Poco.pocoAvatar border
TS
Poco.poco
Ustadz Abdul Somad, Bagaimana Kalau Bekerja Di Bank Riba?


Ustadz Abdul Somad dalam tausiahnya ditanya secara tertulis oleh Jemaah yang di Rahmati Allah terkait “Bagaimana dengan pekerjaan sebagai Pegawai Bank Konvensional yang sudah lama bekerja, Apakah penghasilan yang diterima untuk menafkahi keluarga diberkahi Allah dan bagaimana dengan amal ibadah juga diterima oleh Allah?”

Almukarrom Ustadz Abdul Somad menjawab pertanyaan yang disampaikan, menurut beliau pertanyaan yang cukup berat untuk dijawab. Dalam tanya jawab tausiahnya Ustadz Abdul Somad menjawab berdasarkan jika pertanyaan tersebut diajukan kepada Ulama Arab Saudi maka Ulama Arab Saudi Menjawab HARAM dan RESIGN.

Sedangkan jika ditanyakan kepada ulama Mesir, salah satu yang menjadi rujukannya jawaban oleh Ulama Prof. Dr. Yusuf Al Qordowi maka memberikan penjelasan bagi pegawai Bank Konvensional untuk mencari terlebih dahulu peluang untuk pindah pekerjaan yang sesuai syariat dan Halal.

Sementara dalam waktu usaha mencari pekerjaan baru berlakulah hukum darurat untuk memilih Mudhorat yang lebih ringan. Qias penjelasan mudhorat lebih ringan seperti kondisi didalam hutan yang sulit mendapatkan makanan untuk bertahan hidup.

Pilihan mati jika tidak makan atau ditemukan hanya memakan babi untuk bertahan hidup namun jika setelah mendapati makanan lain seperti pisang yang dibolehkan oleh agama, maka tinggalkanlah makan babi tersebut dan jatuh hukum haram jika dia memakannya.

Maka Syekh Yusuf Al Qordowi menjelaskan berusahalah berhenti dari pekerjaan sebelumnya dan berpindahlah ke pekerjaan yang lebih diberkahi (halal). Adapun riwayat pekerjaan dan penghasilan yang telah berlalu maka dengan memperbaiki niat yang baik menuju keridhoan Allah SWT.

InsyALLAH, Allah berikan pekerjaan yang layak serta memenuhi kebutuhan dan menjadikan kita sebagai hamba yang bersukur dengan kemajuan meningkatkan nilai ketaqwaan.

Sumber Waras

Ada benarnya

Lebih baik jadi pengangguran daripada makan uang gaji haram dan kagak selamat di Akherat

emoticon-Christmas emoticon-Bedug emoticon-Imlek
0
28.3K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan