fancewAvatar border
TS
fancew
Jakarta Bakalan Tenggelam 10 Tahun Lagi, Apa Solusinya?


Buat agan yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, pasti ngerasa kan kalau akhir-akhir ini sering hujan deras. Bukan cuma itu, bahkan ane ngerasa cuaca jadi makin ekstrem. Liat aja waktu awal bulan kan hujan badai terus banjir.

Jadi tiap tahunnya, dilansir dari The New York Times, kota Jakarta akan tenggelam lebih cepat dibanding kota besar lainnya di dunia. Penyebabnya bukan hanya pemanasan global, tapi kota Jakarta emang lagi tenggelam gan. Apalagi 97 persen wilayah Jakarta udah ketutup lapisan beton dan aspal.

Kok bisa?



Subsidence data courtesy of Irwan Gumilar of Geodesy Research Group of ITB | Satellite images via Landsat 5 and Landsat 8

Perubahan iklim atau pemanasan global

Hal ini emang nggak bisa dihindari, akibatnya level Laut Jawa meningkat dan cuaca di Jakarta jadi lebih eksrim gan. Gak percaya? Coba deh inget-inget ujan badai di awal musim hujan ini. Akibatnya, banjir di beberapa jalan protokol Jakarta.

Penggalian sumur ilegal

Ternyata gan, penyebab utamanya adalah penggalian sumur-sumur ilegal oleh para penduduk Jakarta. Akibatnya apa? Tetesan air pun mengaliri lapisan bawah tanah, tempat kota Jakarta berdiri, seakan-akan mengempiskan bantalan di bawahnya.



Bahkan sekarang hampir 40 persen wilayah di Jakarta udah ada di bawah permukaan laut. Contohnya nih daerah Muara Baru, yang ternyata udah tenggelam sekitar 4,26 meter dalam tahun terakhir.

Jadi, perubahan iklim di Jakarta sebenernya sama dampaknya dengan di berbagai belahan dunia lainnya. Tapi bedanya, di Jakarta itu ada "tsunami" buatan yang teradi karena pembangunan yang ditinggalkan, perencanaan yang kurang, hampir nggak ada saluran air/ selokan dan bahkan terbatasnya air tanah yang bisa diminum.



Menurut pakar hidrologi, kota Jakarta hanya punya waktu 10 tahun atau 1 dekade buat nahan supaya nggak tenggelam. Kalo nggak, utara Jakarta dengan jutaan penduduknya juga bakal tenggelam. Ngeri banget kan?

Gimana caranya supaya Jakarta nggak tenggelam?Jakarta harus menghentikan penggalian sumur dan menyediakan pasokan air bersih, membersihkan saluran air dan juga saluran pembuangan. Selain itu, kanal-kanal dan sungai yang tercemar pabrik kimia juga harus dibersihin.



Bahkan menurut Janjaap Brinkman, ahli hidrologi, proyel Giant Sea Wall atau tanggul raksasa dibangun emang buat menahan naiknya air laut. Tapi kalo berkaca dengan tingkat penurunan tanah sekarang, tanggul raksasa ini bahkan bisa ada di bawah laut di tahun 2030. Tapi gan, kalo menurut pengamat cuaca Ardhasena Sopalheuwakan, tanggul raksasa ini nggak perlu dibangun. Cukup dengan mengembalikan Jakarta Utara ke alam dengan menanam hutan mangrove dan meremajakan waduk yang ada di Jakarta.



Bukan hanya Jakarta yang tenggelam, tapi ibu kota Jepang, Tokyo juga tenggelam sedalam 3,65 meter sejak tahun 1990 gan. Tapi mereka berhasil membangun infrastruktur baru dan juga peraturan yang lebih ketat sehingga menjadi kota inovasi global.

Mungkin Jakarta bisa jadi kota di abad 21 kayak Tokyo di abad 20 untuk contoh pengembangan kembali kota urban.

Kalo menurut agan, solusi apa sih yang paling efektif? emoticon-Rate 5 Star

Sumur - Sumur
0
24.6K
254
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan