kaksus10Avatar border
TS
kaksus10
Temukan Segera Hobimu Dan Hiduplah Bersamanya



Haloo Gan Sist, wah kali ini Kaskus Creator ngadain Thread Competition lagi lohh.., kali ini temanya mengenai hobi para Creator nih. Nahh, jadinya kali ini ane mau sharing mengenai hobi ane.
Penasaran kan apa sih hobi ane ini? Ayo doong penasaran aja yess.. hihi.. cuss langsung lanjut di bawah yak!
:monggo :monggo :monggo

Dulu waktu ane kecil ampe usia SMP ane selalu bingung kalau ditanyain hobinya apa. Ane ngerasa semua hal yang ane lakuin itu membosankan, dan ngga ada tantangannya…tsaahh…
emoticon-Coolemoticon-Cool emoticon-Cool
Sejak kecil, emak ane emang paling rajin tuh masukin ane ke banyak sanggar, mulai sanggar tari, sanggar senam, sanggar musik, les bahasa, les IPA, ampe percaya ngga Gan, ane dimasukin ke Dojo, alias tempat belajar Karate..
Spoiler for ilustrasi karateka:

source google
Emak ane selalu berpesan harus nyoba banyak hal, biar tahu bakat kita dimana. Yahh tapi apa daya, dari sekian banyak kegiatan yang ane ikutin ngga ada satupun yang bikin ane tertarik. Semua sanggar dan les ane ikutin ngga lebih dari satu tahun, hanya di Dojo Karate aja tuh ane bertahan sampai awal kuliah, itupun alasannya karena ane punya banyak sahabat di Dojo itu…:sudahkuduga

Hingga akhirnya pas SMA, ane ketemu teman-teman yang unik dan beragam. Waktu SMA, ane seringan kumpul ama mereka di perpustakaan Gan, ngobrolin topic yang kata teman-teman yang lain “berat”. Tapi bareng teman-teman ane ini, ane jadi tahu apa yang jadi hobi ane, apa yang (sepertinya) bakat ane.
Spoiler for ilustrasi:

source google
Setiap ane ngumpul ama mereka Gan Sist, kita tuh ngobrolin buku dan para penulisnya. Pada waktu itu sih yang kita obrolin banyakan dari penulis lama yang tulisannya masuk ke materi sekolah. Seperti Tan Malaka, Soe Hok Gie, Sutan Takdir Alisjahbana dan masih banyak lagi Gan SIst. Ngga hanya ngobrol, kita juga saling berbagi tulisan pribadi masing-masing Gan, saling kritik dan saling membangun. Nah akhirnya ane tau apa sih yang jadi hobi ane selama ini.

Yes, ane suka banget nulis Gan.
Tanpa ane sadari, ternyata dari sebelum SD ane emang suka nulis. Waktu itu ane udah bisa baca tulis Gan dari TK, nah ane ingat tuh tulisan ane yang pertama adalah tentang guru TK ane. Isinya ane sedih, harus berpisah dengan Beliau, karena ane lulus TK dan harus masuk SD.
emoticon-Sorryemoticon-Sorry emoticon-Sorry
Ane juga inget, waktu SD ane sering nulis di halaman belakang buku tulis ane soal teman-teman ane, cerita ane hari itu, wah banyak deh Gan Sist. Tapi seringnya sih tulisan itu pendek-pendek, cuma beberapa kalimat ala-ala anak kecil lah.
emoticon-Malu emoticon-Malu emoticon-Malu

Nah, di SMA itu lah ane mulai belajar nulis serius Gan Sist, dan kebetulan ane punya teman-teman yang mendukung. Sayangnya kita semua harus berpisah karena beda tempat kuliah Gan. Akibatnya pas kuliah ane jadi jarang nulis serius. Tapi yang namanya hobi pasti akan terus dilakukan Gan Sist, karena menurut ane hobi itu ada karena kita mencintainya. Nah, beberapa tahun belakangan ini ane mulai aktif lagi nih Gan Sist nulis serius. Ane mulai nyari-nyari komunitas yang mendukung hobi ane ini.

Berawal dari mencari komunitas penulis, akhirnya ane nemu beberapa komunitas blogger yang aktif dan saling membangun. Dari sana ane juga ketemu ama teman-teman baru juga tuh Gan Sist yang ngajarin ane banyak trik dan tips dalam menulis. Berkat kumpul-kumpul dengan para penulis itu, ane juga jadi tau, seperti apa sih gaya tulisan yang cocok ama ane. Jenis tulisan seperti apa sih yang paling ane kuasain, misalnya cerpen kah, review produk kah, reportase kah, otobiografi kah, fable kah atau bahkan komik?

Kemudian, suatu hari pasangan ane ngajakin ane gabung dengan Kaskus Gan Sist. Katanya di Kaskus ada banyak Forum, menurutnya di sana ane bisa nambah lagi ilmu dan ngisi konten sebagai Thread Creator. Okeh, akhirnya ane aktif di Kaskus, dan kebetulan banget waktu itu Kaskus launching Kaskus Creator. Wahh, tambah seneng tuh ane. Di situ ane bisa nulis bebas, mau bikin trit apa aja sesuai passion ane dan tentunya ada benefitnya pula.. hehehe..
Spoiler for Thanks Kaskus:

Nah itu dia Gan Sist hobi ane. Buat Agan Sist yang masih bingung dan bertanya-tanya di dalam hati dan sukma, apa sih hobi gue? Nihh ane punya sedikit tips dan trikbuat Agan Sista yang masih bingung apa yang jadi hobi Agan Sista, cuus langsung aja :

1. Cobain semuanya
Sama kayak ane kecil dulu, selalu bingung kalau ditanya apa sih hobinya. Ada baiknya Agan Sista cobain dulu semua hal. Cobain musik, teater, olah raga, traveling, nulis, ngegambar atau apa aja deh. Sampai ketemu, bidang apa sih yang ane seneng banget dan tanpa harus berkeluh kesah untuk ngerjainnya.

2. Fokus
Spoiler for harus fokus Gan:

Kalau Agan Sista udah nemu yang jadi hobi Agan Sista, fokuslah ke hobi itu. Tekuni dan kembangkan. Artinya Agan Sista harus terus belajar, cari banyak referensi mengenai hobi Agan Sista. Misalnya hobi Agan Sista adalah nulis, carilah referensi penulis yang Agan Sista suka. Rajin-rajin baca karya para penulis. Pelajari gaya tulisan mereka, pelajari cara mereka mengembangkan cerita, dan pelajari cara mereka bisa bertahan sampai bisa terus eksis di dunia literasi.

3. Komunitas
Perbanyak komunitas yang mendukung hobi Agan Sista. Bergabunglah dengan orang-orang yang member nilai positif untuk Agan Sista. Misalnya hobi Agan Sista adalah traveling, nah gabunglah dengan komunitas traveling dan ikut aktif dalam komunitas itu. Rajin-rajin datang kopdar, rajin-rajin ikut kegiatan mereka dan rajin-rajin bertanya seputar traveling. Ilmu ngga hanya didapat dari bangku sekolah atau buku saja, tapi ilmu juga bisa di dapat dari orang-orang yang sudah berpengalaman.
Spoiler for gabung dengan komunitas Gan:

Tips untuk yang hobi menulis, saat ini udah banyak banget komunitas penulis, Agan Sista tinggal menyesuaikan aja dengan apa yang menjadi passion Agan Sista. Misalnya Agan Sista suka komik, nah tinggal cuss pilih Komunitas Penulis Komik. Suka makeup dan fashion, ikut aja Komunitas Beauty Blogger. Banyak banget ragamnya tinggal googling aja.

Nah Agan Sista sebagai Kaskuser juga udah dimudahkan banget dalam memilih komunitas, tinggal klik join komunitasnya. As simple as that. Tapi inget, harus aktif ya Gan Sist.

4. Berkembang
Spoiler for hobi sebaiknya menghasilkan profit:

Maksudnya berkembang adalah, Agan Sista jangan pernah jalan di tempat. Dengan ilmu dan relasi yang bertambah, sebaiknya Agan Sista bisa menghasilkan profit dari hobi Agan Sista.

Ane ingat waktu kopdar Kaskus Creator ke 4 tanggal 15 Desember 2017 kemarin, waktu itu narasumbernya ada Bang Sukma Dede. Hobi Beliau adalah traveling, dan berkat hobinya itu, Bang Sukma Dede mampu mendapatkan profit dari beberapa sponsor.

Begitu juga ane Gan Sist, alhamdulilah banyak benefit yang ane dapatin dari hobi ane. Saat ini ane aktif nulis untuk ulasan beberapa produk alias paid product review, ada juga pemasukan dari beberapa sponsor untuk website ane dan satu lagi rejeki ane ada dari Kaskus Creator. Hehe, lumayan Gan Sist, hobi ane ini dihargai juga oleh Kaskus Creator loh.

Maka dari itu Gan Sist, jangan anggap remeh sebuah hobi. Siapa tau ternyata dari hobi yang Agan Sista tekuni, Agan Sista malah mendapat rejeki yang lebih dan pastinya pas ngerjainnya dengan senang hati, karena itu adalah hobi Agan Sista.

Wahh, ngga kerasa udah panjang banget trit ane kali ini..hehe.. Oke deh Gan Sist, segitu dulu trit dari ane. Intinya sih, temukan dan kembangkanyang jadi hobi Agan Sista. Jangan menyerah untuk mengenali diri sendiri. Terus belajar, terus berkembang, dan terus berbagi kebaikan dari hobi Agan Sista itu.

Akhir kata, ane ucapin makasih banyak udah ngikutin trit ane, dan sekali lagi semoga trit ane ini bisa kasih faedah buat Agan Sista yak! Keep ngaskus Gan Sist!

:terimakasih :terimakasih :terimakasih



sumber pengalaman pribadi TS
0
18.2K
151
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan