CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pengalaman Menghubungi Customer Care Tokopedia Yang Respon nya Sangat Payah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57761aca5a5163fb218b456c/pengalaman-menghubungi-customer-care-tokopedia-yang-respon-nya-sangat-payah

Pengalaman Menghubungi Customer Care Tokopedia Yang Respon nya Sangat Payah

Tampilkan isi Thread
Halaman 12 dari 13
Mau nanya, apakah agan2 ada yg pernah komplen datang langsung ke kantor tokopedia? Misal lapor lwt email,fb,twitter ga di jwb2 akhirnya dtg langsung ke kantor pusatnya toped gt.
Wah ga profesional ya gan. emoticon-Marah
ane males beli beli onlen gini bre, agak ngeri juga emoticon-Takut
Ane sdh bayar, tapi di batalkan duit juga gk balik ke saldo, dan komplain sampai 6 cs berbeda, jawabannya kek robot semua,, telpon gk pernah di angkat, isi tiket di bantuan, robot juga aiiih
Yang baru aja ada masalah, karena Toped nyelesaikan masalah pakek Sosmed macam Facebook, maka banyak penipu yg mengatas namakan Toped langsung menghubungi member2 yg nulis di wall, pake logo dan id Tokopedia, nanya email, no hp sd password. Member2 yg gak ngerti ya njawab dg jujur, dipikir CS toped asli. Akibatnya ya langsung kena bajak tuh akun plus uang di dalamnya.
Ada member yg udah laporin ini ke Polda Metro Jaya, yg ada divisi Cyber Crimenya, sepertinya lagi di proses.

Kalo sekelas Toped itu kudu pake Chat Box Online yg private CS-nya, Dan harus udah dibuat dari dulu. Lihat aja lama2 juga ketinggalan kalau gak mau update perkembangan. Apa yg dibutuhkan Seller maupun Buyer dalam e-commerce, terutama dlm hal keamanan dan kecepatan penyelesaian masalah2 itu yg harus jadi perhatian utama Toko Online
Diubah oleh tali_sandal
saya juga baru mengalami masalah beda hitungan , pengaduan lewat email , sudah 6 cs semua jawab nya asal dan ga nyambung sama permasalahannya ....GILE aja
CS pertama Enda , Ishaq , Mario , Ben , Femy , Anggi kacau semua
bener kalau ketemu masalah repot pisan
di indo, ecommerce itu tergolong baru, masih banyak kekurangan sangat parah disana sini, dalam hal ini contoh tokopedia, untuk situs sekelas SENSOR yang urutan nomor 6 di indonesia (alexa.com) sangat jauh kualitas nya, contoh: telpon aja nggak dicantumin, masih mau ngarep live chat? kalo yang urusannya urgent kaya TS gini gimana? contoh 2: pengiriman yang pake sistem same day servicenya, namanya aja udah same day service, berarti user yang emang mau menggunakan ini berarti emang bener2 butuh same day untuk barangnya, katanya batas pickup sampai jam 4 sore, tapi ane sering banget seller udah order dari jam 1 siang tidak di pickup, istilahnya baru belajar jalan udah mau naik motor
Dulu dana nyangkut 12jt di tokped, dateng ke office nya di slipi, debat dr staf ke spv, sore bisa langsung dicairkan
Best solution ya memang hadepin langsung
cukup di jadikan pelajaran aja bro
layanan pengguna di tokped sebenarnya udah ada, cuma di ane kadang error gak bisa dibuka, kadang bisa seringnya malah gak kebuka, loading mulu Memuat Data ... gak kelar. Lebih sering error daripada berfungsi,
Quote:


boleh minta emailnya gan.. ane nyari email tokped semuanya balasannya sudah tdk digunakan lg
Quote:


mana gan ane minta email tokped yg aktif.. bingung emailnya sudah tdk digunakan lg
manajemennya yg payah :nyantai
wah kejadian nih di ane barusan, udah bayar tapip dianggap blm bayar. toped kagak ada no telp yg bisa dihubungi, fesbuknya di message kagak dijawab, parah kalo belanja barang mahal disini bahaya emoticon-Najis , mendingan bukalapak atau lazada aja lah.
oh iya gan, jadi ini kantor toped yg bener dimana nih, kayak siluman kalo di google kantornya banyak bener, ngk jelas yg mana krn ngk ada no telpnya. Ane mau samperin itu kantor, kampret bener. emoticon-Hammer (S)
iya taik nih tokped.. dapet suntikan dana 14 trilyun tapi kualitas CS nya kayak kentut emoticon-Big Grin

Tokopedia yang MENJADI BODOH dan MENGECEWAKAN

Tokopedia yang MENJADI BODOH dan MENGECEWAKAN,

Saya sebagai seller ttmshop merasa sangat kesal dan kecewa kepada pihak tokopedia mengenai masalah di pusat resolusi dengan transaksi : INV/20180124/XVIII/I/130787120 , produk : EZcast WiFi Display Receiver Dongle.

Masalah adalah buyer yang mengada-ada membuat komplain dengan menyatakan produk yang diterima rusak. Dengan disertai foto bukti yang katanya produk tersebut di layar tv buyer warnanya biru saja.

Tapi waktu awal komplain di pusar resolusi, buyer tidak mengatakan hal seperti itu, melainkan produk yang diterima lecet2.

Lalu panjang lebar, seller jelaskan bahwa barang tersebut tidak sedemikian yang buyer katakan. Dan buyer bersikeras tidak mau kirimkan barang tersebut dikarenakan tidak mau menanggung ongkos kirim bolak balik, sampai akhirnya kami negosiasikan dan buyer nyerah mau kirim produk tersebut kembali ke seller.

Setelah sampai, langsung hari itu juga seller test produk tersebut. Ternyata tidak rusak sama sekali, seller juga sudah menyertai foto dan video lengkap bukti produk tersebut.

Hal yang mengecewakan timbul setelah pihak tokopedia membuat statement : Terkait bukti video, kami tidak dapat melihat apakah barnag yang digunakan merupakan barang yang direturkan pembeli kepada penjual.
Kalau memang sudah tidak percaya seller, kenapa dari awal minta bukti foto dan bukti kepada seller bahwa produk tersebut benar2 rusak ??
Kenapa tokopedia, tidak menanyakan hal yang sama kepada buyer sewaktu buyer mengirimkan foto bukti produk tersebut rusak, bahwa produk yang di foto buyer adalah bukan produk yang beli di toko seller.

Seller sudah rugi waktu banyak akan hal ini, menanggapi akan hal ini. Kalau produk yang seller kirim benar-benar rusak, mungkin seller masih terpaksa terima bahwa barang direturkan dan ongkos kirim balik barang returan tersebut seller yang nanggung, sekalipun dalam keterangan iklan seller sudah DIJELASKAN bahwa semua ongkos kirim baik pada saat beli atau retur, ditanggung sepenuhnya pihak buyer (Membeli = Setuju, gak mau bayar ongkir , jangan beli di toko seller).

Tetapi masalahnya adalah bahwa SELLER TIDAK SALAH, PRODUK YANG SELLER KIRIM TIDAK RUSAK SAMA SEKALI, APALAGI SELLER SUDAH KIRIM FOTO DAN VIDEO LENGKAP SEBAGAI BUKTI, BUKAN CUMA KATA-KATA SAJA. Tetapi tetap saja tokopedia malah seakan-akan menyalahkan seller, bahwa seller tidak mencoba produk yang sama seperti yang dikirimkan oleh buyer.

BODOH dan TIDAK PROFESIONAL sebagai Marketplace no.1 di Indonesia rasanya tepat dilayangkan kepada tokopedia dengan konteks masalah ini. Kenapa ?
1. Karena sudah tidak percaya kepada seller, tetapi masih meminta bukti kepada seller perihal produk yang dikirimkan buyer apakah rusak atau tidak.
2. Karena tokopedia tidak curiga dan menanyakan hal yang sama ke buyer, seperti kepada seller bahwa produk yang dikomplain apakah betul yang dibeli kepada pihak seller.
3. Tidak bisa mengkaji reputasi seller dan reputasi buyer di tokopedia selama ini, karena jelas-jelas reputasi buyer 0, tidak ada rekam jejaknya menggunakan pihak tokopedia. Sedangkan seller sudah lebih dari 4 tahun menggunakan jasa tokopedia.
4. Lebih memihak buyer daripada seller, tanpa mengedepankan nilai-nilai KEBENARAN dan BUKTI yang ada.

Benar-benar sangat mengecewakan tokopedia kali ini, semoga surat terbuka ini bisa sampai ke petinggi-petinggi tokopedia, agar bisa diperbaiki kinerja pekerja2nya menangani pusar resolusi dengan adil.
Jadi hati-hati berjualan di tokopedia, karena bukti foto dan video sudah tidak lagi menjadi acuan untuk seller.

Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Halaman 12 dari 13


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di