anotherdaytoseeAvatar border
TS
anotherdaytosee
Bubur Bukan Hanya di Indonesia, Empat Negara ini juga Punya
SPORTOURISM - Salah satu menu sarapan yang biasa dikonsumsi adalah bubur. Makanan yang terbuat dari beras dan dimasak hingga lembek ini, banyak disantap masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang lezat, tekstur bubur yang lembut juga mudah dicerna.

Bubur tidak hanya ada di Indonesia, di beberapa negara pun memiliki makanan serupa. Di mana saja?


Upma, India



Bukan hanya terkenal dengan kuliner serba kare-nya. Jika berkunjung ke India, jangan lupa mencicipi bubur khasnya. Upma namanya, yaitu terbuat dari tepung semolina dan dicampur dengan bahan rempah-rempah. Seperti biji moster, daun kari, jintan, kacang, garam, bawang hingga cabai hijau. Namun, jenis upma terbagi dua, yaitu yang diolah menggunakan santan. Ada juga bubur yang teksturya renyah.


Genfo, Ethiopia



Negara bagian dari Afrika ini juga punya bubur khas, dinamakan genfo. Terbuat dari tepung gandum dan terigu. Biasanya, genfo disantap untuk menu sarapan atau sebagai suguhan untuk para tamu di acara-acara tertentu. Oh iya, genfo sangat baik disantap oleh ibu hamil dan sehabis melahirkan karena dipercaya memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan.


Kasha, Rusia



Jika di Jepang biji soba biasa dijadikan tepung dan diolah jadi mi, lain halnya di Rusia. Panganan satu ini dibuat bubur, dinamakan kasha sebagai makanan khasnya. Warnanya agak kecoklatan, hampir mirip dengan santapan untuk bayi. Pertama, biji soba direbus dengan air atau susu hingga mendidih dan teksturnya jadi lembut. Untuk tambahan rasanya, beri sedikit garam dan mentega pada olahan pertama. Masyarakat Rusia, biasanya menambahkan bawang putih goreng atau susu sebagai pelengkapnya.


Polenta, Italia



Kemudian, Polenta dari Italia. Jika dilihat sekilas, mirip dengan bubur jagung dari Indonesia. Memang, bahan dasarnya adalah sama, yang digiling hingga halus. Setelah itu, biji jagung direbus dengan tambahan air dan garam. Jika tekstur plenta sudah menyerupai krim, artinya makanan ini sudah siap diangkat. Supaya lebih nikmat, tambahkan toping, seperti daging, sayur, ikan atau buah-buahan.


Diubah oleh anotherdaytosee 25-12-2017 01:23
0
20K
180
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan