CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Emas & Perak, Bagaimana Mengetahui Keasliannya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a38bf0c60e24b894a8b4570/emas-amp-perak-bagaimana-mengetahui-keasliannya

Emas & Perak, Bagaimana Mengetahui Keasliannya?

Terkadang kita tidak bisa membedakan emas dan perak asli dengan yang palsu, apalagi buat kita-kita yang masih awam. Sayang banget kan, kalau misalnya perhiasan yang agan beli ternyata palsu. Tenang aja gan, berikut ini adalah beberapa cara membedakan logam emas dan perak yang asli dan palsu!

Emas & Perak, Bagaimana Mengetahui Keasliannya?
Image Source: @orori_id

Cek Cap Perusahaan
Ketika agan akan memeriksa sebuah emas atau perak, hal yang harus agan periksa adalah beberapa tanda yang dari emas atau perak itu sendiri. Hampir semua emas atau perak memiliki cap dari produsen emas tersebut, sehingga setiap emas yang dijual memiliki tanda dan ciri masing-masing. Nah, tanda atau ciri umum lainnya yang perlu agan ketahui dari sebuah emas atau perak antara lain berat, kemurnian, nomor seri, dan tahun pembuatan.

Jadi, bisa dibilang kalau tidak ada beberapa tanda di atas, emas termasuk dalam indikasi imitasi atau palsu. Selain beberapa ciri tersebut, agan juga harus membandingkan hal-hal kecil seperti ukuran font apakah sama dengan yang asli atau tidak. Hal-hal ini dapat membantu agan dalam memastikan apakah emas atau perak yang agan beli asli atau tidak dengan mudah.

Bagian Tepi
Kalau emas agan berbentuk koin, salah satu hal yang bisa agan lihat cirinya adalah pada bagian tepi. Bagian ini paling sulit untuk ditiru atau dipalsukan. Soalnya, setiap desain koin memiliki desain yang berbeda-beda. Misalnya saja ada beberapa yang tampak halus atau memiliki huruf kecil ‘reeding’, ada pula yang kelihatan polos atau bergaris-garis di sepanjang tepi koin. Nah, amati tepi koin apakah sesuai dengan desain koin tertentu atau tidak. Kalau koin palsu, biasanya mereka akan membuat koin emas dengan reeding atau tepi yang salah.

Ketebalan Sisi
Para peniru atau pembuat emas palsu seringkali tak berhasil jika menirukan sebuah koin emas. Soalnya, ketebalan sisi koin akan mengacu pada tinggi dari koin yang dikaitkan dengan permukaan koin. Banyak desain koin emas dibuat dengan standar yang sama. Nah, para pemalsu cenderung membuat koin sesuai standar tersebut, tapi biasanya kualitas yang dihasilkan sangat rendah hingga bisa dibedakan. Umumnya, orang dapat merasakan perbedaan hanya dengan menyentuh dan merasakan sendiri koin tersebut.

Berat & Ukuran
Berat dan ukuran sebuah emas dapat dilihat pada sertifikat yang agan dapatkan saat membeli emas tersebut. Jadi berat sebuah emas akan sulit untuk dipalsukan, karena agan juga bisa mengecek dengan mudah berat sebuah emas. Untuk ukuran emas sendiri, ada sebuah alat yang dapat mengukur sebuah emas. umumnya akat tersebut terdapat di toko emas profesional.

Semoga cara-cara di atas bisa membantu agan untuk mendeteksi apakah emas atau perak yang agan beli asli atau tidak. Tapi untuk menghindari pembelian emas atau perak palsu, ada baiknya kalau agan membeli pada toko perhiasan yang terpercaya, jadi agan tak akan tertipu dan mendapatkan emas atau perak palsu.

Sumber Artikel
Gitu yah gan?
ohh begitu, sip dah emoticon-Keep Posting Gan
di gigit breh siapa tau cuma coklat Emas & Perak, Bagaimana Mengetahui Keasliannya?
ts buka toko emas ya emoticon-Leh Uga
Tanya sama enci di toko emas
konon, dulu atlit pemenang olimpiade suka menggigit medalinya (terutama emas) buat mengecek keaslian emasnya emoticon-cystg
Numpang mejeng bre....salam kenal....Emas & Perak, Bagaimana Mengetahui Keasliannya?

Emas & Perak, Bagaimana Mengetahui Keasliannya?
Quote:


nyimak om

Quote:


Buang di jalan, kalau ada nyang ngambil atau hilang berarti itu asli, dan g perlu diragukan lagi
emoticon-Cool
Quote:


emoticon-Leh Uga
nice inpoh brayy

penting neh, biar gak ketuker ama coklat emoticon-Leh Uga
Quote:


emoticon-Leh Uga
Quote:


betul gan, soalnya emas 24 karat yang asli memang bertekstur agak lunak jadi kalau digigit ada bekas gigitan. tapi nggak disaranin sih pakai cara kayak gini, nanti emasnya rusak lagi emoticon-No Hope
Quote:


hampir 600 rebu pergram bre kadar 99%
jaman sekarang sih susah gan
ada cowok juga marah ketika dipanggil mas
emoticon-Big Grin
Quote:


Boleh ambil 1 tante
Quote:


boleh tante emoticon-Betty


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di