deadlyrootsAvatar border
TS
deadlyroots
Asal usul nama korek api kayu Jönköpińgs SÄKERHETS-TÄNDSTICKOR
Spoiler for WOW!:




Quote:


Korek api terdapat dalam 2 jenis yaitu Safety Matchesdan Strike Anywhere Matches keduanya berbahan utama fosfor.
Safety Matches terbuat dari fosfor merah sedangkan Strike Anywhere Matches terbuat dari fosfor putih.



Korek api jenis safety matches digunakan dengan cara menggoreskan pada tempat yang telah disediakan (biasa kita temui di samping bagian box korek), tempat goresan yang disediakan terbuat dari fosfor merah, serpihan kaca dan lem sebagai perekat. Ketika digoreskan fosfor merah pada pada ujung korek api akan berubah dengan cepat menjadi fosfor putih sehingga akan menyala.
Sedangkan korek api jenis strike anywhere matches untuk menggunakannya bisa digoreskan pada sembarang tempat asal kering dan kasar atau sedikit kasar (Ala ala kartun Tom and Jerry)



Nah, untuk si korek "Sakerhets" ini kenapa disebut korek api yang aman? Karena korek ini dibuat tanpa menggunakan belerang dan fosfor, penjelasannya ini ditulis dalam tulisan "utan svafvel och fosfor".

Sejarahnya, saat itu sedang terjadi peristiwa revolusi industri, banyak anak muda membikin korek api. Namun karena masih menggunakan bahan fosfor dan belerang, menyebabkan banyak anak muda yang meninggal karena mengalami sesak nafas dari pembakaran korek tersebut. Johan dan Carl Lundstrom lah yang akhirnya menyempurnakan korek kayu tersebut sehingga, membuat orang merasa aman dan selamat ketika menggunakan.

Sedangkan Tanda "endast mot ladans plan", bila di artikan kurang lebih nya bahwa korek api ini aman di taruh digudang yang berlantai dingin atau bercuaca dingin.
Di Indonesia sendiri, semua orang pastinya tidak asing dengan beberapa merek kemasan korek api kayu yang legendaris, seperti tiga durian, pelangi, balinese barong, cocktail, rambutan, pak tani, dan kangaroo. Itu semua merupakan merek korek api kayu Indonesia (Made in Indonesia), namun tetap saja lisensi dari Jonkopings, Swedia.

Salah satu yang paling terkenal adalah korek api kayu 3 durian, yang pernah diproduksi oleh JAMAFAC perusahaan korek api yang telah berusia lebih dari 60 tahun, pabriknya sendiri berada di Jakarta dan Bandung. Sedangkan 3 Durian melambangkan 3 orang pendiri perusahaan korek api di Indonesia.







Semur

emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


Quote:


Diubah oleh deadlyroots 11-01-2018 09:05
dubidabidu
fan.kui
hernawan911
hernawan911 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
66.6K
177
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan