CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Debate Club /
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 2
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58e310655a5163e2548b456d/clean-anda-bertanya-quranist-menjawab---part-2

[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab

Tampilkan isi Thread
Thread sudah digembok
Halaman 426 dari 506
Quote:


1. uda gw tulis alesan nya .__.
yang mao dipekarain pan bukan ayat itu.
mending beresin ae cepetan.


2. minta link kitab yang bahas waw.
plis. gw sangat tertarik.
loe liat conto yang gw bawa,
apa loe bisa nolak tapsiran itu?


3. yang diya tanya wustha nya, bukan solat nya.
yang arti nya, pembahasan nya bakal panjang, padahal hasil ahir nya ga penting;
dengan bentuk pertanyaan kek gitu.

klo gw anggep ga penting,
ngapain gw bantu sundul??

Quote:

1. apanya mau di beresin juragan, sudah cukup beres koq. memang gaje topik yg di bawa ngallay, tentang pentingnya salat? apa salat berkaitan dengan syarat masuk surga? apa jaminan surga? apa kapling surga? .... juragan mau masuk ke logila ngallay yg mana?

2. coba aja tafsirkan menurut kisah riwayat saat ayat itu di turunkan dulu juragan. ketahuan masih berhubungan kisah RasulAllah yg diturunkan kepadanya Kitab ini sama kita menggunakan kisah tersebut untuk menafsirkan Kitab ini, lalu tafsirkan kata2 tersebut kepada ayat2 lain dalam Quran itu sendiri. bukan sok2an menolak2 kisah2 riwayat tentang Beliau, seakan2 bukan yg di turunkan Allah, ujung2nya malah mencabik2 huruf2, panjang pendeknya, kata maupun kalimat, lalu meninggalkan Quran bersandar ke kitab lexicon atau kitab2 lainnya yg bukan di turunkanNYA.

3. ya sudah deh juragan, kalau informasi dalam Quran walau itu hanya satu kata tidak penting dan patut juragan lupakan.
ane sdh menyampaikan, mengingatkan, ane tidak mau maksa, ane berlepas dari yg juragan kerjakan saja.

salam.
Quote:


1. uda gw jawab juga @_@"
masup sorga bukan karena solat, tapi karena dikasihani.
yegasik.
sala atu nya dengan mempersembahkan solat,
gitu pan yang mao loe sampein?!
maka bawa lah ayat solat, bukan bawa ayat firdaus.
bukan juga bawa ayat beriman.

conto:
solat --> dzikr.
solat --> al fahisya wa al munkar.
ga penting kenapa mesti solat.
yang penting loe mao solat,
pegimana cara nya yakan.


2. trims tip nya.
ditunggu koreksi sesuay protokol tersebut.
emoticon-Angkat Beer


3. wustha uda perna dibahas;
klo loe sempet baca emoticon-Smilie
hasil? ya.. gitu deh..
sama kek (loe Vs alay), mule nya uda sala.

saat arah uda sala,
kecepatan ga perlu diitung.
-mohandas gandhi-

Quote:


Bold = itulah anjuran dirikan komitment DAN tunaikan kesucian emoticon-Embarrassment

Fyi, dirikanlah komitment DAN tunaikan kesuciannya itu adlh anjuran utk ber-komitment sbgmn definisi komitment ente diatas.
Disitu jg ada kata "dan" kan?
krn mmg ber-komitment itu adalah 2 pekerjaan.
Pertama; niat/janji bersama, kedua; implementasi.

Neh Ane copas contoh masgan ya..:
ane berkomitmen utk jujur.
maka ane setiap saat seumur hidup ya mesti jujur. bukan cuman niat aja.
sekali saja ane berdusta pada 10 thn yg akan datang, maka komitmen ane udah gugur dgn sendirinya.

Blue berarti ; ente sdg melaksanakan "dirikanlah komitmen"

Red berarti ; ente sdg melaksanakan "kesucian" komitmen tsb. Yaitu dg bentuk kerja; berkata jujur disetiap perkataan kpd siapapun dan kapanpun.

Green berarti ; ente tdk mensucikan = gugur = yup, ente benar.

Bgmn ?emoticon-Smilie
Diubah oleh a.l.l.a.y
Quote:


Tarik ulur ini mmg sdh mjd sop baku bagi moyangers..emoticon-Smilie
Makanya mereka pada bingung sendiri, silih berbeda pendapat hingga saling hujat.

Hingga Suatu ayat yg jelas mengenai halal haram pun ditarik ulur dg bahasa indah bhw "saat haram bercampur halal maka haram dimenangkan"

Ane sih gak heran kalau hukum "dimenangkan" tsb bisa diterima semua (banyak) pihak.
Krn mmg sdh mrpkn sifat mayoritas manusia yg goblok dan tdk mau menggunakan akal selain hanya manggut2 mendengarkan toa.
Dan hal ini sdh Allah ingatkan melalui 2:170-171
Tetapi yaa.... namanya juga udah tertutup alias kafir emoticon-Embarrassment

Itu sj sebenarnya emoticon-Smilie
Quote:


baik. cukup bisa diterima.

terima kasih atas penjelasannya.

Quote:


terlepas dr urusan agama sekalipun, syubhat ini lebih dekat kepada kenyataan. justru mengingkarinya bisa disebut tertutup dr kebenaran alias kafir.

dgn tdk adanya bantahan berdasar AQ, gw tdk mengatakan quranist hanya mengenal hitam-putih (tdk mengenal bahkan menolak syubhat).

mkn personal alias lu sj yg kafir
Quote:


Sebutan kafir mmg menunjuk kpd mereka yg tertutup dari kebenaran.
Yg kmdian mereka cenderung mengada-adakan kebenaran versi mereka sendiri.
Contohnya ttg kebenaran "dimenangkan" yg sejatinya tidak sekalipun Allah pernah menghukumkan demikian.

Hal tsb telah diingatkan dalam 10:59
Tetapi begitulah kafir.. mereka cenderung tertutup dari sang kebenaran.

Saat ane sebut "mereka" itu hanyalah kata ganti obyek, namun dlm diskusi ini semua tentu faham bhw kata ganti ini sdg menunjuk personal alias ente aja

yg kafir emoticon-Embarrassment
Quote:


gw hanya menyampaikan bahwa syubhat lebih dekat dgn kenyataan (terlepas dr urusan agama sekalipun), dan itu lu ingkari. cocok dgn definisi kafir versi lu sendiri.

dan spt yg gw bilang sebelumnya, kl gw mau, mudah sj gw bawa dalil dr AQ. tp krn kesimpulannya sdh jelas, gw lihat percuma krn gw yakin AQ juga bakal lu ingkari, krn mmg spt itulah menutup diri dr kebenaran alias kafir itu
Quote:


Adalah jelas dlm post2 sblmnya ane bawakan ayat2 quran, namun semua itu ente anggap lalu.. bahkan cenderung larut dlm delusi syubhat lbh dekat dg kenyataan hingga mencoba berbelok lepas dari urusan agama dst..

Dari situ saja nampak jelas kesibukan syetan2 yg sdg membisik indah disekelilingmu pak tua...
Dan nampak jelas siapa yg sedang mengingkari quran.
Itulah yg disebut menutup diri dari sang kebenaran.. alias;

Kafir lu emoticon-Embarrassment
Quote:

1. benar semua karena Allah yg menetukan yang menetapkan.
ada firman Allah khan, Allah telah berfirman bagaimana masuk surga, secara umum kalau kita baca beriman dan beramal saleh atau beriman dan berbuat kebajikan
beriman itu bagaimana? ada lagi firman2Allanya kan, salat salah satunya
begitu juga berbuat kebajikan dan beramal saleh ada firman2Allah nya kan.
Janji Allah pasti dan tepat khan juragan, Dia tidak dusta, Sang Pencipta Alam Semesta.

2. ane minum aer putih aja yaa... sudah tidak ngebir.

3. hadits gandi malah dibawa tidak dingkari, hadits RasulAllah nya sendiri malah di ingkari dan di cela2, bukan juragan yaa... tapi para kurapnis emoticon-Cape d... (S) ckckck

Diubah oleh raneb
Quote:


silahkan bawakan ayat bantahan masalah syubhat
Quote:


So, apakah ini berarti masalah halal haram sdh klir?
Alias gagal ngecrott?
emoticon-Ngakak (S)

Well, okedeh..
Btw, Ada masalah apa dg syubhat ?
Jika maksudnya -anda masih terkukung dan ngotot pd klaim awal ttg "syubhat itu lbh dekat dg kenyataan" maka itu cukup ane ingatkan dengan QS.3:7

Ayat tsb sdh menjawab sekaligus menginjak-injak doktrin nenek moyang yg sukak mengada-adakan takwil atas suatu syubhat.

Contoh takwil yg diinjak-injak disini adalah takwil ttg "dimenangkan" tadi.
emoticon-Embarrassment
Diubah oleh a.l.l.a.y
emoticon-Ngakak
@wilaheng

Jawaban ane so far senada dan seirama dengan jawaban agan allay di bawah.

Di pos awal sekali agan bilang kalo mesti ada payung hukum untuk masalah syubhat biar "umat" tidak bingung.

Ane tidak setuju mengenai perlu ada payung hukum atau penyeragaman interpretasi atau apalah terkait perkara yang dianggap syubhat.

Kalo suatu perkara tersebut diuji dengan Al-Qur'an, akan keliatan jelas mana yang diharamkan dan mana yang tidak dari perkara yang dianggap syubhat tersebut.

Apabila tidak mungkin memisahkan antara yang haram dan yang tidak dalam perkara tersebut, maka silakan setiap orang mengambil keputusan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi masing-masing sesuai tuntunan Al-Qur'an.

Mau mengambil semuanya termasuk yang haram karena dianggap manfaatnya/urgensinya lebih besar, silakan.
Mau meninggalkan manfaatnya karena tidak mau mengambil yang haram, silakan.

Semua ada konsekuensinya dan keputusan yang diambil tersebut akan dipertanggungjawabkan secara masing-masing, bukan berombongan.

Anggapan bahwa keputusan yang diambil masing-masing orang mesti seragam inilah yang bikin masalah timbul.
Sesuatu yang subjektif dipaksakan menjadi objektif ya gak akan bisa diterima.

Quote:


Quote:


Diubah oleh jf00112
Dopost.
Diubah oleh jf00112
Quote:


ayat yg dibawa tdk menjawab pertanyaan gw. dr awal gw sdh tau alay mmg kopong, jd gw anggap wajar comot ayat sekedar cocoklogi ndak nyambung.

yg gw tanya bukan ayat mutasyaabihaat, tp ayat yg jelas ttg halal dan haram, dan diantaranya yg tdk ada disitu.

oklah, biar lu berdua paham yg gw maksud, gw ambil contoh dr al-Qur'an (sekedar biar bisa diterima quranist).

QS.al-Maidah:3 mengharamkan daging hewan yang disembelih atas nama selain Allah

QS.al-Maidah:5 menghalalkan sembelihan ahli kitab

padahal kita tau bahwa ahli kitab tidak ada yg menyebut dan menyembah Allah dgn tauhid yg benar (ada yg tiga, ada yg punya anak, dll spt yg al-Qur'an sendiri sampaikan). bukan yg dimaksud oleh ayat pertama.

dititik ini tdk ada yg mengharamkan sembelihan ahli kitab (krn mengharamkan yg dihalalkan Allah itu musyrik). tp kl lu tau hukum halal itu luas, syubhat disitu tdk menyalahi kaidah halal.

silahkan, mending lu yg nanggepin krn gw jijik sama org kopong sok iye
Menurut pendapat ane itu semua jelas Gan.

Disembelih dengan menyebut nama selain Allah = haram

Sembelihan ahli kitab = halal

Sembelihan ahli kitab yang menyebut nama selain nama Allah/Sang Tuhan = haram

Sembelihan ahli kitab yang kita tidak tau bagaimana penyembelihannya, apakah menyebut/dipersembahkan kepada nama selain nama Tuhan atau tidak = decision time. Silakan nilai berdasarkan situasi dan kondisi masing-masing.

Harap diingat, di antara kita mungkin ada perbedaan pandangan mengenai apa itu nama selain Allah.

Buat ane, Allah adalah nama julukan orang 'Arab bagi Tuhan sejati, Al-Ilah atau Sang Tuhan.

Kalo ahli kitab saat menyembelih tidak menyebut apa-apa atau menyebut nama sang Tuhan dalam bahasa mereka sendiri yang bukan bahasa 'Arab, maka menurut ane sembelihan mereka itu halal karena tidak melanggar Al-Maidah 3.

Quote:


Diubah oleh jf00112
Quote:


Tua bangka goblok permanent ya ginih..emoticon-Smilie

Hai pak tua..!, mo lari kemana lo ?
Logika pake hoy.., kalok mmg gw kopong tentunya mudah saja buat lo nginjek2 gw.. nyatanya apa?
Bukannya nginjek-injek malah kaing-kaing....kesana kemari...
emoticon-Smilie

Btw, sebelum bacot tai behambur kemana-mana..
Coba lo koreksi dulu tai lo yg bilang QS.5:3 itu Mengharamkan binatang yg DISEMBELIH atas nama selain Allah.
itu lo lg ngigaw apa mmg goblok ?

Kata mana dlm ayat tsb yg merujuk maknanya DISEMBELIH blok ?

emoticon-Embarrassment
Quote:

aduhh si bapak ini sudah tua bangka kok apa2 mesti disuapin ya?emoticon-Embarrassment

jadi kalo dihadapan bapak ada nasi, garam, pasir, batu lalu dijelaskan sifat2nya bapak tetap ndak tau mana yg baik utk dimakan kalo ndak disebutkan?emoticon-Smilie
Quote:

berdasarkan penelitian tsb umumnya orang tidur menyamping.
betul apa betul pak?emoticon-Embarrassment
Quote:

tidur menyamping hadap kanan itu lebih baikdaripada ngadep kiri
betul apa betul pak?emoticon-Embarrassment
Quote:

coba jawab dulu yg di atas, kalo memang perlu disuapin nanti gw suapin lg informasi detailnyaemoticon-Embarrassment
Halaman 426 dari 506
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di