AboeyyAvatar border
TS
Aboeyy
Peralatan yang Wajib Dibawa oleh Jungle Explorer
Spoiler for My Story:






Agan-Agan suka bertualang di alam bebas, terutama di hutan? Jika ya, benda-benda sederhana berikut ini wajib Agan-Agan siapkan. Kalau peralatan safety, tentu seorang penjelajah hutan lebih tahu apa yang harus dibawa. Karena itu, benda-benda yang Ane sarankan ini bukan sebagai sarana pengamanan, tapi lebih kepada alat untuk kenyamanan, atau sebagai alat emergencyjika terjadi hal-hal yang di luar dugaan.

Di samping itu, benda-benda yang Ane sarankan ini bentuknya kecil dan ringan, sehingga mudah dibawa dan manfaat sangat besar, namun sering terlupakan untuk dibawa.

Apa saja benda-benda itu? Cekidot Gan!


1. Ayunan Gantung (Hammock)



Benda ini wajib Agan bawa jika akan bermalam di hutan. Mengapa harus Hammock, karena bendanya kecil dan ringan, serta sangat praktis cara pemasangannya. Tinggal diikat pada dua batang pohon, selesai. Tidak ribet seperti memasang tenda/kemah. Di samping itu, tidur menggantung lebih aman dari binatang melata, ketimbang tidur dalam tenda di atas tanah.


2. Obat Nyamuk Semprot



Racun serangga (insektisida) semprot digunakan untuk mencegah nyamuk, lipan, serangga dan binatang-binatang hutan lainnya. Benda ini dapat disemprotkan secara melingkar pada area yang akan ditempati untuk istirahat / bermalam. Juga disemprotkan pada batang pohon atau pada tali Hammock untuk mencegah serangga atau binatang lainnya masuk ke dalam ayunan.

Di samping itu, tak ada salahnya jika juga membawa Lotion anti nyamuk untuk dioleskan ke bagian tubuh yang terbuka.


3. Korek Api



Benda yang satu ini kecil tapi sangat penting. Koreksi api dalam berbagai jenis dan bentuknya sangat diperlukan untuk menyalakan api, entah sebagai api unggun, memasak, atau bagi smoker untuk menyalakan rokok tentunya. emoticon-Big Grin Tapi jangan digunakan untuk membakar hutan ya Gan! emoticon-Big Grin Yang terbaik adalah korek api dalam bentuk gas, agar mudah dinyalakan walau dalam cuaca lembab.


4. Golok



Bawalah golok yang berukuran sedang yang panjangnya sekitar 20-30 cm yang memakai sarung, sehingga mudah dibawa dengan digantungkan di pinggang. Alat ini banyak kegunaannya, seperti untuk menebas rumput, memotong ranting-ranting kayu yang menghalangi jalan, dan bisa juga sebagai alat pertahanan diri terhadap bahaya yang menghadang.


5. Kompas



Ini adalah alat navigasi jika Agan tersesat atau lupa jalan pulang. Bisa pula sebagai penunjuk arah kiblat bagi Muslim yang ingin mengerjakan shalat. Terserah mau kompas yang manual atau yang sudah berbentuk digital, seperti GPS atau aplikasi lainnya. Tapi kalau menggunakan yang digital seperti GPS, pertimbangkan ada tidaknya jaringan internet di lokasi yang dituju.


6. P3K / Obat-obatan



Jika terjadi hal yang tak diinginkan, peralatan ini bisa dijadikan sebagai pertolongan pertama. Sediakan obat-obatan ringan seperti minyak angin, obat sakit kepala, demam dan obat-obat analgesik (penahan rasa sakit) lainnya. Jangan lupa pula bawa antiseptik dan perban untuk penanganan luka, misalnya karena tertusuk/tergores duri.


7. Doa-doa



Terakhir jangan lupa peralatan spiritual berupa doa-doa sesuai kepercayaan agama masing-masing. Yang namanya di hutan, kadang sering terjadi hal-hal yang di luar dugaan, seperti angin ribut, hujan, dan sebagainya. Terlebih lagi, kadang di hutan sering diganggu oleh makhluk-makhluk tak kasat mata yang ingin berkenalan. Karena itu, doa-doa ini sangat penting untuk disiapkan.(*)
******


Spoiler for Referensi:
Diubah oleh Aboeyy 19-03-2020 11:50
4iinch
4iinch memberi reputasi
1
13.7K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan