan layaknya kelelawar besar. Bahkan menurut sumber dari kawan manusia Poppo dibedakan menjadi dua macam jenis, pertama jenis Poppo Sallang, jenis ini berbahaya karena bisa memangsa orang-orang yang sakit. Kedua yakni jenis Poppo Mandala, jenis ini tidaklah berbahaya dikarenakan ia hanya mencari buah-buahan pada malam hari. Namun tetap saja menyeramkan ya kawan.

Arwah Tujua



Arwah Tujua ini paling menyeramkan untuk cerita rakyat yang beredar di Sulawesi Selatan, dan ceritanya pun melegenda hingga kini.

Berawal dari kisah tujuh kuburan yang ada di lapangan karebosi Makasar, bahkan tak jarang digunakan oleh para dukun untuk menyantet orang.

Tallu Anna



Ini salah satu mahluk iseng di sana biasanya muncul kalau kabut tipis datang, dan keisengannya adalah menyembunyikan anak kecil.

Pernahkah lihat film kabayan yang dipindahkan ke dalam bedug, atau anak kecil yang hilang lalu ditemukan tiba-tiba di dalam hutan, nah inilah salah satu sifat keisengan mahluk ini.

Kongkong Pancing



Nah mahluk ini juga unik ada yang bilang Kongkong Pancing katanya bermukim di gunung Bawakaraeng. Kongkong Pancing hidupnya berkelompok ketika mendatangi kampung-kampung di malam hari.

Kelompok dari Kongkong Pancing ini sendiri terdiri dari Si Kongkong Pancing (seekor Anjing siluman), Burung Siluman, Kuda Siluman dan Si Penunggang Kuda yang merupakan ‘Bos’ dari kelompok siluman tersebut.

Para mahluk siluman ini biasanya disebut ‘Tu Mappilelea’ atau yang menyebarkan. Maksudnya yang menyebarkan bencana pada malam hari, seperti cerita fiksi dari negeri dongeng saja ya kawan.

Cibbiu



Ini mahluk anak kecil yang suka gentayangan konon katanya Cibbiu adalah sosok arwah anak kecil yang berambut panjang. Konon Cibbiu ini adalah bayi yang dibuang oleh ibunya, sehingga Cibbiu sangat takut dengan ibunya, sebaliknya dia menyukai ayahnya.

Hantu Sumiati



Hantu pemerkosaan ini sempat geger di tanah sulawesi, setelah di rudapaksa ia pun mati gantung diri. Konon jembatan tempat Sumiati menggantung diri kini menjadi bagian dari bangunan benteng Rotterdam, Di tahun 1997-1999 cerita penampakan setan Sumiati sempat menghebohkan kota Makassar. Konon dia menampakkan diri kepada orang-orang berbaju merah, karena warna merah itulah yang terekam dalam ingatan Sumiati saat dia dirudapaksa. Tentang cerita kemunculannya ditahun 1997-1999, banyak yang meragukan apakah itu adalah arwah dari Sumiati atau jin lain?


Lanjong



Kemudian ada juga yang namanya Lanjong alias mahluk yang sangat tinggi seperti raksasa, bisa jadi kalau disini namanya genderuwo konon mahluk ini biasa membuang kotorannya diatas atap rumah, di Sinjai Barat penduduk sering melihat mahluk ini. Biasanya mahluk ini terlihat ketika orang berjalan sendiri ditengah malam, dan membuat orang menjadi ketakutan sampai akhirnya sakit dan sulit disembuhkan, kasian juga ya yang melihat lanjong dari dekat.

Bagaimana dengan mahluk-mahluk tak kasat mata diatas penasarankah kalian ingin bertemu...??

Sebelum ketemuan siapkan kopi hita untuk karuhun ya kawan...

Sruuppuutt dolo gan...

emoticon-coffee

Penulis c4punk

:nyantai

Referensi

http://akmalyuhniani.blogspot.in/201...latan.html?m=1



Diubah oleh c4punk1950... 23-01-2018 05:55
0
15.6K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan