Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anotherdaytoseeAvatar border
TS
anotherdaytosee
Mi Gomak, Spageti Nikmat Ala Batak
SPORTOURISM – Banyak yang menyebut mie ini sebagai spageti ala Batak Toba. Bentuk mienya memang mirip dengan spageti khas Italia, namun rasanya? Sangat Indonesia!

Mi Gomak adalah makanan khas daerah tanah Batak Toba, meliputi semua wilayahnya termasuk Sibolga dan Tapanuli. Sebagai makanan tradisional Sumatera Utara, hidangan ini memiliki cita rasa khas Indonesia.

Bahkan mie ini banyak yang menyebutnya sebagai Spageti Ala Batak. Karena bentuk mienya yang ramping dan panjang seperti lidi, membuat hidangan ini sekilas mirip spageti.

Bukan Indonesia namanya, jika hidangannya tak bercita rasa pedas. Mi Gomak ini pun punya rasa pedas yang menggoyang lidah.

Mi Gomak, Spageti Nikmat Ala Batak


Mie ini sangat mudah dibeli di warung pinggir jalan di Sumatera Utara. Rasanya yang khas mampu membuat wisatawan pun penasaran. Apalagi, Mi Gomak ini punya resep khusus turun temurun dan bumbu andaliman.

Memasak Mi Gomak juga punya tata cara sendiri. Karena selain takaran bumbu yang harus pas, cara memasaknya pun biasanya menggunakan tungku tradisional. Maksudnya, agar membuat aroma bumbu lebih keluar pada mie.

Rasanya sangat rempah-rempah dan cenderung pedas. Sebab bahan dasarnya terbuat dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, merica, kunyit, dan beberapa bumbu lainnya termasuk andaliman. Bisa dimakan seperti mie goreng atau kuah.

Sementara asal nama Mi Gomak, karena dalam pencampuran bumbu dan mie awalnya dilakukan dengan tangan atau digomak.
0
808
5
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan