hebatpart16Avatar border
TS
hebatpart16
Cina Uji Coba Alat Pengenal Wajah Muslim Uighur, Untuk Apa?
TEMPO.CO, Jakarta -Aparat pemantauan Cina saat ini menguji coba penggunaan alat pengenal wajah Muslim Uighur yang mayoritas tinggal di wilayah bergolak Xinjiang.

Sistem pengenalan wajah menggunakan alat berupa kamera keamanan yang terhubung dengan database Muslim asal Xinjiang dan rekam jejak pergerakan mereka.

Baca: Cina Bersiap Ambil Sampel DNA Etnis Uighur Muslim

Sistem ini akan memberikan peringatan kepada aparat tentang orang-orang yang terekam kamera dengan jarak 300 meter dari area aman.


Alat pengenal wajah ini bahkan menjangkau sampai rumah dan tempat kerja Muslim Xinjiang, mengutip seorang sumber yang tahu tentang proyek ini kepada South China Morning Post, 18 Januari 2018.

"Sistem seperti ini benar-benar cocok untuk mengawasi orang," kata Jim Harper, anggota pendiri Komisi Keamanan Privasi Data dan Integritas di Kementerian Dalam Negeri Amerika Serikat.

Menurutnya, di masa lalu sistem seperti ini sebagai simbol masyarakat yang hidup di negara tirani.

Xinjiang yang berada di perbatasan Afganistan dan Pakistan merupakan tempat tinggal sekitar 10 juta Muslim beretnis Uighur.

Presiden Xi Jinping memerintahkan memberangus ekstrimis Islam setelah terjadi serangan mematikan yang melibatkan sejumlah etnis Uighur di tahun 2013 dan 2014. Beberapa Uighur juga ditemukan bertempur di Suriah.

Aparat keamanan membuat pos pengecekan, pos polisi dan kamera pengaman di mana-mana di Xinjiang.

Pemerintah setempat juga memerintah setiap warganya untuk memasang sistem satelit pemantau jejak di mobil mereka.

Aparat Cina juga mengharuskan warga Uighur terlebih dahulu mengikuti pemindaian wajah sebelum masuk ke dalam pasar, membeli bahan bakar atau mengunjungi tempat umum seperti terminal bus di Urumqi.
https://dunia.tempo.co/read/1051857/...ghur-untuk-apa


etniknya drunktod nih
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.9K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan