Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

akariasAvatar border
TS
akarias
Buruknya Sistem Rekrut Karyawan Baru PT HOME CREDIT INDONESIA
Permisi gan ane mau curhat ni….

Ane jelaskan ane bukan menjelekan ataupun mecemarkan nama baik, tapi ane disini mau curhat kecewa banget ane sama system rekrut karyawan di PT HOME CREDIT INDONESIA..
Intinya ane udah tes 3 kali disana ane selalu lolos dan akhirnya ane ikut training 1 minggu ngumpulin berkas yang diharusnya membuat dulu ( NPWP no Rek baru dan lain lain)..
Hari pertama kerja ane siang ane suruh tanda tangan kontrak selama 1 tahun dulu gan, dan tiba tiba sorenya ane di cut dan diambil berkas kontrak yang ane tanda tangan tadi siang gitu aja gan (kaya sampah dibuang gitu aja ane)

Kalo agan pengen tau kronologisnya ane ceritaiin dari awal dibawah ni gan.
Jagi gini gan ceritanya 3 bulan yang lalu ane dapet info dari temen kalo di PT HOME CREDIT INDONESIA (HCI) daerah Jakarta, lagi buka lowongan gan.. disana byk bgt divisinya jadi pilih sesuai minat dan kemampuan ente..
Disana itu tesnya pertama lu diinterview rame rame 1 ruangan sama HRDnya kalo lolos langsung masuk tahap ke 2 itu tes kepribadian dan tes speed lu ngetik gampang deh.. biasanya langsung dikasih tau kapan lu ketemu sama User HRD bagian yang lu lamar..
Singkatnya gue lolos sampai tahap ke 2 dan disitu gue disuruh ngisi form melalu web mereka dan dibagi user dan password dari mereka, sesampainya gue dirumah gue mau login ternyata gue gk bias login gan panik asli gue gmna ini mau interview user tp data gue gk bias masuk.. gue lakuin cara biar bias ngehubungin bagian HRD tp nihil gan dan gue pasrah,..
2 bulan kemudian gue dapet kabar lagi dari tmn gue yang kerja disana kebetulan.. “ bang ini divisi yang abang pengen lagi buka lagi walk interview bang” Okelah dapet kabar gitu gue meluncur lagi kesana dengan harapan kan gue udah pernah lolos tes disna karna kesalahan system aja ni gue jadi gk bisa login dan dipanggil lagi… Akhirnya gue sampe sana langsung bilang klo gue perh tes dan lolos blaa..blaa.. blaa.. jawaban orang sana katanya gue harus ikut prosesnya dari awal lagi gan.. dengan berat hati okelah lah gue ulang lagi.. akhirnya gue lolos tuh gan sampe tahap ketemu sama user HRDnya.. disitu gue suruh nunggu 3 jam kira kira sambil isi form dan nunggu giliran, akhirnya ane dipanggil tuh gan..
Tok tok tok,,,
User HRD : Ya silahkan masuk mas
Ane : iya pak bu mba, ( ada 4 orang didlm)
User HRD : Iya ini kmu ngelamar bagian apa? ( sambil liat CV ane)
Ane : Saya bagian Admin pak bu (tiba tiba hening)
User HRD : Waduh mas ini bukan user untuk divisi yg mas lamar (sambil pda nahan ketawa)
Ane : Lah terus kok saya dikasih taunya jadwal untuk bagian saya hari ini? ( bingung gue apa ini HRD pda gk ada komunikasi ya)
User HRD : mungkin ada misskom mas, gini aja klo nanti kita butuhin buat bagian yang mas minati nanti saya akan rekomendisikan dulu masnya gmna?
Ane : oh yasudah klo gitu ( gondok juga gan itu ane salah jadwal interview user)
User HRD : Baiklah, klo gitu masnya gmna mau pulang apa tertarik dengan divisi kami
Ane : wah saya nggak ada basic pak, ( Jauh bgt gan jurusannya ane admin operator yang ini call center)
User HRD : Yasudah nanti dikabarin ya mas
Ane pulang dengan kecewa gan udah 2 kali ikut tes kok malah pas interview user bisa salah jadwal gitu ya dan divisi yang ane minat udah ditutup..

2 Minggu kemudian Allhamdullilah anak pertama ane lahir gan… ane seneng banget dan makin gede tanggung jawab ane sebagai ayah harus cepet dan semangat nyari kerja..,.. beberapa hari kemudian ane dapet kabar dari temen ane yang kerja disana klo divisi yang ane minatin lagi buka lagi gan, dalam hati ane kok ane gk dikabarin ya dari HCI kan dia bilang mau rekomendasiin ane klo disana lagi membutuhkan bagian yang ane pengen..
Akhirnya ane kesana lagi tuh gan dari rumah sakit ane juga berharap disana kana ane udah ikut tes 2 kali, pas sampe sana ane nanya gan sama orang sana tetep aja ane disiruh ikut dari awal lagi.. dengan berat hati ane juga lagi butuh banget kerjaan yaudah ane ikutin lagi dari awal gan.. (dalam hati ane kok ini perusahan buka lowongan terus dan alam arti ini perusahan lagi berkembang atau turnover karyawannya byk gan itu yang jadi pertanyaan terbesar ane tp ane positif aja gan klo ente gk percaya ente dateng aja walk and interview senin sampe kamis diplaza oleos jakarta selatan… ) akhirnya ane lolos tuh gan.. karna ane diinfoiin sama tmn ane jadi ane dating pas ada jadwal interview user buat divisi yang ane minatin gan.. akhrinya ane suruh tunggu sambil isi form gan.. Alhamdulih ktmu juga sama user untuk divisi ane tuh gan,, nunggu 2 jam kira kira ane dipanggil dah tuh..
Optimis kan tuh gan ane berbekal pengetahuan dan persiapan ane sebelum interview, singkatnya ane itu suruh nunggu sampe akhir minggu gan tuh.. yaudah ane pulang dan menunggu kabar itu..
Beberapa hari kemudia anak ane masuk rumah sakit gan  , hari itu juga ane dapet panggilan lain di Bank gitu daerah Sudirman Jakarta gan buat interview user.. dengan segenap jiwa raga ane jalan tuh gan dalam hati HCI kok blom ada kabar ya.. HCI (HOME CREDIT INDONESIA) selesai interview tuh ane sorenya sampe rumah ada telpon ni gan, ternyata itu dari HCI gan ane lolos interview user seneng banget dan ane hari senin suruh ikut training selama 1 minggu gan.. ane confirm dong bisa hadir.. beberapa menit kemudian eh dari bank yang ane interview barusan ane lolos juga dan hari itu juga suruh tanda tangan kontrak senin udah mulai kerja, duh bingung kan gan pilih mna ya di HCI training dlu tp di bank ini udah kerja senin,, akhirnya dgn segala resiko dan keputusan ane ambil yang di HCI karna kana ne udah bolak balik kesana.. lagi juga lebih deket HCI jarakanya ya 17 Kilo dari rumah ane 1 jam perjalanan motor gan..

Singkatnya ane udah ikut ni hari pertama training di HCI, hari itu juga ane ditlpn sama orang bank gan supaya ane kerja disana sampe ane ditaekin gajinya tp ane gk bisa karna udh ikut training gitu… yaudah terlanjur kan ya ane ikut training jalanin aja lah.. hari pertama training itu nerangin fasilitas, tunjangan pkoknya kya kita udh bakal kerja dsana gan.. trus kita juga harus siapin berkas ya berkasnya ada juga yang harus kita bikin dlu gan kaya NPWP, No rek baru dan lain lain.. kita ditunggu 3 hari buat ngumpulin.. sedangkan kita itu seminggu full dri pagi ikut training puter otak deh gmna cara lu bkin tuh berkas tp jgn telat ikut training yakan..
Hari ke 2 itu lebih ke jobdes kita gan dan dijelasin bahwa ini masih system gugur klo nilainya kurang dari kreteria disini itu 85 nilainya.. (klo masih ada tahap gugur knpa kita udh suruh ngumpulin berkas dan bikin segala macem sama buka rekening baru), ane ikutin aja tuh alurnya gan..

Singkatnya ni gan ya hari terakhir training yang kita dijadwalin untuk presentasi apa aja yang kita dapet selama seminggu pdahal ane udah belajar sama ngerangkum materi selama seminggu itu gan,, eh nggk taunya gk jadi presentasi gan… dan kita suruh foto untuk pembuatan id card akses gedung disana.. coba betapa kita udah yakin bakal diterima kan gan.. senin pun kita suruh balik lagi gan.. barengan ane ada 13 orang kan karna lagi butuh 13 orang.. tp setiap hari ada yang gugur karna gk masuk itu otomatis gugur tinggal 9 orang ni berarti kan peluang kita gugur nggak ada kan gan… seneng bgt ituu..
Dan tiba hari senin tanggal 18 Desember 2017 tepat ini hari gue bikin thread ini gan dengan hati yang lagi nggak karuan sampe istri gue pun gk gue ajak ngobrol gan…
Oke hari senin ini gue hari pertama masuk kerja gan katanya.. dari pagi gue dateng biasa suruh tandem dulu sampe siang gue suruh keruangan HRD buat tandan tangan kontrak gan.. sampe diruang HRD kita semua tuh udah diucapin selamat bergabung, blaa blaa blaa.. trus harus hari ini kekurangan berkas harus dikumpulin karna akhir bulan kan udh mau gajian.. semangat kan gue gan ya… ada tuh berkas yg gue kurang gue tlpn istri gue buat kirim berkas yang kurang.. selesailah ni gue lengkap dan pokoknya.. selesai itu dipanggil lah satu satu buat tanda tangan diatas MATERAI (LEGAL).. kontrak 1 tahun kalo bagus kerjanya nanti dipermanenkan gue gk henti hentinya bersyukur tuh gan allhamdulilah gk sia sia selama ini gue gan,.. tp jujur dlm hati gue berasa gk enak aja klo blm ngelewati hari ini gan,, ternyata sorenya gue dipanggil bersama 2 orang tmn gue juga gan…
Ane sangkanya itu suruh ambil id card..
Ternyata gan ane suruh masuk ruangan dan dikasih tau sama leader ane bahwa ane bertiga nilanya kurang dari standar mereka yang 85 dan nilai ane 80 gan.. beda dikit.. dan dia minta maaf gk bisa lanjutkan nanti klo ada divisi yang kosong katanya “BISA DIREFRENSIKAN”.. ane tuh berasa kaya disamber petir disiang bolong gan.. gk nyangka, syok *@#)$U#)(**I##)....
Ane bilang sama leader ane lah pak tadi siang saya udah tanda tangan kontrak buat 1 tahun.. kok tiba tiba saya dinyatakan gk lulus ( sumpah gk lucu bgt ini).. dipanggilah orang HRDnya..
HRDnya dateng langsung suruh ane ambil kontrak yang ane td tanda tangan yang posisinya udah ane pegang gan.. ( tadinya ane mau langsung kabur bwa tuh berkas buat ane jadiin bukti dikepolisian gan, karna ane yakin pasti ini berkas bakal diambil lagi sama orang HRDnya gan)
Dan bener berkas ane buru2 diambil sama mereka..
Disitu mulai percakapan gan

HRD : maaf ini ada misskom disni jadi kesimpulanya anda ber 3 tidak lulus ( Enak bgt ngomongnya, gue langsung gk terima kan gan apa apaan ini)
Ane : Loh kok bisa begini bu.. tiba tiba saya dibilang gk lulus bertiga nilai saya juga gk jelek2 bgt Cuma beda 5 point trus kita kan udah tanda tangan diatas materai itu sah secara hukum bu..
HRD : Ya ttp saja ini masalh misskom ya..
Leader ane : Iya ini saya baru dapet datanya jumat sore ( leader sma HRDnya sempet debat juga knpa bisa begini)
Ane : tolonglah bu pak kasih kita kesempatan nilai kita gk buruk bgt kita udh siapin berkas susah payah ikut full training dan udh tanda tangan kontak,, bahkan saya udah ceritakan bahwa saya sudah diterima disni sama istri dan kelurga saya bu mohon kebijakanya (ane kaya pengemis gan)
Antara HRD sama leader ane nggak mau disalahin mereka menyalahkan tim trainer dipanggilah tim trainer karna ane disini masih blom terima gan.. klo tmn ane yang 2 orang itu dia diem aja kayanya mah nagis smpe gk bisa ngomong.. disini yang kritis ane aja gan karna ane gk terima masalahnya udah tanda tangan kontran kan.. terus kalau emang ane gk lolos dengan nilai kurang kenapa senin ane tetep suruh masuk kerja suruh ngelengkapin berkas dan tanda tangan kontrak.. coba logikanya gmna gan klo udah gitu ente bisa nerima gitu aja gk tanpa kejelasan???

Akhirnya ini HRD sma leader juga main salah salahan dipanggilah tim trainer.. tapi tim trainer gk mau daten gan dengan alasana apalah.. klo dtng mah gue kritisin juga gan.. ini masalahnya udah serius loh bukan main main.. metang mentang meraka punya uang.. nggak ada kebijakan buat orang kecil kya gue yang udah serius dan sabar selama gue ngelamar diHCI gan miris bgt gue gan..

Akhirnya hanya debat kusir gan gak ada solusi intinya ya tetap y ague ditendang gitu aja gan.. meraka gk mikir gue kepala keluarga anak istri gue butuh makan nungguin gue dirumah.. mereka gk ada kebijakan pdahal gue udah ngikutin semua aturan perusahaan dan ini kan kesalahan mereka masa mereka gk ada tanggung jawabnya pisan, sedih, kesel kecewa gan gue sampe malu pulang kerumah.. lu udah ngabarin orang rumah td siang allhamdulillah diterima kerja kontrak 1 tahun dlu udh sujud sukur orang rumah, tiba tiba lu pulang bilangnya dipecat gituu???
Oke ane terima kalau dari akhir selesai training ane dinyatakan gk lulus.. itu ane terima…
Tapi ini kan ane suruh masuk seninnya mulai hari pertama kerja, lengkapin berkas dan tanda tangan kontrak sorenya baru dinyatakan “ ANDA TIDAK LULUS” ini yang gk ane bisa terima gan….

Jadi kesimpulannya gan..
Buat orang HCI tolonglah professional kita ini sama sama manusia cari makan.. saling menghargai dan menghormati
benerin Manajemen Rekrutnya.. jangan sampe ada orang yang senasib sama ane yang bener bener niat kerja disana tapi kenyataanya pahit.. cukup ane aja yang ngerasaiin ini..
Kalau dari perusahaanya si gan memang HCI Perusahaan yang bagus dan maju
cuma disayangkan sistem rekrut karyawanya yang masih berantakan selalu terjadi misscom..
selebihnya sudah bagus semua karna ane ikut training dapet ilmu dan tau lebih dalam perusahaan itu..
update : kata temen gue dikasih tau asmen yang masalah gue itu berkas yang gue tanda tangan itu katanya bukan berkas gue itu pasti salah nama.. logikanya gue blm baca tuh kontrak jelas jelas dri halaman 1-9 ada nama gue malah dibilang bukan berkas ane.. makin kesel disana banyak orang yang kaya gtu ternyata gan...

Sekian gan unek – unek ane hari ini gan
emoticon-Marah

emoticon-Marah
Diubah oleh akarias 19-12-2017 15:00
gita1616
zhat
zhat dan gita1616 memberi reputasi
5
49.6K
19
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan