c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Hobi Bermain Catur Tak Lekang Oleh Zaman






Dalam artikel kali ini ijinkan saya membuat artikel tentang kaskus creator thread competition yang berkaitan dengan hobi.



Siapa yang bisa main catur ngacung ?? Pastinya bila hoby sang calon mertua bermain catur, hendaklah kalian mengimbanginya setidaknya belajarlah caranya olahraga seni otak ini, dipastikan sang camer kalian akan tersenyum mendapatkan teman bermain.

Hobi memang menjadi kendala bagi orang yang tak suka kegiatan itu, namun bila yang suka pastinya penasaran dan betah berlama-lama dalam menekuni hobinya.



Catur memanglah sebuah permainan yang paling dihindari banyak anak muda jaman now, maklum saja permainan ini butuh strategi yang lihai untuk menjatuhkan sang lawan, karena di saat ini banyak game dengan genre strategy yang memanjakan user, namun ternyata di tengah gempuran game strategy dengan visual 3d, nampaknya catur tak lekang oleh zaman, karena permainan yang sudah ada dari zaman lampau ini tetap mengasyikkan, bahkan para penghobi pun semakin banyak hingga ada kejuaraan dunia untuk permainan yang satu ini.

Catur dalam pandangan orang jawa berarti dapat diartikan angka 4, yah permainan ini dimainkan pada papan yang memang terdiri dari 4 sudut dan mempunyai 64 buah kotak di dalamnya, dan 32 buah catur terdiri dari pion, benteng, kuda, patih, mentri dan raja.



Permainan ini sudah sangat tua umurnya, sejak zaman dimana Negara-negara masih dalam bentuk kerajaan. Tidak salah jika permainan ini merupakan manivestasi dari simbol kerajaan dalam setiap bidak catur yang dimainkan, karena ahli strategi masa itu suka bermain catur. Permainan ini awalnya dikenal berasal dari India zaman kekaisaran Gupta sebelum akhirnya di populerkan oleh bangsa eropa pada permulaan abad 19. Namun catur dalam bahasa inggris sendiri disebut chess yang diambil dari kata shah asal bahasa Persia.

Permainan ini tidak semua orang bisa memainkannya dengan baik ya kawan. Oleh karena itu ada tingkatan level yang menunjukkan keterampilam catur di dunia Internasional. Dimana FIDE yang merupakan organisasi Catur dunia memberikan gelar Grandmaster (GM) bagi laki-laki, dan Grandmaster wanita (GMW) bagi perempuan. Bahkan di Indonesia sendiri, PERCASI (Persatuan Catur Indonesia) juga memberikan kelas kelas nasional Master Nasional (MN), dan Master Nasional Wanita (MNW).

Karena seni bermain catur harus bisa menebak langkah lawan ketika kita menjalankan sebuah bidak, bahkan 2-3 langkah lawan harus bisa kita prediksi ketika salah prediksi bisa-bisa kita tak memenangkan pertandingan, atau remis/seri.



Di dalam bermain catur memang ada manfaat yang bisa diambil namun jangan lupa ada juga efek negatifnya.

Hobi catur pastinya akan membuat IQ anda merangkak naik, anda akan bisa berfikir lebih cepat untuk menentukan strategi yang tepat di dalam kehidupan, tak hanya itu kesabaran anda pun akan diuji disini dengan menunggu strategi yang pas untuk memulai penyerangan, namun hal ini bisa juga di applikasikan pada kehidupan. Banyak memang manfaat yang bisa kita ambil dari hobi ini, namun sayang di balik manfaat pastinya ada sisi negatifnya juga.



Dengan kecerdikan anda, pastinya ego anda akan naik, bahkan strategi yang anda jalankan bisa disebut sifat licik, bila terprogram di dunia nyata sifat ini bisa membahayakan juga, pastinya seorang ahli strategi akan mengorbankan banyak pion agar tujuan skak mat tercapai. Bayangkan bila strategi ini di applikasikan pada kehidupan berapa banyak kawan dan anak buah jadi tumbal untuk merebut kekuasaan.



Tak hanya itu sifat introvert pun akan muncul, karena permainan ini sering dimainkan dalam keadaan yang sunyi dan sepi dari hiruk pikuk penonton.

Namun yang pasti dari permainan ini, anda akan menjadi sosok yang ahli strategi yang handal, dan daya ingat serta otak anda akan terasah menjadi seorang pemikir yang punya banyak jurus jitu untuk menaklukkan lawan.

Sebelum anda memulai hobi ini hendaklah ditemani secangkir kopi, maklum saja bisa sampai larut malam kalau sudah kecanduan hobi yang satu ini.

Yukk ahhh srruuppuutt dolo kopinya kawan.

emoticon-coffee

Penulis c4punk








Diubah oleh c4punk1950... 21-12-2017 12:00
delia.adel
delia.adel memberi reputasi
1
20.4K
177
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan