Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fellie.ashAvatar border
TS
fellie.ash
KISAH BERUANG, RUBAH DAN KUCING HUTAN
Suatu hari, di sebuah hutan di kota Mogsmoerdre, Beary si beruang betina sedang berjalan-jalan di sekitar hutan Mogsmoerdre. Si beruang berjalan-jalan sambil bernyanyi riang gembira. Hari ini dia dan Lynxette si kucing hutan sudah berjanji akan memanen pohon ceri yang sudah mereka tanam beberapa bulan yang lalu. Tak berapa lama Beary telah sampai di rumah Lynxette.
Tok..tok..tok...

“ Knock-knock Lynxette.. apa kau di rumah ? “
Tak terdengar jawaban dari dalam rumah Lynxette. Beary mengetuk pintu rumah Lynxette sekali lagi.
“ Knock-knock... Lynxette... Spada... “

Tak terdengar jawaban lagi. Beary mencoba membuka pintu, namun pintunya terkunci.
“ Apa mungkin dia sedang berburu ya ? Ah sudahlah coba kucari di tengah hutan saja. “
Beary pun memutuskan untuk mencari Lynxette di tengah hutan. Siapa tahu, Lynxette sedang berburu hewan untuk makan siang. Atau mungkin saja Lynxette sudah menunggu di dekat kebun ceri. Beary terus berjalan menuju hingga ke tengah hutan, namun dia tak menemukan Lynxette , namun di sepanjang jalan menuju kebun cerinya di tengah hutan, Beary menemukan beberapa, oh, bahkan sangat banyak sekali biji buah ceri. Lalu, dia bertemu dengan Foxy si rubah yang sedang berbaring di bawah pohon oak.

“ Foxy ! “ sahut Beary menepuk bahu Foxy.
“ Astaga Beary, kau ini ! Mengagetkan aku saja ! “
“ Maaf, kawan. Apa kau lihat Lynxette pagi ini ? Aku dan dia sudah berjanji akan memanen buah ceri di kebun sebelah pohon maple dekat sungai Illzo. Tadi aku sudah ke rumahnya, tapi, ternyata sepi sekali. “

“ Ah, Lynxette ya ? “ sahut Foxy sambil berusaha mengelap ujung mulutnya.
“ Kau kenapa ? Mulutmu merah-merah begitu ? “
“ Ah, ini tadi aku habis makan bangkai kelinci. Tadi aku melihat Lynxette sedang memakan semua buah ceri, di pohon yang lebih kecil. “ katanya.
“ Apa ? Lynxette tega berbuat seperti itu ? “
“ Kau tahu, Beary, sebetulnya tadi aku berusaha menegurnya, tapi, dia bilang : masa bodoh dengan Beary ! Semua pohon ini aku yang punya ! Padahal, kau kan teman baiknya, masa kau tidak dibagi meskipun dia yang menanamnya..“
“ Astaga. Tega sekali Lynxette. Padahal kami menanamnya bersama-sama beberapa bulan lalu.“ sahut Beary .
“ Apa ? Teganya Lynxette.. dia serakah sekali. “
“ Baiklah, Foxy. Aku pergi dulu.. “
“ Hahahaha.. kena kau Beary.. padahal aku yang memakannya.. “ kata Foxy setelah Beary pergi.

Sementara itu, Lynxette yang baru saja bangun tidur, melihat ke arah jendela dan ternyata hari sudah sangat siang.
“ Astaga.. aku kan sudah berjanji dengan Beary untuk memanen buah ceri. “
Lynxette pun segera bangun dan bersiap-siap pergi ke rumah Beary. Sesampainya di rumah Beary, dia pun mengetuk pintu. Sesaat sebelum mengetuk, tiba-tiba Foxy melihatnya, kemudian dia berseru.

“ Lynxette ! Kau sangat terlambat untuk pesta buah ceri ! Tadi Beary sudah memakan semua ceri yang ada di pohon besar. Tadi aku bertanya, milik siapakah kebun ceri itu ? Dia menjawab : ini semua aku yang punya ! “
“ Apa ? Jadi dia sudah memakan semua buah ceri ? Kau tidak bohong, kan Fox ? “
“ Tentu saja tidak ! Apa betul, dia yang menanamnya ? “
“ Ya Tuhan, Foxy, kami menanamnya bersama-sama. Dan hari ini, kami akan memanennya, “
“ Wah, sayang sekali kau sudah diperdaya oleh Beary. Kau tahu, Beary sebenarnya sangat...serakah. “
“ Darimana kau tahu akan hal itu, Fox ? “
“ Yah... terlihat dari dia memakan semua buah ceri, kau tahu.. buah yang ada di pohon kecil itu turut pula ia bawa ke rumahnya, tadi aku pun tak diberi olehnya meski sebuah saja, “
“ Astaga, Beary kau jahat sekali... “ sahut Lynxette sambil berlari meninggalkan Foxy yang kini sedang tertawa terbahak-bahak.

*****
Di tepi sungai Illzo yang tepat berada di seberang kebun ceri, Lynxette melihat Beary sedang duduk terdiam di batang kayu yang sudah mati.
“ Beary.. Apa yang kau lakukan disini ? Tega sekali kau padaku ! “
“ Apa maksudmu ? Bukannya kau yang menghabiskan semua buah ceri yang ada di pohon kecil ? Lalu mana buah yang ada di pohon yang besar ? “ tanya Beary.
“ Kau memang serakah, Beary ! Kau habiskan semua buah di pohon besar, lalu kau bawa semua yang ada di pohon kecil, sekarang kau menuduhku juga ? “
“ Sudahlah, Lynx. Mengaku saja. Aku takkan marah-marah. “
“ Kau yang seharusnya mengaku, Beary. Bukan aku ! Aku baru saja bangun tidur ketika kutahu hari sudah sangat siang. Lalu ketika aku akan mengetuk pintu rumahmu, aku diberitahu Foxy jika kau sedang memakan semua buah ceri, dan kau bawa juga buah yang ada di pohon kecil. Aku tak menyangka kau sangat licik, Beary. “
“ Apa yang kau bicarakan ? Sedari tadi aku disini, aku bahkan tak membawa kantung buah satu-satunya, yang justeru masih tertinggal di rumahmu saat kita memanen buah jeruk dulu. “
“ Apa ? Kantung buah ? Masih ada di rumahku ? “
“ Kau jangan pura-pura tidak tahu. Ayo kita ke rumahmu. Kita lihat kantung buah milikku. Pasti sudah penuh terisi buah ceri dari pohon besar. “
“ Jangan menuduh sembarangan, Beary. “

Mereka berdua pun berjalan menuju rumah Lynxette. Beary dan Lynxette segera mencari kantung buah yang dimaksud oleh Beary. Tak berapa lama benda itu ditemukan di dekat dapur, dan ternyata kosong, tak ada apapun selain daun jeruk yang sudah berubah warna menjadi hitam.
“ Kau lihat, bahkan kantung buahnya hanya terisi daun jeruk kering, silahkan kau cari seisi rumahku. Bila kau temukan satu saja biji ceri yang masih basah, berarti memang aku pelakunya. “
Beary lalu mencari ke semua sudut di rumah Lynxette dengan sangat teliti. Namun tak ditemukannya apa yang ia cari.
“ Bagaimana, Beary ? Apakah ada cerinya ? “
“ Tidak ada, Lynx. Tapi kutahu satu hal. Ayo ikut aku. “
“ Kemana ? “
“ Sudahlah, jangan cerewet. Ayo ikut saja. “

Kemudian Beary dan Lynxette keluar rumah, menuju ke sungai Illzo dan menemukan Foxy sedang memakan beberapa buah ceri yang tersisa dari pohon besar.
“ Hai.. Foxy. Sedang apa kau ? “ tanya Beary.
“ Aku sedang memakan buah ceri.. “ kata Foxy sambil tetap memakan buah ceri.
“ Bolehkah kami memintanya ? “ tanya Beary lagi .
“ Enak saja kau.. Aku sudah bersusah payah mengambilnya tahu, lagipula aku sudah mengingatkanmu kan, tadi. “ Foxy menjawab sambil menoleh ke arah sumber suara. Seketika Foxy tercengang.
“ Eh, kalian rupanya.. “
“ Jadi kau yang memakan semua buah ceri milik kami ? Tega sekali kau, mengambil semua buah ceri itu lalu mengadu domba kami. Enak saja. Ayo, Lynx. Kita adukan kepada Abner, kalau anggotanya ini berani mencuri buah ceri ! “ sahut Beary.
“ Bawa saja Foxy pada Abner. Akupun tadi melihatnya memakan semua buah ceri milik kalian. Aku sudah mengingatkannya, namun dia tetap bersikeras memakan semua buah ceri itu. Bahkan, ketika kami mau meminta bijinya saja tidak boleh. “ tiba-tiba Phionnie si burung Phoenix datang bersama Albo si burung gereja.

“ Ada apa ini ribut-ribut ? “
Ternyata Palpond si gajah.
“ Ini, Foxy sudah lancang mengambil semua buah ceri yang susah payah ditanam oleh Beary dan Lynxette, kemudian dia mengadu domba mereka berdua supaya bermusuhan. “ kata Albo.
“ Ayo, langsung saja kita bawa pada Abner. Aku juga tahu jika Beary dan Lynxette yang menanam pohon ceri di sebelah pohon maple itu, karena saat itu akulah yang membantu mengambilkan air untuk menyiraminya, “ sahut Palpond.
Wajah Foxy terlihat pucat pasi di sepanjang perjalanan menuju perbukitan Geoffs. Dia sangat takut pada Abner, pimpinan kawanan para rubah di perbukitan Geoffs. Setelah sampai, mereka meminta ijin kepada penjaga untuk bertemu dengan Abner. Tak lama, Abner pun datang menghampiri mereka.

“ Hai, Palpond, Phionnie, Albo, Beary dan Lynxette. Dan... Foxy ? Kenapa kau ? “
“ Ini Abner, Foxy telah mencuri semua buah ceri yang sudah susah payah kami tanam beberapa bulan yang lalu. Kemarin aku dan Beary telah bersepakat jika hari ini kami akan memanennya. Saat Beary ke rumahku, aku masih tidur karena aku kelelahan mengurus anakku yang sedang sakit. Tahu-tahu Foxy sudah mengadu domba kami, dia bilang pada Beary jika aku yang memakan buah ceri itu begitu juga sebaliknya. “ kata Lynxette.
“ Benar sekali itu Ab, aku tadi juga melihatnya ketika ia melahap habis semua buah ceri itu. Bahkan aku meminta bijinya saja tidak boleh, padahal aku dan Albo lapar sekali. “ timpal Phionnie.
“ Yang dikatakan mereka semua benar, Ab. Aku juga tahu saat Beary dan Lynx menanam pohon ceri itu, karena akulah yang membantu mereka menyirami pohon ceri itu karena rumahku yang paling dekat dengan sungai Illzo, “ sahut Palpond menambahkan.
“ Benar itu, Fox ? “ tanya Abner.
“ ........Ya, tapi... Aku lapar, “ kata Foxy.
“ Tapi kan kau bisa minta ijin terlebih dahulu pada kami ! Kalau tidak tahu, setidaknya setelah kau makan beberapa, baru kau katakan pada kami ! Jangan malah mengadu domba, Fox ! “ kata Beary.

“ Sudah, sudah. Fox, sebaiknya kau minta maaf pada Lynx dan Beary. epat ! “ perintah Abner.
“ A... Aku minta maaf pada kalian semua ya, aku akui jika aku bersalah. Aku minta maaf .“ sahut Foxy.
“ Tidak bisa begitu, enak saja ! “ kata Beary.
“ Bear, kumohon, untuk yang pertama dan terakhir, “ sahut Abner.
“ Lynx ? “ tanya Beary.
“ Ya sudah, kami maafkan. “ sahut Lynxette mewakili.
“ Dan, Foxy. Kau tidak cukup hanya meminta maaf. Sekarang juga kau kembali ke kebun ceri itu, tanam beberapa biji ceri. Ambillah empat atau lima biji, lalu kau tanam. Nanti hasilnya bisa kita makan bersama-sama. Dan kau juga harus menyirami dan memberi pupuk setiap hari. Sanggup ? “ kata Abner.

“ Baiklah, Ab. Kurasa aku akan melakukannya sebagai pertanggungjawabanku pada Beary dan Lynxette. “ kata Foxy.
“ Baguslah kalau begitu. Ya sudah, sebagai permintaan maafku juga, kebetulan kami tadi membawa pulang beberapa ikan dan buah-buahan. Kalian bisa ikut makan bersama kami. Ayolah, jangan sungkan-sungkan. “
“ Terima kasih, Abner. “ sahut Beary, Lynxette, Albo, Phionnie dan Palpond bersamaan lalu mereka masuk ke perbukitan Geoffs untuk makan bersama.
Diubah oleh fellie.ash 24-12-2017 06:30
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
2.3K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan