Malam agan dan sista tercinta, kali ini gue mau ngebahas tentang kita sebagai pembeli/konsumen adalah Raja atau bukan?
So, let's go 
Pasti gansis banyak yang mendengar tentang Pembeli adalah Raja kan? Menurut gue kalimat itu terkesan ambigu. Gimana yah ngejelasinnya, haha. Kalimat 'Pembeli adalah Raja' menurut gue tuh seperti mitos atau nggak ada kejelasan yang pasti. Kenapa gue bisa ngomong begitu, karena gue sebagai pembeli atau konsumen nggak merasa diperlakukan seperti itu sekarang-sekarang ini. Seharusnya kan mereka sebagai Produsen harus memperlakukan kita-kita ini sebagai Raja

. Karena tanpa uang kita mereka nggak akan mendapatkan profit yang besar

.
Dan kenapa gue bisa ngomong kita sebagai konsumen bukan sebagai Raja lagi, karena gue ngalamin sendiri di mana posisi gue sebagai konsumen nggak dilayani sebagai Raja

. Nih gue ceritain yah ke gansis sekalian.
Quote:
Pertama
Waktu itu gue lagi liburan sama keluarga gue ke Bali. Gue udah booking hotel jauh-jauh hari lewat aplikasi online yang udah populer banget di Indonesia (pasti pada tau kan

). Nah, singkat cerita gue sama keluarga gue udah nyampe hotel tersebut. Gue nginep di sana 3 hari 2 malem. Hari pertama gue nginep di hotel itu ada masalah sama air panasnya. Kaga mau nyala gansis

. Terus gue komplain dong ke resepsionis, sekalian gue mau keluar jalan-jalan sama keluarga. Nah, besoknya pas gue mau mandi, kok masih belum nyala nih air panasnya. Gue tanyain lagi ke resepsionis. Eh si resepsionisnya malah bilang, "kapan yah anda complainnya?" WTF?! Are you kidding?!

. Pengen rasanya gue tusuk tuh resepsionisnya

. Singkat cerita, gue debat tuh sama si resepsionis sialan dan ternyata cuman miss komunikasi aja. (FYI, pas gue komplain resepsionisnya cewe. Besokannya cowo yang jaga). Akhirnya ya udah lah (untung gue orangnya sabaran

). Gue tunggu-tunggu di kamar tuh tukang kaga dateng-dateng. Lama bener dah! Ada hampir sejam gue tungguin tuh tukang baru dia dateng (emang tae nih pelayanannya

).
Nah, dari situ gue menganggap kalau kita tuh hanya konsumen biasa saja bukan Raja!
Quote:
Kedua
Nah ini lebih parah lagi pengalaman gue gansis. Gue kerja di suatu perusahaan menegah di negara *******. Masih lingkup ASEAN kok

. Di PT gue kerja, gue nggak dapet jatah makanan gansis. Diganti duit makan sebesar $250 per bulan. Mau nggak mau kita pesan makan atau katering di luar. Banyak orang Indonesia yang buka usaha katering atau makanan Indonesia di sini gansis. Sistem kerja gue kan pagi sama malem dan ini yang sial kalau masuk shift malem. Cari makan atau pesen makan susah gansis

. Sedikit banget yang jualan sistem delivery 24 jam di daerah deket PT gue. Nah ada satu tempat makan dan satu-satunya yang bisa delivery 24 jam di antara usaha-usaha tempat makan Indonesia yang lainnya dan yang menurut gue dan temen-temen kantor gue paling enak banget lah pokoknya. Tapi ada kekurangannya gansis. Dia kalo nganter yang harusnya cuman 10-15 menit dah nyampe, ini bisa 2 jam baru dateng (keburu mati kelaperan gue

). Nah, gue sering komplain tuh, "kok lama banget sih nganternya, ini udah 1 jam loh mas, kok belum nyampe2." Sampe gue kesel (khilaf sih sebenernya

) gara2 tiap nganter lama mulu, gue komplain tuh, "Mas, kalo lama mulu nganternya bisa-bisa saya pindah haluan pesen yang lain loh, kan sayang banget tempat makan mas menurut saya paling enak, tapi kalau nganternya lama mah percuma." Gue bilang lewat bbm

. Eh, gansis mau tau dia bales apa? Gini dibalesnya. "Ya sudah kalau mau pesan ke tempat lain, toh setahu saya cuman tempat makan saya yg di daerah sini bisa delivery 24 jam, dan saya juga nggak rugi kehilangan konsumen 1 atau 2 orang mah. Masih banyak konsumen saya yang lainnya." WTF men! Setelah gue pikir-pikir lagi, emang bener sih dia, gue kalo kaga pesen ke dia mau ke siapa lagi

.
Dari situ gue tambah menganggap kalau kita tuh hanya konsumen biasa bukan Raja!
KESIMPULAN
Quote:
Jadi menurut gue kita sebagai Pembeli atau Konsumen hanyalah sebagai Pembeli atau Konsumen biasa. Yang bisa dikatakan Raja yah hanya bagi Pelanggan Tetap, Setia, dan Gak Pake Nawar.
Sekian dan Terima kasih atas waktunya agan dan sista sekalian. Semoga thread gue bisa memuaskan hasrat baca kalian semua. Apabila ada kesalahan apa pun itu, gue minta maaf dan akan gue koreksi untuk ke depannya agar lebih baik lagi
Quote:
Tanpa segelas kopi, hidup anda akan terasa hambar
Sumber:
Gambar: dari google
Cerita: pengalaman gue