BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Kereta bandara Soekarno-Hatta beroperasi

Refleksi calon penumpang kereta bandara menempelkan tiket masuk di Stasiun Soekarno- Hatta, Cengkareng, Banten, Selasa (26/12/2017)
Setelah melalui serangkaian uji coba dan evaluasi dari Kementerian Perhubungan, Kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai beroperasi secara komersial pada Selasa (26/12/2017). Tiket promosi Rp30.000 berlaku sampai peresmian pada 2 januari 2018.

Pada pengoperasian awal itu, kereta bandara baru akan beroperasi atau menaikturunkan penumpang di tiga stasiun, yaitu Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Batu Ceper dan Stasiun Soekarno-Hatta.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro mengatakan, harga promosi Rp30.000 karena masih dalam tahap uji coba agar masyarakat memberi masukan untuk pengoperasian penuh. Harga tiket resmi kereta rencananya dipatok Rp70.000 setelah diresmikan pada 2 Januari 2018.

"Sebagai pelayanan publik kami harus kompetitif untuk mengurangi kepadatan lalu lintas," kata Edi melalui Antaranews.

Kereta bandara terdiri dari enam kereta per rangkaian yang bisa menampung 272 penumpang dan 42 perjalanan. Perjalanan dari Stasiun Sudirman Baru ke Kereta Bandara Soetta 55 menit satu kali perjalanan. Kereta berangkat rata-rata setiap 30 menit sekali.

Setelah beroperasi penuh, rute kereta bandara akan melewati Stasiun Manggarai - Stasiun Sudirman baru (BNI City) - Stasiun Duri - Stasiun Batu Ceper - Stasiun Soekarno-Hatta, dan begitu pun sebaliknya dari arah bandara.

Jadwal perjalanan paling awal dari stasiun Sudirman Baru pukul 03.51 dengan kedatangan di bandara 04.48. Sedangkan jadwal paling akhir dari Sudirman Baru adalah pukul 21.51 dengan kedatangan di bandara pukul 22.48.

Keberangkatan dari Bandara Soetta paling awal 06.10 dengan kedatangan di Stasiun Sudiman Baru pukul 07.06. Jadwal paling akhir dari Bandara Soetta adalah 23.10 dengan kedatangan di Stasiun Sudirman Baru 00.06.

Sementara untuk keberangkatan dari Stasiun Batu Ceper paling awal 04.31 kedatangan di Bandara Soetta 04.48. Keberangkatan paling akhir dari Batu Ceper pada pukul 22.33, sampai dengan Bandara Soekarno Hatta 22.48
Berikut jadwal Kereta Bandara dari stasiun sudirman baru (BNI city) dan stasiun Bandara Soekarno-Hatta. [URL="https://cumaKDOxvaJCK"]pic.twitter.com/AKDOxvaJCK[/URL]
— Angkasa Pura II (@AngkasaPura_2) December 26, 2017
Transaksi pembelian tiket kereta Bandara Soekarno-Hatta melalui sistem cashless atau non-tunai. Ada beberapa cara membeli tiket dari dan ke bandara Soekarno-Hatta.

Calon penumpang dapat membeli tiket dengan datang langsung ke stasiun Sudirman Baru, Batu Ceper, dan Bandara Soekarno-Hatta.

Tiket bisa dibeli di vending machine. Mesin tiket ini hanya melayani transaksi non-tunai dengan kartu debit atau kredit.

Di mesin itu, penumpang diminta memasukkan jadwal keberangkatan serta jumlah tiket yang dipilih. Penumpang juga diminta memasukkan nama, nomor ponsel, serta alamat surat elektronik. Waktu transaksi antara 1-2 menit. Jika berhasil, tiket kertas dan struk akan keluar.

Calon penumpang juga dapat membeli lewat aplikasi Railink di Google Play Store atau di Apple App Store. Pembelian lewat daring dapat diakses melalui laman Railink. Pembelian daring melayani pembayaran via internet banking dan Doku Wallet.
Antusiasme yang luar biasa dari para penumpang dan pengguna jasa bandara terhadap Kereta Bandara Soekarno-Hatta @CGK_AP2 integrasi skytrain dengan kereta bandara memudahkan pergerakan penumpang dan memberikan pengalaman baru. Anda Sudah mencoba kereta bandara? [URL="https://tetepQgtfkD8so"]pic.twitter.com/PQgtfkD8so[/URL]
— Angkasa Pura II (@AngkasaPura_2) December 26, 2017
Fasilitas penunjang yang dapat dimanfaatkan penumpang untuk mobilitas perpindahan antar-teminal setelah tiba di Stasiun Bandara adalah Sky Train atau kereta layang.

Sky Train di Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan beroperasi selama 20 jam sehari mulai pukul 04.27- 00.17. Jadwal menyesuaikan dengan jadwal kedatangan kereta di Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, KA bandara merupakan inovasi layanan kami dalam memberikan kepastian, kecepatan, dan kenyamanan penumpang saat tiba di Soekarno-Hatta.

"Kami berharap dengan adanya fasilitas-fasilitas baru ini dapat mengantarkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai salah satu bandara terbaik di dunia yang masuk di jajaran Skytrax bintang 5," ujar Awaluddin melalui Kompas.com.

Angkasa Pura II akan melanjutkan pembangunan kereta layang tahap II untuk dapat menyambungkan keseluruhan area bandara. Saat ini jalur kereta layang adalah terminal 1, terminal 2, Integrated Building dan terminal 3.

Nantinya, kereta layang terhubung dengan terminal 4 serta Sky Hub (commercial area) dan menuju kembali ke terminal 3 mengelilingi Bandara Soekarno-Hatta.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...tta-beroperasi

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Moreno mencuat, Prabowo tahan dulu

- Susul Amerika, Guatemala akan pindahkan kedutaan ke Yerusalem

- Korea Utara minta AS hentikan permusuhan

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
10.4K
88
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan