CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a5ad61e582b2e9c768b456e/semua-legenda-kepercayaan-dan-mitologi-ancient-near-east

tak terasa...

Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 28
Post ini telah dihapus oleh khiekhan
Post ini telah dihapus oleh khiekhan
Post ini telah dihapus oleh khiekhan
Post ini telah dihapus oleh khiekhan

sumerian seven : tujuh dewa utama/tertinggi sumeria

an/anu

Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East

merupakan dewa langit,penguasa surga,pemimpin para dewa,namun seiring waktu,peran kepemimpinannya berubah dan harus berbagi dengan dewa dewa lain.meski demikian,ia tetap dihormati sebagai dewa penting bangsa sumeria.sebagai contoh,ketika para dewa lain diberkahi kenaikan pangkat,mereka dikatakan memperoleh anûtu,yang berarti "kekuatan an".

Anu adalah anak dari apsu dan nammu,dan merupakan ayah dari dewa Enlil, Enki, Nikikurga, Nidaba, Baba, dan pada beberapa versi,jg dewi inanna

enlil

Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East

dewa angin,udara,petir dan badai.enlil menggantikan peran ayahnya anu/an, sebagai raja para dewa,enlil dikenal sebagai dewa yg berdarah dingin.enlil memiliki peran penting dalam kisah penciptaan dunia versi sumeria.
dalam kisah banjir besar sumeria,enlil menganugerahi ziusudra(utnapishim) dan istrinya keabadian sebagai manusia yg selamat dari banjir.

enki/ea

Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East

merupakan dewa kebijaksanaan dan sihir,enki merupakan dewa populer disumeria,dikarenakan enki seringkali berpihak pada manusia bahkan sampai menentang dewa lain utk membela manusia pada berbagai kisah mitologi sumeria.enki adalah dewa yang menciptakan adapa dan memberinya kebijaksanaan setara dewa,pada kisah lain diceritakan enki membuat manusia dari campuran tanah liat dan darah dewa qingu yg terbunuh,enki jg yg diam diam membocorkan rencana banjir besar hasil rapat para dewa kepada manusia pilihannya, ziusudra(utnapishim) sehingga umat manusia selamat dari kepunahan,enki jg yg menasihati enlil agar memberikan manusia kesempatan sehingga enlil menganugerahi ziusudra keabadian.

*ketiga dewa yg disebutkan pertama :anu,enlil,ea adalah trinitasnya mesopotamia,tentu saja konsep trinitas polytheis bukan seperti monotheis 3 tapi 1,tapi 3 deity

innana/ishtar

Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East

dewi kesuburan,perang,cinta,dan hasrat,innana,statusnya adalah dewi surgawi,ia adalah dewi yg plg populer di sumeria dan kisahnya byk muncul di berbagai mitologi sumeria,mulai dari "epos gilgamesh","inanna turun ke dunia akhirat" ,"pohon huluppu" , dan "Inanna dan dewa kebijaksanaan".

utu/shamash

Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East

merupakan dewa matahari dan keadilan,merupakan saudara kembar innana,utu muncul dalam kisah "mimpi dumuzid"(dumuzid adalah suami innana),"kisah banjir sumeria"dan juga dalam epos gilgamesh dimana utu/shamash membantu gilgamesh mengalahkan humbaba

ninhurshag

ibu para dewi,diasosiasikan dengan kesuburan,alam,dan kehidupan bumi.ia adalah saudari perempuan enki dan enlil.pada kisah "legenda enki dan ninhurshag",ia menyembuhkan enki yg sakit,dengan cara menciptakan 8 dewa/dewi dari 8 bagian organ tubuh enki yg sakit,salah satunya ninti dari tukang rusuk enki.

sin/nanna

Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East

dewa bulan sekaligus kebijaksanaan,kadang diasosiasikan sebagai ayah innana/ishtar.ia muncul dalam kisah penciptaan dunia.


Diubah oleh beritapalestina

enuma elish > daniel 7,genesis 1,psalm 74

Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East
ketujuh tablet enuma elish


enuma elish :

"When on high the heaven had not been named
Firm ground below had not been called by name
Naught but primordial Apsu/abzu, their begetter, And Mummu-Tiamat, she who bore them all, Their waters commingling as a single body"


*apsu/abzu : dewa air tawar
tiamat : dewa kekacauan(chaos dragon)dan air asin/laut
mumu : penasihat apsu

percampuran antara apsu dan tiamat melahirkan dewa dewi lain.


bandingkan dengan alkitab,kitab kejadian/genesis :

(Gen 1:1-2) In the beginning when God created the heavens and the earth, the earth was a formless void and darkness covered the face of the deep (or watery chaos), (Tehowm) while a wind from God swept over the face of the waters. ...

air,kekacauan(kehampaan)

*genesis 1:2, translate alkitab "deep" berasal dr kata herbew "tehom/tehowm" yg secara linguistik berkorelasi dengan "tiamat"/chaos,jadi baik enuma elish dan alkitab sama sama menceritakan bahwa disaat dunia belum terbentuk,telah ada chaos/tiamat dan air


perhatikan juga kitab kejadian/genesis 1-7 :

"So God made the vault and separated the water under the vault from the water above it. And it was so"

*di alkitab dikatakan bahwa saat proses penciptaan dunia, air ada dua,seperti apsu(air tawar) dan tiamat(air asin/laut) dalam enuma elish

*dalam alkitab dikatakan tuhan memisahkan kedua air tersebut ,dalam enuma elish marduk memisahkan(membelah) mayat tiamat(dewa air asin/laut) menjadi surga dan bumi(dan neraka)--- mengenai kisah pertempuran marduk vs tiamat silahkan baca lanjutan tulisan ini


para dewa dewi muda yg lahir ini sangat berisik sehingga menggangu tidur dan waktu kerja apsu,atas saran mumu,apsu berencana membunuh anak anaknya.

Tiamat,mengetahui rencana apsu dan mumu, memberitahu enki ,anak tertuanya .Mengetahui nyawanya terancam,enki bertindak lebih dahulu, enki ternyata membunuh apsu pada saat tertidur.maka marahlah tiamat atas kematian pasangannya.tiamat lantas berkonsultasi dengan dewa Quingu yg menyarankan tiamat berperang dengan anaknya.

Tiamat kemudian memberikan tablet of destiny kepada Quingu,sebuah tablet batu legitimasi pemimpin para dewa yg jg memiliki kemampuan mengendalikan nasib.dengan Quingu sebagai andalannya,tiamat jg memanggil 11 monster menyeramkan utk membasmi anak anaknya.

Bašmu (“monster ular berbisa”)
Ušumgallu (“naga”)
Mušmaḫḫū (“ular”)
Mušḫuššu (“ular”)
Laḫmu (“monster berbulu”)
Ugallu (the “??”)
Uridimmu (“singa”)
Girtablullû (“manusia kalajenking")
Umū dabrūtu (“badai")
Kulullû (“manusia ikan")
Kusarikku (“manusia banteng”)

*proses penciptaan dunia dalam alkitab memisahkan antara cosmic war(perang para dewa,yg terpisah pisah ,muncul dalam mazmur,kitab daniel,dll) dan penciptaan dunia menggunakan dua air(genesis),sementara dalam mitologi mesopotamia cosmic war adalah penjelasan(asal usul) dan elemen dari penciptaan dunia

*enuma elish menyebut 11 monster yg diciptakan tiamat(air laut),sementara torah/perjanjian lama,menyebutkan 4 monster muncul dr laut(tiamat=dewa air asin/laut)

daniel 7:3

New International Version

Four great beasts, each different from the others, came up out of the sea



enki,dan dewa dewi muda lain bersatu melawan quingu,tiamat,dan 11 monsternya.diantara dewa dewi muda ini ada satu dewa yg menonjol dalam perperangan ini,dia adalah marduk,marduk mengalahkan quingu dan membunuh tiamat dengan panah,panah marduk membelah dua tiamat.dari mata tiamat keluar air yg menciptakan sungai tigris dan uprathes.
sementara dari mayat Tiamat,Marduk menciptakan langit(surga) dan bumi(jg neraka).sementara 11 monster ciptaan tiamat,ia kekang dan gunakan sebagai alas kakinya sebagai tanda kekuatannya,marduk pun mengambil tablet of destiny dan memberikannya kepada dewa anu,ayahnya

Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East
Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East
marduk mengalahkan tiamat

* It was you (Yahweh) who split open the [sea[/b] by your power;
you broke the heads of the monster in the waters.
It was you who crushed the heads of Leviathan
(Psalm 74:13-14)


setelah euforia pesta kemenangan dan puji pujian kepadanya.marduk kemudian berkonsultasi dengan enki,marduk memvonis bersalah quingu dan membunuhnya,atas saran enki,darah quingu dan tanah liat digunakan utk membuat manusia,yg dipergunakan sebagai budak menggantikan peran budak paksa lainnya : dewa dewa yg memihak tiamat dalam perperangan.

umumnya mitologi suku bangsa lain menggambarkan nenek moyang mereka sebagai manusia terhormat atau keturunan dewa lgsg,dengan argumen ini apologis kristen dan judaisme membela kisah eksodus musa,utk apa bangsa yahudi berbohong mengambil posisi nenek moyang mereka kasta rendah sebagai budak?knp harus berbohong utk merendahkan nenek moyang sendiri bukan sebaliknya?

namun apabila membaca kisah enuma elish,dimana bangsa sumeria yg jg menempatkan manusia/nenek moyang mereka diciptakan sebagai budak para dewa,lagi lagi kita bisa menemukan kemiripan diantaranya


marduk kemudian mengatur surga,neraka,dan dunia,menempatkan 600 dewa (termasuk annunaki)di surga dan neraka.juga disini dikatakan bahwa marduk menciptakan dan mengatur numerologi zodiak.

*dalam alkitab dikatakan manusia diciptakan pada hari ke-6 dan tuhan berhenti bekerja hari ke-7,sementara kisah enuma elish tertulis dalam 7 tablet,dimana tablet ke-6 adalah saat dimana dikisahkan manusia diciptakan dan tablet ke-7 adalah tablet penutup


dalam proses mengalahkan tiamat,marduk mendapat bantuan "4 angin dari surga" yg diciptakan anu.hal ini tertulis ditablet ke-4 enuma elish

The four winds he(marduk) stationed so that nothing of her(tiamat) might escape;
The South wind and the North wind and the East wind and the West wind
He brought near to the net, the gift of his father Anu.

https://www.bibliotecapleyades.net/sumer_anunnaki/esp_sumer_annunaki01d.htm

daniel 7:2

New International Version
Daniel said: "In my vision at night I looked, and there before me were the four winds of heaven churning up the great sea


pada akhirnya,marduk dan dewa dewa lainnya beristirahat di istananya setelah menyelesaikan konflik dengan chaos/tiamat dan proses penciptaan

Yahweh takes up divine rest in his cosmic-temple after creation out of chaos (Genesis 3:8, Revelation 22:1-2)




ramalan marduk

Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East
marduk dan naga peliharannya ,mushussu

ramalan marduk adalah dokumen asyria yg ditemukan pada salah satu kuil asyur,dengan hasil uji karbon dating menunjukkan rentang waktu antara 713-612 sebelum masehi,sementara dua salinan lainnya ditemukan di nineveh,semua pada kisaran rentang waktu abad ke-7 SM.meski demikian diduga ramalan marduk versi asyria adalah salinan dari versi babylonia di masa era Nebuchadnezzar I (1125-1104 sebelum masehi),meski versi nebuchadnezar I tidak pernah ditemukan.ramalan marduk sendiri dianggap sebagai vaticinium ex eventu text,yaitu ramalan yg baru ditulis setelah peristiwa terjadi(kecuali apabila ramalan ini merujuk kepada cyrus,lihat dibawah)


ramalan marduk berkisah tentang dewa marduk yg meninggalkan kota babylonia sehingga menyebabkan bencana

"People's corpses block the gates. Brother eats brother. Friend strikes friend with a mace. Free citizens stretch out their hands to the poor to beg. The sceptre grows short. Evil lies across the land. Usurpers weaken the country. Lions block the road. Dogs go mad and bite people. Whoever they bite does not live, he dies."

dewa marduk disini sepertinya adalah patung marduk yg dijarah oleh bangsa lain ketika menyerang babylonia,dan raja babylonia kelak akan muncul dan memulihkan/mengembalikan patung marduk ke babylonia utk memulihkan keadaan babylonia yg kacau balau akibat ditinggal dewa marduk,tidak ada penjelasan kapan dan nama raja yg dimaksud,sehingga ramalan ini bersifat terbuka.beberapa calon tersangka kisah ini adalah serbuan raja hittite(mursili I) ke babylonia 1595 SM dan merebut patung marduk dan membawanya ke hatti,atau bisa jg merujuk ke tukurti-ninurta I pada kisaran abad ke 13 SM,atau bs juga merujuk ke invasi elaminte oleh kutir-nahunte III dipertengahan abad ke-12 SM,dan tersangka kuat yg terakhir adalah nebukadnezar I yg berhasil mengalahkan elamites, menemukan patung marduk di elam dan mengembalikannya ke babylonia.namun ramalan ini jg dimanfaatkan cyrus utk legitimasi kekuasaanya.

ketika cyrus(koresh) yg agung dari persia mengalahkan babylonia dan menguasainya, membebaskan bangsa yahudi,memulangkan mereka ke kanaan,dan jg membangun kuil kuil keagamaan yahudi,membuat rabi rabi yahudi memuji muji kebijaksaan cyrus,alkitab jg mendedikasikan kebaikan cyrus kepada yhwh :

Ezra 5:13 : "In the first year of Cyrus king of Babylon, King Cyrus issued a decree to rebuild this house of God."

isaiah 45:13 :
I will raise up Cyrus in my righteousness:
I will make all his ways straight.
He will rebuild my city
and set my exiles free

disisi lain,menurut catatan dari sisi cyrus sendiri menulis bahwa ia mendedikasikan hasil kerjanya kepada marduk,bukan yhwh,ini tertuang pada Cyrus Cylinder,yg ditemukan pada 1879 di babylonia :

Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East

"Marduk, the great Lord, established as his fate for me a magnanimous heart of one who loves Babylon, and I daily attended to his worship... I returned the images of the gods, who had resided there [in Babylon], to their places; and I let them dwell in eternal abodes. I gathered all their inhabitants and returned to them their dwellings... at the command of Marduk"




cyrus cylinder

Di dalam Silinder Koresh(cyrus cylinder) juga dicatat mengenai kekejaman Raja Nabonidus yang merupakan raja terakhir kerajaan Babel. Nabonidus menjadi terdakwa karena melakukan kesalahan dalam bidang agama sehingga menimbulkan kemarahan dewa Marduk sebagai kepala para dewa Babel. Berikut catatan mengenai kesalahan Nabonidus:

“ Penyembahan terhadap Marduk, raja para dewa, telah diubahnya menjadi kekejian. Setiap hari digunakannya untuk berbuat jahat terhadap kotanya. Karena keluhan mereka, penguasa para dewa menjadi amat murka. Ia memandang dan meneliti di semua negeri, mencari penguasa yang benar. Kemudian dia mengumumkan nama Koresh dan menetapkannya menjadi raja seluruh dunia

*cyrus memanfaatkan marduk utk legitimasinya atas babylonia

Raja Nabonidus dikalahkan oleh Koresh (juga dikonfromasi/ditulis di Silinder Nabonidus), yang dipilih oleh Marduk untuk mengembalikan perdamaian dan tata tertib di Babilon. Orang-orang Babilon menyambut Koresh sebagai raja mereka yang baru dan Koresh masuk ibukota dengan damai. Ditulis juga doa kepada Marduk untuk melindungi Koresh dan putranya Cambyses. Di dalamnya didaftarkan usaha-usaha Koresh untuk kemakmuran rakyat Babilon, mengembalikan orang-orang buangan dan membangun kembali kuil-kuil dewa di seluruh tanah Mesopotamia dan wilayah kekuasaannya.
Ditutup dengan keterangan bahwa Koresh memperbaiki tembok kota Babilon dan menemukan prasasti yang ditulis oleh raja sebelumnya.

Juga ditulis:

“Saya mengembalikan kepada kota-kota kudus ini di seberang Tigris, bait-bait yang telah menjadi puing untuk waktu yang lama, gambar-gambar yang [tadinya] tinggal di dalamnya dan menegakkan mereka sebagai bait-bait permanen. Saya [juga] mengumpulkan semua penghuni mereka [yang dulu] dan mengembalikan mereka ke tempat asal mereka.”

*dari sisi politis ,ramalan marduk menguntungkan cyrus yg bisa memanfaatkannya utk kepopuleran dimata rakyat babylonia,mengklaim dirinya sebagai raja yg memulihkan marduk,dan jg krn ramalan "memulihkan/mengembalikan" marduk bersifat terbuka ,bisa disimbolkan cyrus dengan membangun kuil kuil keagamaan babylonia.sementara bangsa yahudi beruntung ketiban durian runtuh,uniknya alkitab(isaiah,daniel,dll) memandang marduk(bel) dengan sangat buruk









Diubah oleh beritapalestina

mitologi enki dan ninhursagh,mitologi surga sumeria

kisah mitologi ini dimulai dengan pujian pujian terhadap dilmun,taman surgawi para dewa tmpt dewa beristirahat,suci,murni,dan damai,tempat dimana binatang buas tidak akan memangsa binatang lain.

mitologi enki dan ninhurshag :

Holy the city.... The land Dilmun is holy.

Sumer is holy.... The land Dilmun is holy.

The land Dilmun is holy, the land Dilmun is pure,

the land Dilmun is pure, the land Dilmun is bright.

After she lay in Dilmun with the one who is alone,

the place -- after Enki had slept with his wife --
that place is pure, that place is bright.

After she lay in Dilmun with the one who is alone,

the place-after Enki had slept with Ninsikila --
that place is pure, that place is bright.

In Dilmun the raven screaks no croaking sounds,

the dar-bird sounds not the dar-bird's cry.

The lion kills not,
the wolf snatches not the lamb.


mengingatkan kita akan alkitab kitab kejadian 1:30 tentang deskripsi taman eden dimana tidak ada binatang saling memangsa :

"Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, g Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya. Dan jadilah demikian"

lanjutan mitologi enki dan ninhurshag :

Unknown the wild dog that makes the kid bend low.
Unknown the grain-devouring pig.

The widow spread malt on the roof:
birds above do not eat it.
The dove droops not the head.

The sick-eyed says not, "I am sick-eyed."
The sick-headed says not, "I am sick-headed."

Its old woman does not say, "I am an old woman."
The old man does not sav. "I am an old man."


dari deskripsi taman dilmun sumeria,diketahui bahwa taman dilmun memiliki ciri ciri lain yg sama dengan taman eden,tua dan penyakit adalah hal yg asing di dilmun,jg tidak adanya binatang yg saling memangsa


setelah deskripsi tentang dilmun,puisi dilanjutkan dengan keluhan dewi ninsikilla,bahwa di dilmun tidak ada air utk mandi dan bercocok tanam.maka enki ,dengan bantuan dewa utu mendatangkan air dari bumi.

puisi dilanjutkan dengan dewa enki yg berhubungan seksual dengan ninhurshag sehingga lahirlah dewi ninmu,kemudian enki berhubungan dengan dewi ninmu,dari hasil hubungan dengan ninmu lahirlah dewi ninkurra,kemudian enki berhubungan lg dengan ninkurra dan lahirlah dewi uttu

*dewi uttu berarti laba laba dalam bahasa sumeria, adalah dewi menyulam,berbeda dengan dewa utu,dewa matahari dan keadilan,saudari innana yg membantu enki mendatangkan air ke dilmun dikisah ini


ninhurshag sadar bahwa kelak enki pun akan berupaya menghamili uttu,oleh krn itu ia berpesan kepada uttu agar tetap tinggal dirumahnya dan jgn berhubungan dengan enki sampai enki memnuhi syarat membawa timun,apel,dan anggur kerumahnya,dan persyaratan ini dipenuhi enki sehingga enki akhirnya bs berhubungan dengan uttu.

tidak jelas bagaimana nasib timun,apel,dan anggur yg dibawa enki,namun barangkali ini adalah persyaratan dari sihir ninhurshag.dimana setelah enki berejakuasi,muncul 8 tanaman yg berbeda dari spermanya.8 tanaman ini kemudian dimakan oleh enki yg menyebabkan 8 organ tubuhnya mengalami kesakitan.ninhurshag kemudian menyembuhkan satu persatu organ tubuh enki yg mengalami kesakitan,dan dr tiap organ ini lahirlah dewa/dewi baru


Ninhursag fixed Enki in her vulva:

"Brother, what hurts you?"
"My skull hurts me."
"I have caused Abu to be born for you."

"Brother, what hurts you?"
"My jaw hurts me."
"I have caused Nintulla to be born for you."

"Brother, what hurts you?"
"My tooth hurts me."
"I have caused Ninsutu to be born for you."

"Brother, what hurts you?"
"My mouth hurts me."
"I have caused Ninkasi to be born for you."

"Brother, what hurts you?"
"My throat hurts me."
"I have caused Nazi to be born for you."

"Brother, what hurts you?"
"My arm hurts me."
"I have caused Azimua to be born for you."

"Brother, what hurts you?"
"My rib hurts me."
"I have caused Ninti to be born for you."

"Brother, what hurts you?"
"My ag hurts me."
"I have caused Ensag to be born for you."

For the little ones which you have caused to be bom ...,
Let Abu be the king of plants.
Let Nintulla be the lord of Magan.
Let Ninsutu marry Ninazu.
Let Ninkasi be the one who satisfies desire.
Let Nazi marry Nindara.
Let Azimua marry Ningiszida.
Let Ninti be the queen of months.
Let Ensag be the lord of Dilmun.

Oh Father Enki, praise!




* "nin" dalam bahasa sumeria berarti "lady",sementara "ti" berarti "kehidupan" atau "tulang rusuk",menariknya kisah eve dalam agama yahudi/judaisme jg muncul dr tulang rusuk,dan "eve" dalam bahasa ibrani adalah Ḥawwāh, yang berarti "living one" atau "source of life", dan berkorelasi artinya dengan ḥāyâ, "to live".


dalam mitologi enki dan ninhurshag disebutkan 3 : timun,apel,dan anggur

dalam alkitab tidak disebutkan scr spesifik rupa buah terlarang,namun budaya populer menggambarkan buah apel sebagai simbol buah terlarang yg dimakan adam dan hawa

sementara book of enouch menulis rupa buah terlarang adalah : “resembled grapes extremely fine and its fragrance extended to a considerable distance” (1 Enoch 31:4).





intermezzo..

asal usul cerita adam-hawa dari pandangan orientalis :

Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East

banjir tahunan terjadi di irak,sekitar sungai tigris..thorkild jacobsen,salah seorang sumeriology,pernah mengunjungi sendiri lokasi tersebut utk menyaksikan banjir dahsyat tahunan tersebut ,"tinggi banjirnya sampai 4 lantai bangunan,saya tidak pernah lupa pemandangan luar biasa tersebut"

*jacobsen..luar org moderen aja terkagum kagum..apalagi org sumeria kuno..

Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East
ini adalah citra satelit banjir tahunan sungai tigris terbaru yg terjadi akhir 2018,warna merah adalah rendering utk menunjukkan daerah yg terdampak banjir

setiap tahun salju dari puncak gunung mencair dari pegunungan tinggi iran menuruni kaki bukit dan bermuara ke sungai tigris,proses air mengalir ini bercampur tanah liat kemerahan(yg ini bukan rendering citra satelit yak)sehingga tampak seperti air mani bercampur darah perawan. pemandangan ini membuat penduduk mesopotamia kuno berfantasi bahwa adanya dewa mereka yg bersetubuh diatas sana,yaitu enki-ninhurshag(ninhurshag sendiri berarti lady of foothills) yg menyebabkan peristiwa dahsyat ini.

cerita mengenai enki-ninhurshag sendiri mengingatkan kita akan taman surga eden : tmpt dimana binatang buas memakan tumbuhan,tmpt dimana tidak ada penyakit & kematian,tempat dimana memakan buah mistis,dan tmpt dimana hawa yg diciptakan dari tulang rusuk,tidak ketinggalan,alkitab pun menyebut bahwa dilokasi antara sungai tigris dan euprathes lah taman eden berada.sebuah lokasi yg sama dengan mitologi enki-ninhurshag ini.

krn ada nya evolusi konsep keagamaan dari polytheis menjadi monotheis,maka bangsa yahudi tidak mngkn mengisahkan ulang dewa enki mensetubuhi dewi ninhurshag..no,tidak ada dua tuhan atau lebih,maka bagian cerita dewa bersetubuh dihapus.

begitu juga pada bagian cerita dimana enki menciptakan delapan dewa dewi dari delapan bagian tubuhnya,tidak tidak tidak,tujuh dihapus tersisa satu,hny tersisa bagian cerita "ninti/hawa=harafiah wanita dari tulang rusuk" yg diciptakan dari tulang rusuk tuhan(enki).

sementara elemen cerita ciri ciri dilmun(nama taman eden menurut sumeria) sebagai taman surga dan ciri cirinya tetap dipertahankan dalam tradisi yahudi krn tidak berbenturan dengan konsep monotheis


apabila ts masih ragu antara kaitan banjir ini dengan mitologi taman surga(sumeria menyebutnya dilmun,samawi menyebutnya eden),kita bisa melihat mitologi sumeria lainnya dengan setting lokasi yg sama, yaitu kisah innana yg diperkosa di taman surga :

Pada mitologi innana dan sukalletuda,diceritakan bahwa sukalletuda anak dari dewa igisigsig,ditugaskan sebagi tukang kebun dilmun(taman eden versi mesopotamia),suatu hari angin kencang berdebu mengenai matanya,menggosok matanya, sukalletuda kemudian melihat sesuatu yg tidak bisa ia lihat sebelumnya,yaitu dewi innana yg sedang tidur dibawah pohon..tergoda,maka sukalletuda melucuti pakaian innana dan memperkosanya.innana yg marah kemudian mengamuk mencari sukalletuda membuat banjir didunia manusia

“memakan buah(terlarang) dari pohon(kehidupan)” dalam budaya sastra timur tengah kuno adalah metafora/kiasan atas prilaku berhubungan seksual,dalam kisah alkitab,penulis membuatnya benar benar memakan buah terlarang,tapi dalam mitologi sumeria,yg dimaksud benar benar berhubungan seksual/intercourse.

dewa lain kemudian menegahi konflik ini dengan menghukum sukalletuda dengan mengusirnya dari taman dilmun.Atas peristiwa ini("memakan buah terlarang"/berhubungan seksual),berujung pada terusirnya ukalletuda dari dilmun,dan tidak lagi kebal akan kematian,seperti adam-hawa yg terusir dari taman eden krn "memakan buah terlarang"

elemen elemen lengkap lainnya cerita adam-hawa-taman eden(versi alkitab) bisa dilihat disini











Diubah oleh beritapalestina

sumeria seven heaven

"saya serasa berada di surga tingkat ketujuh"

adalah kalimat yg menggambarkan kebahagiaan maksimal, tingkatan surga tertinggi

hampir seluruh agama mengenal seventh heaven,tujuh tingkatan surga,(dan jg tujuh tingkatan neraka),mulai dr islam(lihat kisah isra miraj),yahudi,hindu,jainisme,dll termasuk sumeria

7 tingkat surga sumeria mngkn berasal dr pengetahuan astronomi mereka saat itu yg bisa melihat 7 benda angkasa tanpa teleskop : bulan,merkurius, Venus, matahari,Mars, Jupiter, dan Saturnus,dan jg salah satu inskripsi sumeria menulis "an-imin-bi ki-imin-bi" (the heavens are seven, the earths are seven.)

7 tingkat surga sumeria :
Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East


7 tingkat surga menurut book of enoch :
Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East



*selain 7 tingkat surga,sumeria pun memiliki versi surga yg lain dengan 3 tingkatan surga saja












Diubah oleh beritapalestina
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan

epic of gilgamesh

Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East
asyuranbanipal

tahun 1849 , Austen Henry Layard,seorang arkeolog menemukan perpustakaan asyuranbanipal,yaitu perpustakaan kuno maha besar peninggalan kebudayaan asyria yg berasal dari era 700 Sebelum Masehi.

Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East
struktur rak tablet batu di perpustakaan asyuranbanipal

perpustakaan raksasa ini terpelihara dalam kondisi cukup baik dan menyimpan30.000++ keping tablet batu yg menyajikan informasi penting yg membawa arkeologi ke dunia kuno ribuan tahun lalu.

memberi arkeologi gambaran budaya,tradisi,agama,hukum,administrasi,dan legenda bangsa timteng masa lalu.

penemuan catatan plg terkenal yg ditemukan disana adalah epic of gilgamesh/epos of gilgamesh,epos tertua umat manusia,sebuah cerita kisah kepahlawanan plg populer bagi bangsa sumeria,babylonia,dan asyria selama ribuan tahun sekaligus merupakan cerita keagamaan mereka.

Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East
epic of gilgamesh ditulis dalam tulisan cuineform,arkeolog memastikan cerita ini bertahan ribuan tahun lintas generasi sumeria-babylonia-asyria,dan penemuan tablet epic of gilgamesh di asyuranbanipal saja(epic of gilgamesh jg ada ditemukan ditempat dan waktu yg lain) ditulis dalam dua bahasa,asyur dan neo-babylonia ,ditulis dalam bentuk puisi bercerita

12 tablet berisi cerita lengkap epic of gilgamesh telah berhasil diterjemahkan,sebagian tablet berhasil dibaca dengan sangat baik,namun sebagian kecil diantaranya ada yg mengalami kerusakan parah,sehingga arkeolog melengkapi cerita epic of gilgamesh dengan puisi lainnya yg masih memiliki koneksi cerita dengan epic of gilgamesh.

secara garis besar epic of gilgamesh menceritakan tentang kisah raja setengah dewa, gilgamesh dan sahabatnya enkidu,dan kisah pencarian obat keabadian.

Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East
kiri :enkidu ,kanan : gilgamesh


12 tablet epic of gilgamesh :

tablet 1 :




gilgamesh,anak dari dewi ninsun dan Lugulbanda,gilgamesh memangun kota uruk dan jg tembok kotanya

Gilgames dari Uruk, raja terbesar di muka bumi,penguasa bumi. 2/3 dewa dan 1/3 manusia, adalah Raja terkuat yang pernah ada ,bertubuhbesar raksasa dan kuat perkasa.

kekuatan absolut gilgamesh membuatnya bertindak semena-mena,ia meniduri setiap calon pengantin perempuan bangsawan kerajaannya sebelum diserahkan ke suaminya, mengambil apapun dari rakyatnya,dan menyingkirkan apapun yg berani menghalanginya.

sungguh penguasa yg lalim

tp siapa yg berani melawan?

Ketika rakyatnya mengeluh bahwa ia terlalu kejam,para dewa mendengar,dewi penciptaan,yaitu dewi Aruru menciptakan manusia liar Enkidu,bertubuh besar dan perkasa juga seperti gilgamesh, dari tanah liat,ia bentuk dan hembuskan nafas kehidupan.

*"Ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup" (Kej 2:7)

enkidu tinggal di hutan bersama sama teman teman binatangnya,ia bahkan bisa berkomunikasi dengan mereka.sampai suatu hari seorang pemburu melihat enkidu dihutan.ia terkejut ketakutan dan kabur kembali ke kota,memberitahu orang orang bahwa ia melihat manusia raksasa yg bakal menjadi lawan yg setimpal bagi gilgamesh.

tapi bagaimana cara menarik enkidu ke kota dan melawan gilgamesh?

ayah si pemburu memberi usul : "pikat enkidu dengan pelacur kuil cantik yg bernama shamhat."

shamhat berbaring di hutan,ketika enkidu melihatnya,shamhat menunjukkan buah dadanya dan menggoda enkidu

untuk pertama kalinya enkidu mengenal nafsu seks

7 hari 6 malam mereka berhubungan

dan saat enkidu selesai memuaskan hasratnya dan kembali kehutan menemui teman teman binatangnya,mereka menolaknya.

enkidu telah berbau manusia dan kehilangan kesuciannya,teman temannya tkabur melihatnya.

frustasi,enkidu kembali ke shamhat dan meminta nasihatnya

shamhat kemudian membujuk enkidu tinggal dikota bersama sama kaum sejenisnya(manusia)

shamhat mengenalkan enkidu musik,pakaian,makanan,dan peradaban manusia lainnya..jg menceritakan tentang gilgamesh si raja kejam..

enkidu naik darah mendengar bagaimana bagaimana gilgamesh memperkosa setiap calon pengantin seenaknya dan berbuat semena mena kepada rakyatnya.

rencana berhasil,demi rakyat uruk,enkidu akan menantang gilgamesh berkelahi

ditempat lain,gilgamesh mendapat petunjuk mimpi akan kedatangan enkidu



tablet 2


si pelacur kuil membagi sebagian kain nya utk enkidu,ini adalah pakaian pertama enkidu.si pelacur kuil menggengam tangan enkidu dan membawanya ke uruk.


enkidu memasuki gerbang kota uruk,rakyat uruk terpana melihat ukuran tubuh besar enkidu dan otot otot tubuhnya yg kokoh.mereka bersorak,akhirnya rakyat uruk memiliki jagoan sepadan dengan raja lalim mereka.

hari ini akan ada calon pengantin perempuan yg ditiduri gilgamesh,dalam iringan perjalanan,enkidu memblokir arak arakan pengantin tersebut dan menantang gilgamesh

gilgamesh menyanggupinya,ia bahkan senang akhirnya ada lawan yg memiliki ukuran tubuh sepadan dirinya.

Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East

mereka bergulat dijalan,membentur tembok kota ,dan tembok kota bergetar.seluruh kota terpana menyaksikan pertarungan mereka.pada akhirnya gilgamesh berhasil mengunci enkidu dalam pergulatan seru ditengah kota.namun bukannya kebencian,justru antara enkidu dan gilgamesh muncul rasa saling mengagumi ,mereka berpelukan dan berciumanemoticon-Betty (S)

gilgamesh mendeklarasikan enkidu sebagai sahabatnya

ibu gilgamesh,dewi ninsun memberi berkat restu kepada mereka,bahwa keduanya adalah sahabat sejati mulai sekarang(hubungan bromance emoticon-Betty (S))

"persahabatan" gilgamesh+enkidu membawa dampak positif bagi kepribadian gilgamesh,ia sangat menghargai pendapat enkidu,termasuk dalam memperlakukan rakyatnya sehingga gilgamesh tidak lagi berbuat semena mena kpada rakyatnya meski sifat angkuh gilgamesh tetap terpelihara.

enkidu suatu hari menceritakan tentang hutan cedar yg dijaga humbaba,monster peliharaan dewa enlil(dewa penguasa bumi,angin,udara)

enkidu menceritakan monster ini sangat kuat,dan tidak mngkn dikalahkan.

gilgamesh semakin tertantang,ia memilih mengambil resiko membuktikan dirinya sebagai petarung terkuat.

bersama enkidu dan gilgamesh mempersiapkan diri mencari humbaba

*sebenarnya kepastian pemenang duel gilgamesh-enkidu tidak pasti,dikarenakan pada bagian cerita tersebut mengalami kerusakan sehingga arkeolog menafsirkan sendiri berdasarkan puisi terkait gilgamesh lainnya

tablet 3 dan 4


gilgamesh mengumpulkan rakyatnya dan berpidato bahwa ia akan mengalahkan humbaba dan mengambil ranting pohon cedar yg dilindungi humbaba,para tetua penasihat kota uruk memperingati gilgamesh bahwa ia bertindak terlalu jauh dan membahayakan nyawanya sendiri.

niat gilgamesh telah bulat,sadar bahwa tidak mungkin membujuk gilgamesh membatalkan niatnya para tetua mengajurkan agar gilgamesh meminta berkat dewa matahari : shamash(utu) dan mendiang ayahnya.

shamash mengangkat enkidu sebagai anaknya,ditandai dengan ritual perayaan ,termasuk pesta seks hetero dan homo seksual emoticon-Betty (S)


akhirnya perjalanan keduanya dimulai,dengan senjata dan armor terbaik,keduanya dengan kaki raksasanya telah berjalan 450 mil dalam waktu 3 hari.mereka tidak berhenti kecuali saat makan.

dalam perjalanan,enkidu mengalami keraguan,namun gilgamesh menyemangatinya bahwa mereka bisa mengalahkan humbaba

tablet 5

setiap malam gilgamesh melakukan ritual menabur tepung disekeliling mereka tidur utk meminta perlindungan shamash dari ancaman enlil(humbaba adalah peliharaan enlil)

suatu malam dalam perjalanan mereka,gilgamesh bermimpi menyeramkan sampai terbangun sampai menggigil

ia menceritakan mimpinya kepada enkidu.enkidu mengatakan jgn khawatir dan menafsirkan mimpi tersebut sebagi keberuntungan bahwa mereka akan mengalahkan humbaba.

semakin mereka mendekati hutan cedar semakin sering gilgamesh bermimpi buruk dan ketakutan,sampai ia berdoa kepada dewa shamash.

dewa shamash menjawab doa gilgamesh.ia mengatakan bahwa mimpi buruk gilgamesh berasal dari aura pakaian humbaba dan mengatakan jgn khawatir akan gertakan humbaba.

akhirnya gilgamesh dan enkidu tiba di hutan cedar.mereka memotong daham pohon cedar yg suci,dan tiba tiba terdengar auman humbaba menggelegar yg bisa membuat tuli kuping manusia biasa.

humbaba telah muncul,namun saat itu ia belum menampakkan dirinya didepan gilgamesh dan enkidu,tapi mengeluarkan sihir halusinasinya

tiba tiba terdengar halusinasi suara pedang,kapak,dan senjata lain beradu ,meneror enkidu dan gilgamesh.

gilgamesh berdoa kepada shamash yg lgsg menjawab doa gilgamesh dengan mengirim 13 petir menghantam humbaba

humbaba muncul, terluka dan tersungkur

gilgamesh mencabut pedangnya,humbaba sudah tidak berdaya.

humbaba meminta pengampunan,ia tau gilgamensh adalah anak ninsun,dan mengatakan ia akan mengabdi pada gilgamesh apabila gilgamesh mau mengampuni nyawanya.

gilgamesh awalnya tertarik pada tawaran humbaba, namun enkidu menganjurkan agar enkidu menghabisi humbaba saat itu juga sebelum enlil menyadari apa yg terjadi.

humbaba mengatakan bahwa enkidu adalah manusia keji,dan jg humbaba mengatakan enkidu cemburu kalau humbaba mengabdi kepada gilgamesh

sekali lagi enkidu meyakinkan gilgamesh agar membunuh humbaba,hanya dengan kematian humbaba maka mereka bisa mendapatkan kemahsyuran sebagai satu satunya pembunuh humbaba.

bukankah inilah tujuan awal mereka?

maka tewaslah humbaba saat itu jg

kembali ke kota uruk,gilgamesh dan enkidu memamerkan kepala humbaba dan ranting pohon cedar kepada rakyatnya.



tablet 6

dewi ishtar terpesona dengan kekuatan gilgamesh,ia mengajak gilgamesh menikah.

dan tentu saja enkidu berusaha mempengaruhi gilgamesh agar menolak ajakan ishtar emoticon-Betty (S)

gilgamesh menolak dengan tegas ajakan ishtar,gilgameah mengatakan bahwa ia tau bagaimana nasib suami suami ihstar sebelumnya.

dewi ishtar merasa dipermalukan,ia marah dan meminta agar dipinjamkan banteng surga dari ayahnya utk menghukum enkidu dan gilgamesh

ayah ishtar yg jg merupakan dewa, bingung melihat tingkah putrinya,ia justru membela gilgamesh.namun ishtar ngotot meminjam banteng surga

akhirnya banteng surga berhasil didapatkan ishtar,dan ishtar melepas banteng surga ke bumi utk menghukum gilgamesh.

hentakan kaki banteng surga pertama kali mendarat membuat tanah lgsg terbelah,100 orang lgsg tewas tertelan bumi.

hentakan kaki kedua kalinya membelah tanah lainnya dan membunuh orang lainnya

enkidu dan gilgamesh muncul utk meladeni banteng surga

enkidu meraih tanduk si banteng ,namun gagal menghasilkan apapun.kemudian enkidu berhasil meraih ekor si banteng surga setelah melalui pergulatan seru, dan mencegah banteng surga kabur ketika gilgameah menghunus pedangnya tepat di pundak banteng tersebut.akhirnya gilgamesh memutilasi mayat sibanteng,mengambil jantungnya dan mempersembahkannya kepada dewa shamash.

ishatar muncul melewati tembok kota uruk dan mengutuk gilgamesh+enkidu.

enkidu menjawab gertakan ishtar,meraih salah satu potongan tubuh banteng surga,melemparkannya kepada ishtar sembari mengancam : ia akan melakukan hal serupa kepada ishtar apabila ishtar berani mendekat satu langkah lagi.

ketika ishtar dan pengikutnya(termasuk pelacur kuil) menangisi kematian banteng surga,gilgamesh dan enkidu memamerkan tanduk dan potongan tubuh banteng surga di pintu gerbang kota,juga mengarak bagian tubuh lainnya sebagai piala kemanangan.

gilgamesh semakin terlena dengan keperkasaannya,ia berteriak didepan rakyatnya :"siapa pahlawan terhebat?"

dan gilgamesh menjawab sendiri :" adalah gilgamesh dan enkidu !"

malam itu enkidu mendapat mimpi,mendapat gambaran para dewa sedang rapat

tindakan sembrono dan arogansi gilgamesh dan enkidu telah keterlaluan,pertama mereka membunuh peliharaan enlil,jg memotong ranting hutan suci cedar,kemudian mereka membunuh banteng surga dan mengancam dewi ishtar,tindakan mereka telah kelewatan batas dan telah memvonis nasib mereka sendiri kelak



tablet 7

Para dewata memutuskan bahwa ada yang harus dihukum karena membunuh sang Banteng Surgawi. Mereka menghukum Enkidu. Hal ini juga menggenapi kutukan Humbaba(sebelum mati humbaba mengutuk enkidu sebagai manusia kejam dan menyumpahinya),dan jg krn enkidu lah yg mengancam ishtar.

Enkidu jatuh sakit terkena kutukan para dewa sembari mimpinya membawanya ke Dunia akhirat sembari terbaring sekarat.

enkidu putus asa

ia menangis meminta belas kasihan shamash,namun shamash tidak mampu berbuat melawan kehendak hasil rapat para dewa.

enkidu menyalahkan pemburu yg menemukannya dihutan

enkidu menyalahkan pelacur kuil ,shamhat,yg bersetubuh dengannya dan membawanya ke kota uruk.dewa shamash menjawab enkidu..kalau bukan krn pelacur kuil tersebut,enkidu tidak akan pernah merasakan makanan enak,baju bagus,tarian musik dan yg plg penting mengenal gilgamesh bromate nya emoticon-Berduka (S)

enkidu merasa nyaman dengan nasihat shamash,dan ia memberkati shamhat dan pelacur kuil lainnya semoga makmur dan bahagia.

enkidu mengatakan kepada gilgamesh bahwa ia mendapat mimpi buruk dimana ia tidak berdaya melawan makhluk yg lbh kuat darinya..enkidu mengatakan satu satunya yg ia sesali adalah mati dalam kondisi seperti ini,bukan tewas terhormat sebagai pahlawan di medan tempur

enkidu menderita selama dua belas hari kemudian sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.

tablet 8 dan 9

Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East

gilgamesh sangat terpukul atas kematian enkidu,ia menawarkan byk pengorbanan persembahan kepada para dewa agar meringankan beban enkidu didunia akhirat.

disisi lain gilgamesh merasa ketakutan ,bagaimana kalau ia kelak mati? semua hilang begitu saja..tiba tiba gilgamesh merasa takut akan kematian..

ia ingin menghindari kematian dan mencari obat keabadian

gilgamesh pergi dari uruk

menyendiri

mengasingkan diri

ia pergi mencari obat keabadian

ia mendengar rumor tentang utnapishim,manusia abadi

utk itu ia berkelana mencari utnapishim.utnapishim dan istrinya adalah orang yg selamat dari banjir besar yg pernah terjadi didunia akibat dosa manusia ,utnapishim (dan istrinya) selamat krn belas kasihan dewa enki yg membocorkan rencana para dewa,dan jg krn itu ia dianugerahi dewa mendapat kehidupan abadi dari dewa enlil

Dalam perjalanan, Gilgames berjumpa dengan alewyfe Siduri yang berusaha membujuknya agar menghentikan perjalanannya itu,namun diabaikan gilgamesh.
cerita untnapishm memiliki byk elemen cerita yg sama dengan cerita banjir nabi nuh,sampai detail ukuran kapal,dll,jd sebenarnya TS ga perlu lagi menulis detail saat utnapishim menceritakan kisahnya kepada gilgamesh,cukup buka torah/perjanjian lama,krn kisah mereka sangat mirip,hanya diganti nama tokoh aktor aktornya saja,tuhan=dewa enlil+enki,nabi nuh=utnapishim,detail ceritanya 90% sama

kisah banjir besar pada epic of gilgamesh ini jg ditemukan pada cerita epic of atrahasis dan eridu genesis dengan cerita yg sama pd bagian cerita banjirnya,ahli sejarah mengambil kesimpulan bahwa kisah banjir pada eridu genesis lah yg pertama ditulis dan disalin ulang pada epic of astrahasis dan epic of gilgamesh,sementara kisah biblical tentang kejatuhan adam kedalam dosa sampai banjir nabi nuh(genesis/kejadian bab 2 s/d 9) bisa ditemukan dalam ketiga epic mesopotamia tersebut


epic of gilgamesh=nabi nuh
Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East

epic of athrahasis=kejatuhan adam kedalam dosa+nabi nuh
Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East

tablet 10

utk bertemu dengan utnapishim,sebelumnya gilgamesh harus melewati air beracun yg mematikan.utk melaluinya ,gilgamesh harus meminta bantuan urshanabi.krn hny ia satu satunya yg bisa menahkodai kapal menyebrangi air beracun.

mendengar cerita gilgamesh,urshunabi bersedia membantu gilgamesh mrmpertemukannya dengan utnapishim,dan berlayarlah mereka mencari utnapishm

tablet 11 dan 12

Gilgames akhirnya berjumpa dengan Utnapishim, yang menceritakan kepadanya tentang air bah yang dahsyat krn manusia sdh terlalu byk berdosa,bagaimana dewa enki diam diam menolongnya, dan bagaimana dewa enlil akhirnya menganugerahi nya kehidupan abadi(nabi nuh berumur sampai 1000 tahun)

utnapishim menasihati gilgamesh bahwa anugerah hidup abadi percuma dicari,krn utnapishm pun mendapatkan nya scr kebetulan dr dewa.

gilgamesh bersikeras,dan utnapishm pun sadar bahwa tidak mngkn gilgamesh mundur hanya dengan kata kata

maka utnapishm menjanjikan Gilgames bahwa apabila gilgamesh dapat bertahan tidak tidur selama enam hari dan tujuh malam, ia akan memperoleh kehidupan abadi.

Gilgames menerima tantangan utnapishm,namun tidak beberapa lama mencoba,gilgamesh sdh tertidur.

istri utnapishim mencoba membangunkan gilgamesh,namun utnapishm mencegahnya,"gilgamesh pasti tidak mau mengaku tertidur kalau kita membangunkannya",ujar utnapishm kepada istrinya

oleh krn itu Utnapishim menyuruh istrinya memanggang roti untuk setiap hari sampai 7 hari,dan pada hari ketujuh membangunkan gilgamesh.

istri utnapishim menunjukkan kepada gilgamesh ketujuh roti tersebut

roti hari pertama sdh rusak parah berjamur,roti kedua rusak tp tidakseparah roti pertama,dan seterusnya sampai roti ketujuh

gilgamesh menangis,ia tidak bisa menyangkal lagi,ia telah gagal mendapat obat keabadian

Utnapishim disisi lain merasa iba,lantas ia menceritakan kepadanya tentang sebuah tanaman yang terdapat di dasar laut dan bahwa apabila gilagamesh memperolehnya dan memakannya,maka gilgamesh akan kembali menjadi muda kembali meski tidak hidup abadi.

Gilgames menyelam mencari tanaman itu, dan ia berhasil mendapatkannya.namun ia tidak ingin segera memakannya karena ia ingin membagikannya kepada para ketua-ketua Uruk lainnya,suatu pemikiran mengejutkan yg tidak mngkn dilakukan gilgamesh sebelum mengenal enkidu.gilgameah telah berubah menjadi lbh bijaksana dan memikirkan orang orangnya. dalam perjalanan pulang kekerajaannya,gilgamesh kemudian meletakan tanaman itu di tepi sebuah danau sementara ia mandi, malangnya tanaman itu kemudian dicuri oleh seekor ular.gilgamesh lagi lagi harus menerima kenyataan pahit.ia kehilangan kesempatan keduanya dan tidak ada lagi yg bisa diberikan utnapishim kepadanya.

gilgamesh kecewa utk kesekian kalinya,namun tidak ada lagi yg bisa ia lakukan.

meski gilgamesh pada akhirnya gagal mendapat resep keabadian.namun pertulangan hidupnya dan kematian sahabatnya telah mengubah gilgamesh.

dari seorang raja lalim arogan menjadi raja yg bijaksana dan memikirkan rakyatnya.

Gilgames kembali ke Uruk, dan ketika ia melihat dinding-dindingnya yang begitu besar dan kuat, ia memuji karya abadi manusia yang fana ini. Gilgames menyadari bahwa cara makhluk fana untuk mencapai keabadian adalah melalui meninggalkan karya peradaban dan kebudayaan yang kekal.

pada akhirnya puisi epic of gilgamesh ditutup saat perahu gilgamesh melihat kuil dewi ishtar dr kejauhan.


*pada tablet ini juga diceritakan dewa ea(enki) yg sangat melindungi manusia,selain menolong utnapishim,enki pun mengintervensi rapat para dewa agar hanya menghukum enkidu saja,tidak gilgamesh meski keduanya telah membunuh humbaba,peliharaan enlil

dan pada tablet penutup ini juga diceritakan bahwa gilgamesh sempat masuk ke dunia akhirat dan bertemu enkidu.enkidu menceritakan bahwa meski ia tidak mempunyai kabar baik dari dunia akhirat utk diceritakan,namun enkidu memberi nasihat bahwa semakin byk anak ,semakin byk teman,kekayaan,dan reputasi baik yg ditinggalkan,maka semakin mudah kehidupan di akhirat dan sebaliknya


http://m.sparknotes.com/lit/gilgamesh/section9.rhtml

http://www.ancient-literature.com/other_gilgamesh.html

https://archive.org/stream/TheEpicofGilgamesh_201606/eog_djvu.txt












profile-picture
profile-picture
profile-picture
madfaiz25 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh beritapalestina
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan

mitologi "innana dan pohon huluppu" dan kemunculan lilith pertama kali

puisi "innana(ishtar) dan pohon huluppu" diinterpretasikan sebagai kisah pada periode dimana penciptaan bumi tidak begitu lama terjadi,hal ini disinyalir dari beberapa bait puisinya yg memiliki pararel dengan enuma elish :

After heaven had been moved away from earth,
After earth had been separated from heaven,

After the name of man had been fixed,
After An had carried off heaven,
After Enlil had carried off earth,
After Ereshkigal had been carried off into the nether world as its prize --


puisi ini jg menyebut hari pertama,malam pertama,dan tahun pertama sehingga bisa diasumsikan sebagai sambungan enuma elish.

dewa enki,berencana mengunjungi akhirat,yg berada dibawah kekuasaan ereshkigal,perjalanan enki mengakibatkan badai besar yg merusak pohon huluppu di euphrates.innana kemudian memindahkan pohon ini ketaman pribadinya ,berharap apabila nanti pohon bertumbuh besar dapat digunakan sebagai kursi tahtanya dan ranjangnya kelak.



namun sebelum pohon haluppu bertumbuh besar,ada 3 makhluk yg menjadikan pohon tersebut sebagai rumahnya,seekor ular,burung(anzu,kelak muncul dalam mitologi tablet of destiny),dan perawan kegelapan lilith.innana menangis,ia ingin mengusir 3 makhluk tersebut,tp tidak mampu melakukannya.

pada awalnya innana ingin meminta bantuan utu,dewa matahari utk membantunya mengusir 3 penghuni pohon haluppu,namun uttu tidak bosa membantunya.

maka akhirnya dipilihlah gilgamesh,seorang raja di dunia manusia yg miliki 3/4 darah dewa,gilgamesh bersedia memenuhi permintaan innana,dan berhasil mengusir 3 penghuni pohon haluppu.

dengan kapaknya,lantas gilgamesh membuat kursi dan ranjang untuk innana.

Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East


https://en.m.wikipedia.org/wiki/Adam_and_Eve_cylinder_seal

*tablet 2200-2100 bc"adam and eve cylinder seal" yg menggambarkan pohon kehidupan,tidak jelas apakah pohon kehidupan dalam mitologi sumeria tersebut merupakan pohon yg sama dengan huluppu,tampak perempuan disebelah kiri,dan mngkn dewa disebelah kanannya(sumeria suka menggambarkan dewa mereka dengan topi lancip atau tanduk utk membedakan dengan gambar org biasa),jg tampak ular digambar tersebut.

seperti kisah lilith yg tinggal bersama ular dipohon haluppu,mitologi yahudi sering menggambarkan lilith bersama ular.

Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East

Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East

apabila lilith dalam versi sumeria diusir dari pohon dan taman pribadi innana,maka lilith dalam versi mitologi yahudi diceritakan menolak menjadi pasangan adam, sehingga pergi meninggalkan taman surga/eden.

dalam mitologi yahudi lilith meninggalkan taman eden krn menolak menjadi pasangan adam,sementara dalam kisah pohon haluppu dikisahkan gilgamesh membuat ranjang utk innana,simbol hubungan seksualitas,jg dalam kisah epos lain,yaitu epic of gilgamesh diceritakan innana/ishtar melamar gilgamesh utk menjadi suaminya,namun ditolak gilgamesh.tidak ada perbedaan nama "lilith" yahudi-sumeria,sumeria pun menamai "lilith",bs jg dibaca "lilithu"



http://www.piney.com/BabHulTree.html
Diubah oleh beritapalestina
sudah seharusnya kita tidak boleh sombong emoticon-Big Grin orang sumeria pasti marah kalo dituduh penyembah berhala padahal kisah itu pertama kali muncul diperadapan mereka emoticon-Big Grin
anu banget namanya ya si anu itu emoticon-Big Grin
wahh menarik nih.. ada beberapa kepercayaan yg mirip"

kapan-kapan ts bahas Asterix dan Obelisk emoticon-Big Grin
mungkin kelak orang menemukan harddisk yg berisikan kisah-kisah zaman sekarang kali yaemoticon-Hammer (S)
Quote:


bebas berimajinasi,arkeolog sendiri mengakui peradaban sumeria tuh aneh,"peradaban yg muncul secara tiba tiba" katanya,sehingga membuka lebar lebar imajinasi orang orang

interpretasi zacharia sitchin tentang nibiru,x planet,dll(yg sebenarnya ditolak penerjemah tablet sumeria lainnya)emoticon-Embarrassment

sampai teori dewa sumeria=alien yg memberi kecerdasan manusia

Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East

Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East

bebassssss emoticon-Big Grin
Diubah oleh beritapalestina
Quote:


dulu udah ada alien ya,
kirain alien istilah zaman sekarangemoticon-Ngakak (S)
Quote:


asterix = astarot

obelix = obelisk

hedeh membingungkan ini emoticon-Big Grin
profile-picture
fredrickz memberi reputasi

ada apa dengan bahrain?

dilmun,dari kisah berbagai mitologi sumeria dikatakan bahwa dilmun adalah taman tempat tinggal dewa enki,taman dengan ciri ciri serupa taman eden, juga tempat dimana utnapishim dianugerahi keabadian oleh enlil setelah selamat dr banjir.kisah Enuma Elish mengenai penciptaan dunia menyebut tempat terjadinya penciptaan sebagai tempat di mana air asin yang dipersonifikasikan sebagai Tiamat bertemu dan bercampur dengan air tawar yang dipersonifikasikan sebagai Abzu. sementara Bahrain dalam bahasa Arab berarti "air kembar", tempat air tawar dari air tanah Arabia bercampur dengan air asin Teluk Persia.

peradaban dilmun di bahrain :

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Dilmun

http://www.bbc.com/news/science-environment-22596270

museum bahrain memperkirakan "zaman keemasan" Dilmun berlangsung kira-kira 2200–1600 SM,sebagai lokasi yg makmur(lokasi dimana peradaban mesopotamia bertemu dan berdagang dengan hindus valley) ditambah tanah yg waktu itu subur mngkn menjadi inspirasi(atau sebaliknya) cerita dilmun sebagai taman surga.sementara itu di pulau failaka,milik bahrain jg menyimpan banyak bangunan bergaya Mesopotamia, sama seperti yang telah ditemukan di Irak yang berasal dari kurun waktu sekitar 2000 SM.
profile-picture
voorvendetta memberi reputasi
Diubah oleh beritapalestina
EPIC OF GILGAMESH

Mitos banjir dalam Epic of gilgamesh terdapat dalam tablet ke 11

Epict of gilgamesh berasal dari Dinasti Ketiga Ur (sekitar 2100 SM).

Dalam tablet 11 di ceritakan:

Gilgames mengamati bahwa Utnapishtim tampaknya tidak berbeda dari dirinya sendiri, dan bertanya kepadanya bagaimana dia memperoleh keabadiannya. Utnapishtim menjelaskan bahwa para dewa memutuskan untuk mengirim banjir besar. Untuk menyelamat kan Utnapishtim dewa Ea menyuruhnya untuk membangun sebuah perahu.

Dia memberinya dimensi yang tepat, dan itu di lapisi dengan Pitch dan ter . Seluruh keluarganya pergi naik bersama pengrajin dan “semua binatang di ladang”.. Badai kekerasan kemudian muncul yang menyebabkan para dewa ketakutan lalu mundur ke langit. Ishtar menyesalkan penghancuran umat manusia, dan dewa-dewa lainnya menangis di sampingnya. Badai berlangsung enam hari enam malam

Utnapishtim menangis ketika ia melihat kehancuran. Perahunya ber labuh di atas gunung, dan dia melepaskan burung merpati, burung layang-layang, dan gagak.Ketika gagak gagal untuk kembali, ia membuka bahtera dan mengeluar kan penghuninya. Utnapishtim menawarkan pengorbanan kepada para dewa, para dewa mencium bau harum dan berkumpul di sekitar.

sesuai dengan ayat Taurat:


Kejadian 8


1. Maka Allah mengingat Nuh dan segala binatang liar dan segala ternak, yang bersama-sama dengan dia dalam bahtera itu, dan Allah membuat angin menghembus melalui bumi, sehingga air itu turun.
2. Ditutuplah mata-mata air samudera raya serta tingkap-tingkap di langit dan berhentilah hujan lebat dari langit,
3. dan makin surutlah air itu dari muka bumi. Demikianlah berkurang air itu sesudah seratus lima puluh hari.
4. Dalam bulan yang ketujuh, pada hari yang ketujuh belas bulan itu, terkandaslah bahtera itu pada pegunungan Ararat.
5. Sampai bulan yang kesepuluh makin berkuranglah air itu; dalam bulan yang kesepuluh, pada tanggal satu bulan itu, tampaklah puncak-puncak gunung.
6. Sesudah lewat empat puluh hari, maka Nuh membuka tingkap yang dibuatnya pada bahtera itu.
7. Lalu ia melepaskan seekor burung gagak; dan burung itu terbang pulang pergi, sampai air itu menjadi kering dari atas bumi.
8. Kemudian dilepaskannya seekor burung merpati untuk melihat, apakah air itu telah berkurang dari muka bumi.
9. Tetapi burung merpati itu tidak mendapat tempat tumpuan kakinya dan pulanglah ia kembali mendapatkan Nuh ke dalam bahtera itu, karena di seluruh bumi masih ada air; lalu Nuh mengulurkan tangannya, ditangkapnya burung itu dan dibawanya masuk ke dalam bahtera.

10. Ia menunggu tujuh hari lagi, kemudian dilepaskannya pula burung merpati itu dari bahtera;
11. menjelang waktu senja pulanglah burung merpati itu mendapatkan Nuh, dan pada paruhnya dibawanya sehelai daun zaitun yang segar. Dari situlah diketahui Nuh, bahwa air itu telah berkurang dari atas bumi.
12. Selanjutnya ditunggunya pula tujuh hari lagi, kemudian dilepaskannya burung merpati itu, tetapi burung itu tidak kembali lagi kepadanya.


emoticon-Salaman
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mosul
Halaman 2 dari 28


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di