sabil.haqAvatar border
TS
sabil.haq
[FLINTSTONES THEORY] Anies Janjikan Rute Khusus untuk Becak di Jakarta


Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjanjikan rute khusus yang dapat dilalui oleh pengendara becak. Menurut dia, becak masih menjadi kendaraan yang dibutuhkan oleh masyarakat Jakarta.

Hal tersebut diungkapkan Anies saat mengisi pidato di acara temu akbar persiapan community action planning (CAP) 16 Kampung di Jakarta. Acara tersebut berlangsung di Taman Waduk Pluit, Jakarta Utara, Minggu (14/1).

"Kami akan atur agar kebutuhan warga akan transportasi difasilitasi. Becak tidak akan ada kalau enggak ada kebutuhan atas becak, untuk itu angkutan baru akan kami segerakan, bagian ini adalah mengatur agar becak bisa beroperasi di rute yang ditentukan," ujar Anies disambut tepuk tangan dari masyarakat yang menyaksikan pidato tersebut.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mencontohkan salah satu masyarakat yang membutuhkan keberadaan becak adalah ibu-ibu yang baru pulang dari pasar dengan sejumlah barang belanjaan. Menurut dia, mereka tidak dapat memanfaatkan fasilitas ojek ataupun angkutan kota karena barang bawaan yang cukup banyak.

Selain itu, Anies mengklaim, kesejahteraan bagi pengendara becak juga perlu diperhatikan. Dengan tidak beroperasinya becak dapat membuat pengendara becak kehilangan kesejahteraan untuk hidup di Jakarta.

"Ibu-ibu kalau belanja susah naik ojek, naik angkot juga enggak ada juga angkotnya. Dan juga buat abang becak ini untuk ikut sejahtera di kota ini," ucapnya.

Niatan Anies membuka rute khusus becak bertentangan dengan Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

Pasal 29 ayat 1 (a) menjelaskan, Setiap orang atau badan dilarang melakukan usaha, pembuatan, perakitan, penjualan dan memasukkan becak atau barang yang difungsikan sebagai becak dan atau sejenisnya.

Sementara di ayat 1 (b) tertulis pelarangan untuk mengoperasikan dan menyimpan becak dan atau sejenisnya.

Sumber ; https://cnnindonesia.com/nasional/20180114183359-20-268758/anies-janjikan-rute-khusus-untuk-becak-di-jakarta

====================================

Apa tega manusia disuruh menggunakan tenaganya menggantikan mesin-mesin , mengayuh penuh peluh untuk melayani penumpang yang membayar????
Apa tidak ada cara lain buat mensejahterakan mereka???
Teknologi mesin sudah maju, alat transportasi juga semakin modern, masa iya sih mengembalikan ke zaman penindasan??
0
6.6K
116
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan