Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jokowarino178Avatar border
TS
jokowarino178
Apa itu Antroposfer dan Demografi?
Mengenal Antroposfer

Sebagian dari kita tentunya belum mengenal istilah Antroposfer. lalu, apa itu Antroposfer? Antroposfer sendiri berasal dari kata antrophos yang berarti manusia dan sphaira yang berarti lapisan. Dapat disimpulkan bahwa pengertian dari antroposfer merupakan suatu lingkungan atau lapisan manusia dan meliputi kehidupannya yang ada di permukaan bumi. Salah satu kajian geografi ini menjelaskan tentang dinamika populasi manusia yang meliputi kelahiran, kematian (mortalitas) dan migrasi. Terdapat berbagai macam perbedaan fisik manusia ataupun ras manusia yang ada di bumi ini yang diakibatkan oleh salah satu faktor diantaranya, adanya interaksi antara manusia dan lingkungan fisik yang berbeda pada tiap-tiap wilayah tertentu.

Nah, Setelah memahami tentang pengertian Antroposfer, selanjutnya mari kita membahas tentang Pengertian Demografi beserta kaitannya yang lain, yuk simak penjelasan berikut ini.

Pengertian demografi

Demografi atau yang biasa dikenal dengan kependudukan merupakan bidang ilmu pengetahuan yang terkait dengan teknik pengumpulan, pencatatatan, penyelidikan dan pengolahan data penduduk dengan metode statistik untuk mengetahui segala sesuatu yang ada kaitannya dengan perkembangan, kepadatan, kelahiran, kematian, perpindahan dan persebaran penduduk dalam suatu wilayah tertentu. Sedangkan, dinamika demografi merupakan peristiwa yang terjadi secara terus-menerus dang saling berhubungan mengenai perubahan jumlah penduduk dan segala kaitannya.

Tujuan Pokok Demografi

Adapun empat tujuan pokok dalam penerapan ilmu demografi, yakni sebagai berikut :

1. Mempelajari
Tujuan Demografi yang pertama adalah untuk mempelajari kuantitas dan distribusi penduduk yang tersebar dalam suatu daerah tertentu.

2. Menjelaskan
Tujuan Demografi selanjutnya adalah menjelaskan bagaimana pertumbuhan penduduk pada masa sebelumnya, penurunanya dan persebarannya dengan sebaik-baiknya dengan menggunakan data yang tersedia.

3. Mengembangkan
Tujuan Demografi yang ketiga adalah mengembangkan hubungan sebab akibat antara perkembangan penduduk dengan bermacam-macam aspek organisasi social yang menjadi faktornya.

4. Mencoba
Tujuan Demografi yang terakhir adalah mencoba menduga pertumbuhan penduduk pada masa yang akan datang serta kemungkinan-kemungkinan konsekuensi yang akan dihadapi selanjutnya.

Objek kajian demografi

Dalam demografi ini, objek kajian utamanya adalah kependudukan. Kependudukan terdiri dari dua aspek pokok yakni kualitas dan kuantitas penduduk. Adapun kualitas dan kuantitas penduduk merupakan dua hal penting yang digunakan untuk menentukan sumber daya manusia (SDM). Berikut ini merupakan penjelasan mengenai macam-macam sumber daya manusia (SDM).

Macam-macam Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia (SDM) Terdiri dari dua macam, antara lain:

1. Manusia sebagai sumber daya fisik
Manusia dapat bekerja dalam berbagai bidang dengan menggunakan energi yang tersimpan dalam dirinya. Misalnya adalah antara lain seperti bidang perindustrian, transportasi, perkebunan, perikanan, perhutanan dan peternakan.

2. Manusia sebagai sumber daya mental
Kemampuan berpikir manusia merupakan suatu sumber daya yang penting yang dimiliki untuk mewujudkan kepentingan hidupnya serta mampu mengubah keadaan sumber daya alam berkat kemajuan ilmu dan teknologi.

Menghitung Pertumbuhan Penduduk
Terdapat beberapa metode perhitungan penduduk yaitu melalui sensus, register, dan survei untuk mengetahui jumlah penduduk di suatu wilayah tertentu yang meliputi daerah, provinsi atau negara. Dalam melakukan metode tersebut diperlukan data sebagai berikut. Mengukur Kuantitas Jumlah Penduduk terbagi menjadi 3 yaitu :
• Natalitas (angka kelahiran), merupakan jumlah kelahiran hidup pada setiap 1000 penduduk dalam satu tahun.
• Mortalitas (angka kematian), merupakan jumlah kematian pada setiap 1000 penduduk dalam satu tahun.
• Migrasi (perpindahan penduduk), merupakan perpindahan penduduk dengan tujuan untuk menetap dari suatu tempat ke tempat yang lain melalui batas administratif (migrasi internal) atau batas politik/negara (migrasi internasional).

Sedangkan mengukur tingkat kualitas penduduk dapat dari diperoleh berdasarkan tingkat:
• Pendidikan
• Kesehatan
• Komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin
• Menghitung Jumlah Penduduk pada suatu wilayah tertentu

Sumber
0
4.6K
4
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan