Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

karikai04Avatar border
TS
karikai04
Sandi: Biasanya yang Jago "Ngemplang" Itu Pengusaha Besar, Teman Saya
Quote:

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan dukungannya kepada para peserta One Kecamatan One Centre of Entrepreneurship atau OK OCE dalam hal kemudahan mencari modal usaha melalui berbagai instansi keuangan.

Sandi mengatakan, nantinya instansi keuangan yang akan menilai kelayakan sebuah usaha kecil menengah bentukan OK OCE dalam memperoleh pinjaman modal usaha.

Sandi memastikan, UKM binaan OK OCE tak akan lari dari tanggung jawab untuk mencicil pinjaman modal usaha yang telah diberikan.

"Biasanya para UKM itu tidak banyak yang ngemplang (tak membayar cicilan) yang ngemplang itu pengusaha-pengusaha besar, teman saya," ujar Sandi di kawasan Jakarta Utara, Rabu (20/12/2017).

"Teman-teman saya itu yang jago ngemplang, pengusaha-pengusaha besar. Tetapi, kalau kredit macet, pengusaha kecil jarang sekali, rata-rata mereka meminta penundaan pembayaran," sebut Sandi lagi.

Sandi menambahkan, jika nantinya terjadi kredit macet, instansi keuangan berhak menyelesaikan masalah tersebut sesuai peraturan yang berlaku. Namun, menurut Sandi, hal semacam ini jarang terjadi pada UKM jika tanpa alasan yang benar-benar mendesak.

"Seandainya ada kredit macet itu konsepnya adalah B to B, bisnis to bisnis, dan kita hanya memfasilitasi. Niatnya membayar, tetapi mereka mengalami kesulitan, mungkin ada kebakaran atau anaknya masuk rumah sakit, enggak bisa menyicil itu," ucap Sandi.

Menurut Sandi, memberikan modal usaha kepada para peserta program OK OCE melalui kerja sama dengan instansi keuangan ini sangat efektif untuk mencegah macetnya pembayaran kredit modal usaha tersebut.

Hal ini jauh berbeda dengan model pemberian modal usaha langsung dari Pemprov DKI seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

"(Kredit macet) karena yang memberikan Pemprov, tetapi kalau yang memberikan perusahan pembiayaan, yang lebih mengerti mereka bisa tahu mana yang layak diberikan, mana yang tidak layak diberikan bantuan pembiayaan," ujar Sandi.

Quote:


babang uno suka ngemplang ngga ?emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
0
4.4K
44
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan