monprodonAvatar border
TS
monprodon
Iseng-iseng Buka Bisnis Laundry Ternyata Gampang-gampang Susah


Hai wong kito galo, aku di sini cuman mau berbagi pengalaman aja tentang usaha laundry aku yang Alhamdulillah sudah jalan dan omzetnya lumayan sangat. Aku sengaja tulis di sini siapa tau bisa jadi inspirasi lainnya yang masih begawe sama orang lain dan ragu-ragu untuk memulai usaha.

Selama ini aku bekerja di rumah sebagai Ibu Rumah Tangga, makin lama makin bosan berasa gak produktif. Sempet kepikiran ingin buka usaha aja begawe sendiri, anak juga udah 3 rasanya kalo cuman mengandalkan penghasilan suami hanya pas-pasan.
Akhirnya aku kepikiran untuk buka usaha laundry kiloan aja, mudah, cepet balik modal juga. Sekarang lagian orang-orang juga udah pada males nyuci apalagi mahasiswa & karyawan kosan mending nyuci di laundry. Awalnya niat yang mudah aja buka laundry lewat franchise, eh yang ada malah jadi mahal banget modalnya gak sanggup emoticon-Big Grin

Pemilihan Lokasi

Kebetulan aku tinggal di daerah Sekip, masih nimbang-nimbang antara sewa ruko atau buka di rumah saja. Jadinya iseng-iseng aja lihat harga sewa ruko Sekip Simpang di deket rumah. Mayan juga sewanya, akhirnya suami nyaranin buka aja dulu di rumah biar masuk budget. Kalo misal udah ada omset bisa sewa nantinya lebih besar. Jadinya aku mutusin buka di rumah dulu.

Keluar Modal

Ini sih yang jadi PR modalnya darimana, hahaha. Jadinya aku jual mobil & pinjem orang tua dulu. Sambil baca-baca thread di Kaskus juga tentang usaha laundry kiloan aku udah ngelist kira-kira beli apa aja nih. Ini list barang-barang penting buat modal buka usaha laundry:

• 2 mesin cuci frontload
• Garment steamer
• Dryer gas listrik
• Setrika
• Deterjen
• Ecoball (ternyata ini ngebantu banget ngurangin biaya operasional deterjen)
• Softener
• Plastik bening
• Brosur
• Papan setrika
• Keranjang baju

Untuk mesin cuci Iseng-iseng aja aku nyobain jasa antar GO-BOX buat angkut barangnya ke rumah. Ternyata GO-BOX menyediakan banyak jenis truk pilihan ada pikap bak & box, biar aman mesin cucinya takut hujan & debu aku pilih pikap box. Yang paling penting GO-BOX juga meyediakan asuransi untuk keamanan barang, jadi gak perlu khawatir akan keamanan barang.

Sebelumnya aku memang udah punya asisten rumah tangga jadi gak perlu khawatir bakal kuras tenaga nerjain sendirian, tapi pas kesini-sini load semakin nambah keteran juga. Akhirnya aku nyari karyawan lagi, nego-nego gaji akhirnya dapet asisten cuci dengan fee 600rb/bulan.

Jasa laundry aku pasang tarif 5000rupiah/kg, sehari minimal kurang lebih dapet 20kg/hari. Promosi masih sebatas lewat brosur yang dikasih ke rumah-rumah sekitar.



Itu aja sih yang ingin aku cerita, Alhamdulilah omzet dari laundry rumah aku lumayan banget buat nambah-nambah pemasukan keluarga. Emang usaha aku masih kecil tapi yang terpenting sekarang harus tetep komitmen & konsisten ngasih pelayanan yang baik. Insya allah kalo dananya mencukupi mau buka cabang di ruko. Kedepannya juga aku ada rencana laundry ini bisa antar jemput rumah, tapi masih atur budget dulu. Doain aja GanSis semoga usaha aku bisa terus lancar dan semakin besar. Kalo ada Agan & Sista yang punya usaha laundry boleh share-share pengalaman di komen, siapa tau nambah ilmu bisnis aku.

viensi
viensi memberi reputasi
3
41.4K
52
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan