Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
Ternyata Dulu Ada Pos Jaga Monyet di Jakarta Gan!


Kali ini, ane dan Agan mthayayaya naik Bus Wisata #JakartaExplorer dari halte Museum Nasional dan menuju ke arah Istiqlal. Pertama-tama, kita nunggu sekitar 15 menitan dan BW01 akhirnya datang! Untuk menuju Masjid Istiqlal, kita harus turun dulu di halte Museum Bank Indonesia dan nyeberang ke arah halte BNI 46 untuk ganti bus BW 03 menuju Istiqlal.

Di sepanjang jalan, guide yang ada di bus wisata menjelaskan sejarah singkat tempat-tempat yang kita lewati Gan. Cekidot nih!

Sawah Besar


Foto: The Jakarta Post

Hah sejak kapan di Jakarta ada sawah? Meski nama daerahnya Sawah Besar, tapi asal katanya adalah dari pohon buah sawo yang besar-besar dan banyak tumbuh di daerah sini Gan. Akhirnya lama-lama malah disebutnya sawah besar.

Masjid Kebun Jeruk


Foto: mesjidjamikebonjeruk

Berlokasi di Jalan Kebon Jeruk, Jakarta Pusat, masjid ini emang nggak terlalu mencolok bentuknya. Masjid ini adalah salah satu masjid pertama yang dibangun di daerah ini, yakni dibangun pada tahun 1786. Menurut guide dari Bus Wisata #JakartaExplorer masjid ini dibangun oleh imigran Tionghoa muslim Chan Tsin Wa dan istrinya Fatima Hwu. Bahkan di dalam masjid ini juga ada makamnya GanSist.

Fun fact: Nama masjid Kebun Jeruk ini diambil dari nama daerah ini yang dulunya banyak pohon jeruknya Gan.

Anak Sungai Ciliwung (Molenvliet)


Foto: Hipwee

Sepanjang perjalanan dengan Bus Wisata #JakartaExplorer nomor 01, Agan juga bakalan lewat di Jalan Hayam Wuruk di mana di tengah jalannya ada kali, alias anak Sungai Ciliwung. Kanal ini ternyata udah dibangun sejak tahun 1648, di mana saat itu masih di bawah pendudukan Kerajaan Sunda Kelapa. Di kanal ini dulunya ada banyak kapal yang bakal mengangkut rempah-rempah Gan. Ohya, awalnya saluran air ini dibangun sepanjang 3 kilometer dengan lebar 15 meter. Jauh beda sama sekarang ya lebarnya Gan?

Harmoni


Foto: naajmiwicaksono.wordpress.com

Tau nggak ternyata nama Harmoni itu asalnya dari nama tempat pesta dansa noni-noni Belanda Gan? Jadi di daerah ini dulunya ada tempat dansa buat golongan elit bernama Societeit de Harmonie tempat orang-orang kaya Belanda. Posisinya ada di Jalan Gajah Mada atau Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Barat.

Gedung BTN



Di kawasan Harmoni ada gedung bank BTN yang bangunannya unik Gan. Waktu itu banyak orang-orang yang nggak bekerja dan akhirnya dibangun pos jaga supaya mereka punya pekerjaan. Pos jaga ini dibuat untuk mencegah serangan perampok dan binatang liar masuk karena kawasan ini dulunya adalah hutan lebat yang masih banyak binatang liar. Ohya posisi pos jaga ini ada di dekat Societet de Harmonie Gan.

Fun fact: Nama pos jaga ini adalah Pos Jaga Monyet, untuk menjaga supaya monyet liar nggak masuk ke kawasan pesta dansa

Patung Hermes


Foto: detikTravel

Pernah tau Hermes? Bukan merk tas mahal itu Gan, tapi Hermes adalah nama dewa di mitologi Yunani. Ternyata di jalan Harmoni tepatnya di jembatan ada patung Hermes.

Fun fact: Patung Hermes di Harmoni ini hanya replikanya aja, patung aslinya ada di Museum Fatahillah Kota Tua Gan.

Gedung Singer



Foto: Flickr

Ini dia merk mesin jahit legendaris Gan. Mungkin Agan nggak ngeh ya, tapi gedung Singer yang ada di kawasan Harmoni ini adalah gedung bergaya kolonial ini dibangun pada tahun 1938 Gan. Kalo jaman dulu, mesin jahit itu jadi barang yang wajib di rumah loh. Agan masih punya nggak?


Foto: Kuliner Jakarta Maknyus

Sebenernya BW 01 ini ada jalur wisata malam yang bakalan berhenti di Pecenongan Gan. Tapi karena ane siang-siang jadi cuma ngelewatin aja.

Quick fact: Nama Pecenongan diambil dari kata Cenong alias orang-orang Cina. Kalau malam hari, tempat ini berubah jadi surganya wisata kuliner. Jaman dulu, orang Cina yang mau ke Pasar Baru biasanya makan dulu di kawasan Pecenongan ini Gan.


Foto: The Independent

Jalan-jalan di Jakarta ternyata seru juga loh Gan. Udah GRATIS, dapet ilmu baru plus bisa keliling Jakarta dengan bus tingkat ini. Agan ada yang udah pernah coba belum naik bus tingkat keliling Jakarta?

Pengen tau rute bus tingkat wisata #JakartaExplorer Gan? Cekidot aja di siniGan!

:tepuktangan

Baca thread ane yang lain di sini
Diubah oleh thatwasfun 05-02-2018 06:24
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
16.4K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan