iqbalawalAvatar border
TS
iqbalawal
Kebohongan-kebohongan Sains yang Menggemparkan Dunia, Yang Terakhir Seperti Nyata


Umumnya penemuan di bidang sains bisa mengubah dunia. Salah satu contohnya, mesin uap yang ditemukan James Watt di Inggris tahun 1712. Mesin ini mampu mengganti tenaga manusia dengan tenaga mesin sehingga menyebabkan terjadinya Revolusi Industri di Inggris. Sejak saat itu dunia tidak sama lagi. Roda ekonomi ditopang mesin yang praktis dan efisien, hingga kini.

Akan tetapi, selain penemuan ada juga kebohongan sains yang menggemparkan dunia. Kemunculannya awalnya sempat dipuji, namun lama-kelamaan setelah diteliti lebih jauh, ternyata hanyalah kebohongan belaka. Apa sajakah itu? Seperti dilansir oleh Liputan6.com (24/10/2014), Nationalgeographic .co.id (27/03/2015), dan pendapat "nyang nulis", inilah kebohohongan-kebohongan sains yang sempat menggemparkan dunia.

(1) Manusia Piltdown

Spoiler for Piltdown Man:

Teori Darwin menyakini bahwa manusia berkerabat erat dengan kera, bahkan diyakini bahwa manusia berasal dari kera. Tetapi, para ilmuan belum menemukan fosil atau penemuan rangka manusia yang mirip seperti kera. Hingga tahun 1912 ditemukan satu set fosil tengkorak dan tulang rahang dari sebuah lubang bawah tanah di Piltdown, Inggris. Fosil tengkorak dan rahang tersebut lalu disusun oleh petugas British Museum sehingga menampilkan kepala manusia mirip kera, yang kemudian diidentifikasi sebagai manusia Piltdown, manusia mirip kera.

Pemalsuan kemudian terungkap di tahun 1953, dengan deskripsi tulang tengkorak yang berasal dari manusia, tulang rahang orang utan, dan fosil gigi yang berasal dari kera. Yang disayangkan, sampai sekarang penyusun fosil di British Museum yang menjadi dalang pemalsuan ini masih belum diketahui.

(2) Fenomena Crop Circle

Spoiler for :


Pasti di antara Agan-Sista, ada yang sudah tahu crop circlekan ? Ya, itu lho sebuah padang rumput yang berbentuk lingkaran dan terdapat pola-pola rumit namun teratur. Fenomena crop circle memang sempat menjadi salah satu misteri yang terus diungkap kebenarannya. Bagaimana tidak, banyak yang mengatakan bahwa fenomena ini disebabkan pesawat alien yang mendarat ke Bumi. Fenomena ini bahkan menginspirasi banyak film Hollywood untuk membuat film Alien, dimana pesawat UFO selalu mendarat di padang rumput atau ladang gandum. Sebut saja film Arrival (2016), 10 Cloverfield Lane (2016) dan War of the World (2005).

Namun setelah diteliti lebih lanjut oleh pihak NASA, mereka menegaskan secara gamblang bahwa fenomena ini tidak ada kaitannya dengan alien, ini hanya buatan manusia. Di Amerika sendiri hal ini bisa dilakukan oleh traktor pembabat tanaman di ladang-ladang gandum.

(3) Raksasa Cardiff

Spoiler for :


Pada bulan Oktober 1869, seorang petani dan pembuat rokok menggemparkan dunia di Cardiff, Wales. Keduanya menemukan fosil manusia yang telah membatu sepanjang 3 meter dengan berat 1,3 ton. Penemuan ini jadi berita sangat besar dan dianggap penemuan geologis terbesar di dunia saat itu. Banyak warga Amerika Serikat yang rela membayar 25 dolar untuk melihatnya.

Tapi, pada tahun 1870, terungkap bahwa penemuan ini hanyalah kebohongan belaka, yang mana Raksasa dari Cardiff ini hanya terbuat dari sebuah patung batu gipsum yang dibentuk mirip manusia dan sengaja dikubur di sebuah ladang di Cardiff agar ditemukan oleh seseorang.

(4) Otopsi Alien

Spoiler for :


Apa yang berbau Alien atau manusia luar angkasa dari planet atau galaksi lain memang tidak ada habisnya. Seperti yang terjadi pada 8 Juli 1947 silam, sebuah insiden menghebohkan terkait unidentified flying object(UFO) yang terjadi di Roswell, New Mexico. Waktu itu, di tengah badai besar, ditemukan pesawat 'piring terbang' yang rusak parah dengan tiga jasad berpakaian metalik di sekitarnya.

Bahkan, seorang pebisnis Inggris mengklaim menemukan film lawas yang berisi rekaman detik-detik kecelakaan pesawat tersebut. Ia juga mengklaim mendapatkan rekaman otopsi jasad alien. Tahun 2006, pebisnis yang bernama Ray Santili itu menyatakan hal itu palsu karena merupakan rekonstruksi rekaman yang pernah ia lihat. Tapi hingga kini, masih banyak orang yakin bahwa Alien pernah mendarat ke Bumi.

Gimana Gan-Sis, punya kebohongan sains lain?
Atau justru kesulitan move on karena kebohongan cinta ... Eaaaaaa ....



Diubah oleh iqbalawal 11-01-2018 02:11
0
36.8K
173
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan