Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ghoen_dhoelAvatar border
TS
ghoen_dhoel
Konsep Baru Tanah Abang Berlaku Mulai Hari Ini
https://m.detik.com/news/berita/3780873/konsep-baru-tanah-abang-berlaku-mulai-hari-ini



Jakarta - Pemprov DKI Jakarta mulai hari ini memberlakukan konsep baru penataan kawasan Pasar Tanah Abang. Akses transportasi hingga penempatan pedagang kaki lima (PKL) mulai diubah hari ini.

Ada beberapa perubahan konsep kawasan Pasar Tanah Abang. Pertama, jalan di sepanjang Stasiun Tanah Abang di Jl Jati Baru Raya akan ditutup. Perubahan kedua, PKL yang biasa berjualan di kawasan Pasar Tanah Abang akan dipindahkan ke depan jalan yang berada di depan Stasiun Tanah Abang.

Penutupan jalan Stasiun Tanah Abang berlaku mulai hari ini dari pukul 08.00-18.00 WIB. Selama itu, yang diizinkan melewati jalan di depan Stasiun Tanah Abang hanya bus TransJakarta. Karena penutupan tersebut sejumlah trayek angkutan umum di kawasan tersebut juga diubah.

Untuk rute bus Mayasari dan Sinar Jaya yang biasa melewati Jl KS Tubun Raya ke arah Jl kebon Jati diubah menjadi, dari Jl KS Tubun Raya ke Jl Brigjen Katamso. Bus Mayasari yang diubah untuk trayek AC.52, AC.70, 570, P.14, sedangkan bus Sinar Jaya untuk trayek Ex APTB.

"Dari arah Jl Brigjen Katamso putar arah di depan Hotel Peninsula ke arah Jl KS Tubun Raya dan kembali ke Jl Jati Baru Raya lalu ke Jl Kebon Sirih. Tidak lagi melewati Jl Cideng Barat dan Timur," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah, di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2017).

Selain itu, Dishub DKI Jakarta juga mengubah rute TransJ arah Tanah Abang-Kebayoran. Bus TransJ dimaksud tak lagi melewati Jl Jati Baru Raya, tapi ke Jl Kebon Jati setelah itu baru ke Jl KH Mas Mansyur.

"Untuk Kopaja trayek 502 ditambah rutenya. Dari Jl KS Tubun Raya ke arah Jl Cideng Barat dan Timur, kemudian melewati Jl Jati Baru Raya dan masuk ke Jl Kebon Sirih," terang Andri.

Penutupan jalan sepanjang Stasiun Tanah Abang juga mempengaruhi rute Mikrolet. Mikrolet yang berubah rutenya trayek M08 dan M10.

"Mikrolet M08 tidak lagi melewati stasiun Tanah Abang menuju Jl Kebon Jati. Sebelum belok ke kiri arah Stasiun Tanah Abang, Mikrolet M08 harus putar arah di bawah flyover di Jl Jati Baru Raya menuju Jl Abdul Muis," ujar Andri.

"Begitu juga Mikrolet M10, yang tadinya melewati Stasiun Tanah Abang, harus putar balik di bawah flyover Jl Jati Baru Raya lalu menuju ke Jl Cideng Barat," imbuhnya.

Andri mengatakan sosialisasi konsep baru kawasan Pasar Tanah Abang dilakukan bersamaan dengan penerapannya. Setelah penerapan konsep tersebut dilakukan hari ini, maka Dishub akan langsung mengevaluasinya.

"(Sosialisasinya) ya langsung, sekaligus kami melakukan evaluasi," ucap Andri.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan perubahan penataan kawasan pasar Tanah Abang yang mulai diberlakukan hari ini menjadi penting. Menurut Anies, kawasan Pasar Tanah Abang bukan saja sejarah, tapi juga wajah Indonesia.

"Karena yang datang bukan hanya yang bekerja turun kereta, tapi tamu mancanegara belanja di Tanah Abang," kata Anies saat konferensi pers di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (21/12). (nvl/yas)
_____________

Manteb betul, solusi cerdas full "keberpihakan", cebong po sampe kepikiran nutup dalam nggo pkl, liberal emoticon-Big Grin
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
8.5K
99
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan