andrianushoAvatar border
TS
andrianusho
Harus Menyelam untuk Menyusuri Gua Cantik di Meksiko Ini

Via inspiredtodive.com



Menelusuri gua yang berada di daratan atau pegunungan merupakan hal yang sudah biasa dilakukan oleh para petualang. Nah, di Meksiko ada gua bawah laut yang mengharuskan kita menyelam jika ingin masuk ke dalamnya. Berani?
Spoiler for Gran Cenote, salah satu pintu ke Sistema Sac Actun:

Adalah Sistema Sac Actun, gua unik yang berada di Desa Tulum, Quintana Roo, 130 km dari Cancun, Meksiko. Disebut-sebut sebagai salah satu rangkaian gua terpanjang sedunia, Sistema Sac Actun panjangnya sekitar 215 km di dalam air. Guanya pun terhubung sampai ke laut, ke Semenanjung Yucatan.
Spoiler for Sistema Sac Actun:

Sistema Sac Actun pertama kali ditemukan pada tahun 2007. Gua ini ditemukan oleh seorang petualang bernama Stephen Bogaerts bersama temannya Robbie Schmitter, seorang penyelam profesional.
Spoiler for Sistema Sac Actun:

Saat mau memasuki gua, alat diving sudah harus siap. Setelah trekking, selanjutnya kita harus menyelam ke dalam air dengan peralatan diving. Airnya berwarna biru jernih, yang ternyata sudah merupakan air laut.
Spoiler for Sistema Sac Actun:

Karena Sistema Sac Actun terhubung ke laut, maka sebelum menjelajahi gua ini kita harus memiliki lisensi menyelam terlebih dahulu. Selain itu, diving di gua ini juga tidak boleh sendirian. Oleh karena itu, ada baiknya mengikuti paket diving yang ditawarkan oleh sejumlah operator tur yang ada di Meksiko sehingga dapat menyelam dengan ditemani oleh pemandu. Ada beberapa operator tur yang bisa kita hubungi seperti Cenotes Sac Actun, Go cavern Diving dan Xibalba Dive Center.
Spoiler for Sistema Sac Actun:

Saat memasuki air di guanya siap-siap terkesima dengan stalaktit dan stalagmit yang besar-besar! Rasakan airnya yang super dingin. Memang tidak ada ikan laut atau mahluk lainnya, tapi ada sensasi tak terlupakan saat kamu meliak-liuk di lorong gua.
Spoiler for Sistema Sac Actun:

Sayangnya, karena jarak yang terlalu jauh maka penyelaman di Sistema Sac Actun tidak sampai ke laut. Hanya sampai di beberapa titik saja, demi alasan keamanan dan keselamatan. Namun setidaknya, airnya yang merupakan air laut sudah cukup membuat kamu benar-benar berada di laut.


Baca juga:


0
4.3K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan