thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
Anies Hidupkan Becak di Jakarta, Di Luar Negeri Ada Becak Nggak Ya?
Saya mau tamasya
Berkeliling keliling kota
Hendak melihat-lihat keramaian yang ada
Saya panggilkan becak
Kereta tak berkuda
Becak, becak, coba bawa saya


Siapa sih yang nggak tau lagu Becak yang diciptakan Ibu Sud? Agan tau nggak kalo lagu Becak ini diciptakan di tahun 1942, 3 tahun sebelum Indonesia merdeka. Jadi di zaman itu, jalanan di Indonesia emang belum dipenuhi mobil dan motor, yang ada juga delman dan becak.

Pasti tau kan berita yang lagi ramai hari ini?


Foto: Mojok

Hari Minggu (14/1/2018), Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebut bahwa becak akan kembali dihidupkan di wilayah Ibu Kota Jakarta dengan rute yang ditentukan. Menurut Anies, becak merupakan kendaraan yang masih dibutuhkan oleh masyarakat Jakarta.

Selain itu, ternyata program mengidupkan kembali rute becak adalah salah satu janji politik Anies-Sandi dalam kampanye Pilkada 2017. Meski begitu, Anies juga belum ngasih tau detail rute mana aja yang bisa dilalui becak. Tapi becak di Jakarta akan beroperasi sebagai angkutan kampung, bukan di jalan-jalan utama Jakarta Gan. Jadi jangan dibayangin becak lewat di tengah kemacetan Jalan Sudirman apa lagi Mampang yang udah rapet sama mobil motor pas jam kerja ya!

Sedikit tentang becak di Jakarta


Foto: Mojok

Ternyata becak udah mulai beroperasi di Jakarta sejak tahun 1936. Namun, di tahun 1972 DPRD DKI menetapkan becak bukan lah kendaraan yang layak untuk Jakarta. Sementara di bulan April 1990, Pemda DKI memutuskan becak harus hilang dari Jakarta. Becak bahkan jadi barang haram di ibu kota sejak dilarang beroperasi di DKI Jakarta sesuai dengan Perda Provinsi DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

Emang becak ada di mana aja sih?


Foto: Museum Becak

Di Indonesia sendiri, sebenernya masih banyak becak yang beroperasi. Misalnya di Jogja, kalo agan main ke daerah Malioboro, banyak banget tukang becak yang nawarin buat dianter ke tempat bakpia. Selain itu, di Solo, Jawa Tengah, 50 sopir becak akan bertugas mengantar tamu dari tempat parkir ke gedung Saba Buana saat pernikahan puteri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu.

Untuk jenisnya, becak ada 2 macam gan yakni dikayuh dan menggunakan mesin/motor.

Becak kayuh


Layaknya becak tradisional, biasanya dikayuh oleh sang sopir becak atau pak becak. Jenis ini masih banyak ditemui di berbagai kota di Indonesia, misalnya di Jogja dan Solo.

Becak motor

Ini ini ditarik dengan sepeda motor gan atau biasa disingkat bentor. Kalau di Siantar, Sumatera Utara, bentornya bahkan ditarik dengan moge yang udah lawas. Sedangkan di Jogja, yang pernah ane lihat itu cuma ganti dari kayuhan ke mesin motor, bentuknya masih sama.

Di luar negeri ada becak gak sih?

Jawabannya: Ada.

1. Cyclo di Ho Chi Minh City dan Ha Noi, Vietnam


Foto: Ottsworld

Di Vietnam, namanya cyclo yakni sepeda roda tiga yang udah ada sejak Vietnam masih dijajah Perancis. Cyclo sendiri udah nggak digunakan sebagai kendaraan yang mengangkut penumpang, tapi hanya ada di beberapa tempat wisata. Sama kayak di Jakarta, cyclo juga dilarang melintas di jalan protokol karena berbahaya buat pengendara lainnya.

2. Jinrikisha di Tokyo, Kyoto, Kamakura, Takayama, Kurashiki, Hakon, Jepang



Foto: Ambassadors Japan

Jinrikisha (人力車) ini bisa dibilang becaknya orang Jepang gan. Pertama kali kemunculannya di era Meiji (1868-1912) dan dulunya emang jadi moda transportasi karena lebih murah daripada kuda. Tapi di tahun 1920an, jinrikisa udah nggak beroperasi karena tergantikan dengan tram, kereta dan mobil.

Bedanya dengan becak biasa adalah becak ini ditarik sama shafu, sebutan supirnya. Sekarang, jinrikisha ini hanya beroperasi di tempat wisata dan sang shafu bakalan ngajak wisatawan untuk menikmati Jepang dengan sensasi berbeda. Bahkan udah kayak professional guide yang bisa kita tanya-tanya sepanjang perjalanan.

3. Beca di Melaka, Malaysia


Foto: Flickr

Di negeri tetangga, Malaysia, beca awalnya berasal dari Singapura di tahun 1914. Di salah satu kota di Malaysia, yakni Melaka, beca mudah ditemui di berbagai tempat wisata dan jadi identitas Melaka. Di tahun 2013, ada 250 beca yang dinaungi Persatuan Becak Pelancongan Negeri Melaka (PBPNM). Meski bentuknya hampir sama dengan becak di Pulau Jawa, tapi beca Melaka ini banyak hiasannya sehingga jadi lebih menarik. Ada hiasan bunga-bunga, karakter kartun dan juga lampu warna warni. Selain hiasan, juga ada lagu-lagu Melayu dan lagu dangdut yang distel di beca untuk menarik para calon penumpang.

4. Riksha di Dhaka, Bangladesh


Foto: Pinterest

Dhaka, ibu kota Bangladesh ternyata juga dikenal dengan Rickshaw Capital of the World alias Ibu Kota Becak di Dunia! Meski awalnya becak itu roda 2 dan ditarik oleh manusia, tapi becak di Bangladesh itu punya roda 3. Kurang lebih sama kayak yang ada di Pulau Jawa, tapi bedanya sepedanya di depan bukan di belakang. Di Dhaka sendiri, becak pertama kali muncul di tahun 1938 yang ternyata asalnya dari Kolkata, India.


Foto: thedailystar.net

Di Dhaka sendiri ternyata ada lebih dari 300ribu becak, hampir setengah juta! Di sini, becak udah jadi moda transportasi umum warganya. Selain itu para wisatawan juga tertarik mencoba naik becak di Dhaka karena desainnya yang unik dan banyak hiasan warna-warninya.

Selain 4 negara di atas yang ane udah sebutin, becak juga digunakan di Jerman, Inggris, Moscow bahkan kota romantis Paris, Perancis. Namun becak di sana hanya sekadar untuk wisatawan, bukan untuk transportasi umum. Alasannya, pastinya karena bentuk becak yang unik dan banyak wisatawan yang belum pernah mencoba naik becak, jadi hitung-hitung pengalaman baru. Selain itu, becak yang dikayuh juga nggak pake bahan bakar alias carbon-free, ramah buat lingkungan.

Di tengah makin canggihnya transportasi online di kota besar, sekarang angkutan tradisional becak mulai muncul lagi. Apa nanti bakalan ada becak online? Kalau nanti setelah ada becak di Jakarta, Agan bakalan coba buat naik becak lagi nggak?


Foto: Kota Tua Jakarta

Kalo ane sih nungguin oplet dihidupin lagi aja biar bisa kayak Si Doel Anak Sekolahan

Baca thread ane yang lain di sini

Sumber: 12 3 4 5
0
25.1K
226
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan