CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pasar Ular, Surga Belanja di Tepi Ibukota!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a617a8496bde6e21a8b4572/pasar-ular-surga-belanja-di-tepi-ibukota

Pasar Ular, Surga Belanja di Tepi Ibukota!

Apa sih yang melintas dipikiran kalian saat mendengar pasar ular? Agan-agan semua sudah ada yang pernah berkunjung di pasar ular di Jakarta Utara? Mungkin dengan membaca thread ini kalian bisa lebih tau mengenai pasar ular yang sebenernya sudah cukup terkenal oleh sebagian warga Jakarta.

Spoiler for History:


Dualisme Pasar Ular

Setelah kalian tau bahwa pasar ular bukan pasar mengerikan. Mungkin selama ini jika kalian membicarakan tentang pasar ular terkadang punya presepsi dan penggambaran yang berbeda? Mungkin ada yang memberikan informasi bahwa disana kalian bisa menemukan barang-barang antik dan pecah belah seperti guci dsb. Mungkin ada juga yang memberikan informasi disana kalian bisa mendapatkan pakaian-pakaian import sisa import dengan harga yang murah. Bisa jadi hal yang kalian ketahui berbeda satu sama lain karena memang pasar ular sendiri memanglah ada dua.

Spoiler for Map:


Pasar Ular Permai


Spoiler for Paul Lama:


Pasar ular Permai atau pasa ular lama merupakan pasar ular yang lebih dulu ada sebelum pasar ular yang terletak di daerah Plumpang. Menurut saya sendiri kenapa ada 2 teori yang muncul tentang asal-usul nama pasar ular karena memang keduanya adalah tempat yang berbeda. Dan untuk yang teori yang historical sendiri lebih cocok disematkan oleh pasar ular permai. Karena memang letaknya berada di permai dan barang barang yang dijual disini kebanyakan adalah barang pecah belah yang terbuat dari keramik. Untuk cara mendapatkan barangnya pun sudah tidak dengan sistem membeli dari pelaut yang singgah. Namun saat ini pembelian cenderung mengimpor barangnya langsung.

Dengan letaknya yang memang sangat strategis berada dekat sekali dengan pelabuhan tanjung priok. Pasar ular permai memang bisa mendapatkan barang impor dengan kualitas yang baik dan harga yang relatif murah. Bahkan masih ada beberapa barang yang memang black market dijual dengan harga miring. Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, sifatnya spanyol (separo nyolong). Tetap teliti dalam membeli karena sekarang juga beredar barang-barang palsu atau imitasi. Saran saya sebaiknya jika ingin membeli harus bisa mengenali nilai barang agar tidak tertipu.

Kondisi pasar ular permai saat ini sedikit menyedihkan, karena tidak banyak perubahan bentuk pada beberapa toko yang masih tampak usang. Dan terlihat pembeli yang sepi dibanding masa-masa lalu. Padahal menurut saya jika tempat ini di tata sedemkian rupa bukan hanya menjadi tempat belanja tapi bisa juga jadi tempat wisata yang dapat menarik banyak pengunjung. Jadi bagi kalian yang ingin mencari barang pecah belah yang bagus dan murah pasar ular permai bisa menjadi referensi. Karena sebetulnya tempat ini memiliki potensi yang sangat besar dengan koleksinya.

Pasar Ular Plumpang

Spoiler for Paul Baru:


Pasar ular plumpang atau pasar ular baru yang saat ini lebih terkenal daripada pasar ular permai. Mungkin memang karena barang yang dijual kebanyakan adalah pakaian, sepatu, dan aksesoris lainnya. Pasar ular plumpang sendiri dari dulu memang terkenal dengan barang-barang import yang sangat murah. Tentu saja karena karena letaknya dekat dengan pelabuhan tanjung priok. Sama seperti pasar ular permai, cara mendapatkan barangnya pun hampir sama. Tapi, dengan beredarnya barang imitasi dan barang kw premium. Persediaan barang di tempat ini sudah tidak se eksklusif dulu. Bagi orang yang pintar memilih barang bisa dijamin tidak akan rugi berbelanja di tempat ini.

Tips belanja di pasar ular plumpang adalah jangan terlalu takut untuk menawar harga. Apalagi kalau kalian bisa berbahasa jawa gaul. Saya sendiri kurang paham mengenai bahasanya tapi jika berbelanja disana saya selalu mengajak ibi sayang yang mengerti bahasa tersebut. Dan turunnya harga bisa dibilang sangat fantastis. Bisa mencapai sekitar 30-60% apalagi jika belanja dengan kuantitas banyak.

Isu Tentang Pasar Ular

Premanisme memang hal yang bisa dibilang mudah ditemukan di daerah Priok. Pasar ular tidak luput dari hal hal tersebut. Bukan hanya seperti copet, jambret dsb. Cerita yang pernah saya dengar adalah ketika kalian membeli barang dari pasar ular. Sepulang membeli kalian akan dijegat oleh preman sekitar dan diambil barang yang baru kalian beli. Lalu, barang tersebut kembali lagi ke tangan penjual untuk diperjual belikan kembali.

Tapi cerita tersebut hanyalah cerita lama, saat ini kondisi disana sudah jauh lebih baik. Tingkat kriminalitas pun sudah tidak seperti sebelumnya. Jadi kalian jangan ragu untuk berkunjung ke pasar ular.

--------------------------------------------------------------------------

Jika ada yang punya info tambahan atau pengalaman seru seputar pasar ular. Silakan berbagi di thread yang satu ini.

Budigufi

Spoiler for Baca Juga ::
Diubah oleh Budigufi
Halaman 1 dari 7
Murah2 brey di mari
kirain ular benaran gan, ternyata barng yg terbuat dr kulit ular
Dulu sering jajan dimari nih emoticon-Hansip
Jenis barang dijualnya mirip di taman puring
Ane cuma tau namanya, tapi belom pernah ke sana.
baru tahu ternyata ada 2 pasar ular emoticon-Malu
Quote:


iya bre asal pinter milih aja

Quote:


bahaha pasti bukan orang jakarta ya?

Quote:


sekarang masih gak bre?

Quote:


kalo sepatu emang iya bre, tapi kalo pakaian kalo ente bisa milihnya banyak yang import murah abis

Quote:


kapan kapan coba maen bre

Quote:


iya ane juga dulu sempet keder, taunya ada dua itu juga tau dari nyokap ane hahaha
emang disini ada ja2nan apa aja bre?
emoticon-Bingung
Quote:


ada juga pasar maling, karena harganya murah sering dikira itu hasil maling, gak tau ada benernya apa kagak
Quote:

Udh ga brew ga ada yg mau ajanin disana
Quote:


Jajan yang ada aja brew
lu bikin ginian bud? niatism

eh sekalian numpang mejeng di page one deh di trit berkualitas temen gua emoticon-Wow

auto HT ini yakin emoticon-Kaskus Banget
Diubah oleh Lockon.V
Ular katok ono ora? emoticon-Ngakak (S)
barang sitaan bea cukai
Quote:


kadang ada juga barang yang gak bayar pajak tapi pake uang sampingan, kalo sekarang sih ane kurang tau gan. tapi dulu begitu
Dulu sih barang nya bagus2 sblm tahun 98

Skrg barang nya sama aj ky d pasar biasa

Inget waktu beli baju stusy,bilabong dll...

Pasar yg lurus doang kaya uler
Quote:


setuju sama pendapat beliau emoticon-Jempol
Quote:


Agan Budi sedang mencari popularitas gan, mau nyalon kayanya
Pasar ular

Psstttttthh
*backsound : active
gembok sekalian
skrg mah kaya pasar2 biasa.

beda ga kaya dulu,bisa dapet barang2 ajaib emoticon-Big Grin

skrg org luar priuk blng bagus cari barang di pasar uler,trus orang priuk juga pada bilang klo mau cari barang bagus di taman puring emoticon-Hammer
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di