Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Dugaan Penyebab Robohnya Selasar BEI


Selasar atau Balkon dengan lantai mezzanine di BEI runtuh menyebabkan sekitar 70 orang cedera namun penyebabnya yang pasti bukanlah sebuah Bom.



Murni kecelakaan yang terjadi di gedung tersebut, ok sekarang kita teliti dan cari tahu apa penyebabnya.

Untuk yang tehnik sipil monggo di persilahkan berdiskusi share ilmunya di thread ini silahkan agar kaskus kembali menjadi tempat diskusi dan menimba ilmu kembali, namun beberapa pakar kontraktor bangunan menilai ada banyak sebab yang bisa membuat gedung di kawasan SCBD Sudirman itu runtuh. Bisa saja awalnya dari kegagalan konstruksi, kesalahan pengelolaan bangunan, hingga kelebihan beban saat kejadian berlangsung.

Melihat dari cctv yang banyak beredar di youtube penyebab runtuhnya selasar BEI perlu dipastikan apakah selasar balkon itu adalah penambahan bangunan atau bukan. Sebab menurut ilmu kontruksi bangunan seharusnya selasar ditopang oleh besi beton yang kuat dan mengikat ke atap. Namun kalau pembangunan dari awal, bisa jadi karena kegagalan konstruksi. Seperti adanya kerapuhan di cantolan titik betok konstruksinya.



Ketika kita melihat usia bangunan yang baru selesai konstruksinya pada 1997 atau 1998, menurut hitungan kontruksi dipastikan bangunan itu masih dalam kondisi baik. Sebab jika disamakan dengan bangunan sejenis, gedung itu bisa bertahan sampai usia 50 tahun. Kelebihan beban pun nampaknya tak akan terlalu memengaruhi bila awal pembuatan kontruksi bangunan sesuai dengan yang di rencanakan.



Dari ilmu kontruksi balkon seharusnya mampu menampung beban dengan jumlah mahasiswa yang sedang melakukan kunjungan kala itu. Namun bisa juga ada penyebab lain yang mungkin terjadi yaitu faktor alam karena lempeng bumi ini setiap saat bergerak, misal seperti guncangan gempa di Jakarta dengan kekuatan di bawah 5 Skala Richter. Memang tidak besar, tapi bisa jadi ada konstruksi yang bergeser, itu bisa jadi penyebab runtuhnya selasar.

Nah untuk kalian yang bekerja di bidang kontruksi, agar bisa mengantisipasi kejadian serupa di tempat lain TS hanya menyampaikan agar selalu memperhatikan spesifikasi yang dibutuhkan dalam pembangunan selasar. Tidak hanya itu, perlu juga dilakukan pengecekan konstruksi selama periode lima tahun sekali untuk memastikan kekuatan dan kekokohan gedung setelah pembangunan.

Silahkan bila ada analisis lain bisa disampaikan, semoga saja tidak ada kejadian serupa di tempat lain...

Sebelum berdiskusi srrupputt kopi dolo kawan...

emoticon-coffee

Referensi

http://www.pikiran-rakyat.com/nasional/2018/01/16/ini-dugaan-kuat-penyebab-robohnya-selasar-bei-418007

:nyantai




Diubah oleh c4punk1950... 17-01-2018 04:25
0
1.4K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan