abee.Avatar border
TS
abee.
Tips sederhana supaya motor lebih irit bahan bakar!


Halo Gan Sistaaaah~


Baik motor matic, motor gede ataupun bebek tentu kita ingin agar bahan bakarnya lebih irit. Karena dengan keiritan bahan bakar itu tandanya budget kita akan lebih hemat.
Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk membuat motor kita baik matic atau manual memiliki pemakaian bensin yang lebih irit. Cara-cara ini memang terbukti bisa meningkatkan efisiensi motor anda, lantas apa saja langkahnya ?
Terus apa yang kita perlu lakukan agar bahan bakar motor lebih irit? Cekidot, Gan!



1. Membersihkan Karburator

Sistem karburator motor itu gak terlalu rumit, Gan. Bensin dari tanki langsung masuk ke dalam ruang pelampung. Dari pelampung bensin langsung dihubungkan dengan nozzle yang mengarah ke venturi.
Nozzle inilah yang perlu dibersihkan, karena lubangnya cukup kecil. Buat membersihkan karbu, kita perlu membongkarnya dulu, Gan. Terus kita bisa menggunakan bensin atau jika ada biaya beli carburator cleaner yang model spray karena akan lebih mudah untuk membersihkan lubang-lubang karbu.



2. Rutin Bersihin Busi Dari Kerak

Kerak yang ada pada area elekroda busi bisa bikin gangguan proses pengapian. Secara gak langsung bisa menyebabkan pemakaian bahan bakar meningkat karena proses ini menimbulkan tenaga mesin berkurang. Buat bersihin busi ini cukup gampang, buka busi motor pake kunci busi, terus sikat bagian massa dan amplas kerak yang menempel dibagian ujung busi. Kita juga bisa ngerendem busi di bensin untuk mempermudah pembersihan.



3. Setel ulang celah busi secara rutin

Celah busi ini merupakan jarak antara elektroda yang bermuatan listrik positkf dengan masa yang bermuatan negative, Gan. Kalo ada aliran listrik dengan tegangan tinggi pada elejtroda maka akan terjadi loncatan elektron yang berbentuk garis listrik. Garis listrik ini digunakan sebagai pembakar campuran bensin dan udara, namun besar kecilnya garis api bisa dipengaruhi oleh celah ini. Jadi kalo kita ngebersihin busi jangan lupa juga buat meriksa kondisi celahnya. Kita perlu bantuan feeler gauge semacam alat ukur ketebalan yang bisa mengukur celah apapun. Standarnya, busi motor ada di angka 0.8 hingga 1.0 mm.



4. Buat motor injeksi lakukan pembersihan injektor

Pembersihan injektor ini tujuannya supaya daya semprot injektor terjaga. Kalo gak dibersihin, mungkin akan terjadi penurunan fungsi injektor. Dampaknya emang gak terasa secara langsung, tapi ini mempengaruhi kinerja mesin, apalagi karena bahan bakar kita itu kualitasnya masih belum memenuhi standar EURO. Jadi pembersihan ini cukup penting buat dilakukan. Biasanya, pembersihan injektor dilakukan saat service dengan interval 10.000 KM. Biaya service ini juga masih terjangkau karena berkisar 50 - 80 ribuan per motor, Gan.



5. Lakukan penyetelan karburator agar selalu ideal

Pada motor jadul dengan sistem karbu, ada dua sekrup penyetelan. Buat nyetel idle RPM sama buat nyetel pasokan bensin ke ruang bakar, Gan. Di awal kita beli motor emang settingan ini masih ideal, tapi sekian tahun pasti bakal berubah. Pasti bakal ada perubahan untuk itu anda bisa melakukan penyetelan dua sekrup ini dengan interval 3 bulan sekali.



6. Gunakan dan ganti oli berkualitas secara rutin

Penggantian oli diperlukan karena daya lumas oli bisa berkurang seiring digunakan. Umumnya untuk proses penggantian oli, ada pada interval 3.000km untuk normalnya. Tapi ganti oli secara rutin juga sebaiknya dilakukan, gak perlu nunggi 3000km. Bisa sebulan sekali. kenapa oli mesin mempengaruhi boros tidaknya bbm? alasanya saat daya lumas oli berkurang pergerakan mesin tidal selancar sebelumnya. Jadi tenaga bakal terhambat, bensin yang jadi imbasnya. Oli motor itu beda dari mobil karena bukan cuma melumasi mesin tapi transmisi juga dilumasi dengan oli ini. Jadi pastiin oli yang akan kita gunakan itu sesuai dengan motor kita.



7. Pakai filter udara standar dan bersihkan secara rutin

Fungsi filter udara yakni membersihkan udara dari debu dan kotoran, Gan. Tapi banyak pemilik motor mengganti filter dengan merk aftersales dengan tujuan power mesin bertambah. Logikanya, semakin tinggi power mesin semakin banyak pula pasokan bensin yang dibutuhkan. Jadi kalo pengen lebih hemat bahan bakar, jadi pake deh filter udara original nya, sama jangan lupa juga buat jaga kebersihannya.



Nah, 7 hal diatas bisa agan lakukan supata bahan bakar motor agan bisa lebih hemat. Jadi, motor agan sekarang bisa nyampe berapa km/liter? Share di komen, Gan!
0
23.1K
139
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan