faktamenarikAvatar border
TS
faktamenarik
9 Nama Bola yang Digunakan Piala Dunia Sebelumnya
9 Nama Bola yang Digunakan Piala Dunia Sebelumnya. Piala Dunia 2018 yang akan dilangsungkan di Rusia tidak lama lagi akan dimulai. 32 negara yang sudah lolos babak kualifikasi bersiap untuk memperebutkan piala di ajang terbesar sepakbola internasional tersebut. Rusia sebagai tuan rumah sudah mempersiapkan diri untuk menggelar Piala Dunia. Mulai dari maskot, stadion, dan yang paling penting adalah bola.

Tanpa bola, olahraga ini tentu tidak bisa disebut sepakbola. Sejak berlangsungnya Piala Dunia beberapa puluh tahun yang lalu, sebuah perusahaan appareal olahraga biasanya mendesain dan membuat bola spesial untuk Piala Dunia. Nama-nama untuk bola tersebut biasanya berganti setiap ajangnya. Berikut ini adalah nama-nama bola yang dipakai di Piala Dunia sebelumnya:

1. Telstar

Spoiler for telstar:


Bola yang diberi nama Telstar ini digunakan untuk Piala Dunia 1970 dan 1974. Bola ini dibuat dan didesain oleh Adidas. Telstar merupakan bola pertama yang memilki corak pentagon berwarna hitam.

2. Tango

Spoiler for tango:


Kembali dibuat oleh Adidas, kali ini perusahaan asal Jerman tersebut memberikan nama Tango untuk bola yang digunakan di Piala Dunia 1978 dan 1982. Desain bola ini menjadi acuan untuk lima Piala dunia selanjutnya.

3. Azteca

Spoiler for azteca:


Adidas memperkenalkan Azteca sebagai bola resmi Piala Dunia 1986 yang digelar di Meksiko. Azteca merupakan bola pertama yang sepenuhnya dibuat dari bahan sintetis.

4. Etrusco Unico

Spoiler for etrusco unico:


Entrusco Unico merupakan bola resmi Piala Dunia 1990 di Italia. Selain menggunakan bahan sistetis, bola ini juga tahan air.

5. Tricolore

Spoiler for tricolore:


Adidas Tricolore adalah bola resmi Piala Dunia 1998 di Perancis. Seperti namanya, Tricolore merupakan bola pertama yang memilki desain tiga warna untuk pertandingan resmi.

6. Fevernova

Spoiler for fevernova:


Fevernova adalah bola resmi Piala Dunia 2002, yang untuk pertama kalinya berlangsung di kawasan Asia. Bola ini mendapat peningkatan di sektor performa.

7. Teamgeist

Spoiler for teamgeist:


Teamgeist menjadi bola resmi Piala Dunia 2006. Bola ini memanjakan pemain bola ketika menendang dengan desain figure-8 yang dimilkinya, yang membuat kaki pemain menendang bagian lembut si bola.

8. Jabulani

Spoiler for jabulani:


Jabulani merupakan bola resmi untuk Piala Dunia yang berlangsung di Afrika Selatan. Kata Jabulani berasal dari bahasa isiZulu yang berarti “membawa kegembiraan bagi semua orang”. Bola ini memilki 11 warna, mewakilkan 11 pemain di lapangan. Untuk partai final, Jabulani diberi warna emas.

9. Brazuca

Spoiler for brasuza:


Bola resmi di Piala Dunia sebelumnya di tahun 2014. Bola ini dikritik karena inovasi desainnya yang menggunakan enam panel berbentuk seperti bumerang.

Mana bola favorit agan? emoticon-I Love Indonesia (S)

Sumur: KUMPULANFAKTA
0
1.6K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan