Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

5oiAvatar border
TS
5oi
Asal-usul nama Muhammad
Begini asal usul Rasulullah diberi nama Muhammad


emoticon-Ultahemoticon-Selamat emoticon-Shakehand2


Mungkin sebagian umat Islam belum mengetahui, bagaimana Asal Mula Rasulullah diberi nama dari Muhammad. Diriwayatkan oleh Ibnu Ishaq dan Baihaqi menjelaskan, bahwa pada saat ibunda Rasulullah, Aminah, mengandung didatangi oleh seseorang yang kemudian berkata, "Apabila anak ini telah lahir, berilah ia nama Muhammad. Karena sesungguhnya namanya di dalam Kitab Taurat dan Injil adalah Ahmad. Semoga dengan nama itu, ia dipuji oleh seluruh penduduk langit dan bumi, sedangkan namanya di dalam Alquran adalah Muhammad". (HR Ibnu Ishaq dan Baihaqi).

Mendengar hal itu, Aminah segera memberi tahu ayahnya Abdul Muthallib. Sang kakek lalu memberinya nama Muhammad saat Abdul Muthallib mengadakan aqiqah dan mengundang para pembesar Quraisy.

"Apa nama yang engkau berikan?" tanya para pembesar Quraisy. "Aku akan memberinya nama Muhammad". Mereka semua terkejut mendengar nama yang diberikan Abdul Muhtallib.

"Mengapa engkau tidak suka menamainya dengan nama nenek moyangmu?". "Aku ingin agar dia dipuji oleh para penduduk bumi dan mendapat pujian di langit," jawab Abdul Muthallib.

Dikutip dari buku The Great Story of Muhammad, Rasulullah SAW juga memiliki nama yang lain yaitu Ahmad. Artinya tidak ada seorang pun yang memuji Tuhannya melebihi pujian yang dilakukan Rasulullah. Jadi, setiap orang yang memuji Tuhannya, maka Rasulullah lebih tinggi lagi pujiannya. Nama inilah yang terdapat di dalam Injil.

Quote:


Khalid Basalamah Menjelaskan Lebih Detail Lagi Kronologi Pemberian Nama kepada Baginda Rosulullah Saw
Silahkan tonton videonya dibawah ini - English Subtitle




Spoiler for Sumber Artikel:
Diubah oleh 5oi 14-01-2018 07:17
0
3.7K
7
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan