mthayayayaAvatar border
TS
mthayayaya
Ini Dia Jenis-Jenis Banchan Yang Bikin Penuh Meja Makan Orang Korea
Pernah gak Gan pergi ke restaurant Korea atau melihat meja makan orang Korea di film atau drama penuh dengan piring dan menu masakan seperti ini?


Foto:maangchi.com

Gak usah kaget kalau melihat pemandangan yang seperti ini ya Gan. Bukan karena rakus atau kelaparan, menyajikan hidangan yang banyak dan beragam dalam sekali makan memang sudah menjadi tradisi dan cara makan orang Korea pada umumnya. emoticon-Blue Guy Peace

Biasanya selain makanan utama, akan selalu ada makanan pendamping yang juga disajikan di atas meja. Makanan pendamping ini lah yang dikenal dengan sebutan “Banchan”. Banchan biasanya disajikan dalam porsi yang lebih sedikit agar bisa dihabiskan sekali makan. Biasanya, banyak sedikitnya jumlah banchan yang disajikan tergantung dari seberapa formal acara makan-makan tersebut. Semakin formal acaranya, maka akan semakin banyak banchan yang disajikan.


Tau gak sih Gan kalau ternyata ada banyak jenis Banchan yang biasanya disajikan di meja makan orang Korea ataupun restoran Korea. Berikut beberapa kategori di antaranya berdasarkan jenisnya.

Kimchi


Foto: kcrw.com

Siapa sih yang gak kenal Kimchi. Kimchi merupakan salah satu jenis banchan yang mudah kita jumpai. Kimchi terbuat dari sayur yang difermentasikan Gan. Kimchi juga memiliki beragam jenis. Ada baechu kimchi, yang terbuat dari kubis asin yang dicampur bumbu dan difermentasikan. Ini jenis yang paling populer Gan. Ada juga Kkakdugi yaitu kimchi yang terbuat dari lobak. Nabak Kimchi, yang terbuat dari bacheu kimchi yang menggunakan lebih banyak air dan ditambahkan buah apel dan pir. Yeolmu Kimchi, yakni kimchi yang terbuat dari lobak. Ada juga Oi Sobagi, yaitu kimchi yang terbuat dari timun. Dan masih banyak jenis kimchi lainnya.


Namul


Foto: pinimg.com

Namul adalah makanan pendamping berupa sayuran yang direbus, ditumis atau dikukus sebentar lalu dibumbui. Bumbu yang digunakan biasanya berupa garam,bawang putih, daun bawang, cabe kering, kecap asin, atau gochujang dan minyak wijen. dan kemudian dibumbui dan diberikan minyak wijen. Ada berbagai jenis namul. Biasanya tergantung dengan sayuran apa yang dijadikan namul. Ada kongnamul yang merupakan toge yang ditumis dan diberikan minyak wijen. Sigeumchi namul yang terbuat dari bayam. Gosari namul yang terbuat dari pucuk pakis. Bireum namul yang terbuat dari bayam. Dan masih banyak jenis namul lainnya.

Jeon


Foto: hannaone.com

Jeon ini adalah pancake versi Korea Gan. Jeon terbuat dari adonan tepung terigu dan telur yang dicampur dengan berbagai bahan seperti sayuran dan daging dan didadar layaknya pancake. Kalau menurut ane, Jeon ini terlihat seperti bakwan versi gepeng. Sama seperti banchan lainnya, ada berbagai jenis Jeon berdasarkan bahan campurannya. Ada pajeon yang merupakan jeon dengan campuran daun bawang. Ada Kimchijeon yang berisi campuran kimchi. Saengseon jeon yang menggunakan ikan dalam campuran adonannya. Ada pula Gamjajeon yang terbuat dari kentang.

Jorim


Foto:http://chowdivine.com

Jorim adalah hidangan pendamping yang direbus atau ditumis dalam campuran kecap asin, minyak wijen, bawang putih dan daun bawang. dalam kaldu. Ada beberapa jenis jorim. Ada dubu jorim yang terbuat dari tahu dan ada juga jang jorim yang terbuat dari daging sapi.

Bokkeum


Foto:maangchi.com

Bokkuem adalah istilah untuk makanan yang ditumis dengan saus. Ada beragam jenis bokkeum berdasarkan bahannya gan. Ada myeolchi bokkeum yang terbuat dari ikan teri yang ditumis dengan saus gochujang. Ada pula ojingeoche bokkeumyang yang merupakan tumis cumi kering yang dibumbui dengan saus yang merupakan campuran gochujang dan bawang putih.


Jjim


Foto: pinimg.com

Kalau Jjim adalah banchan yang dibuat dengan cara dikukus. Ada gyeran jjim yang terbuat dari telur yang telah dibumbui dan dikukus dalam hot pot. Ada juga saenseon jjim yang merupakan ikan kukus.


Ini hanya sebagian dari beberapa jenis makanan pendamping Korea dilihat dari jenisnya..
Mana nih yang sudah pernah kamu coba sebelumnya Gan?

Sumber referensi: wikipedia, buzzfeed

Diubah oleh mthayayaya 12-01-2018 10:42
nona212
nona212 memberi reputasi
4
16.9K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan