Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cedric23Avatar border
TS
cedric23
Bamus Betawi: Anies Gubernur Keempat Dapat Gelar "Abang", Pak Ahok Tak Sempat Diberi
JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Badan Musyawarah atau Bamus Betawi Zainudin alias Oding mengatakan, Sandiaga Uno merupakan Wakil Gubernur DKI Jakarta pertama yang mendapat gelar "Abang Betawi".

Sebelumnya gelar tersebut hanya diberikan kepada Gubernur DKI Jakarta.

"Ini pertama kalinya kami berikan gelar ini kepada gubernur dan wakil gubernur sekaligus, biasanya hanya kepada para gubernur. Pak Ahok (mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama) tidak sempat kami berikan (gelar)," kata Oding di Perkampungan Betawi Setu Babakan, Jakarta Selatan, Sabtu (16/12/2017) malam.

Gelar tersebut sebelumnya pernah diberikan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin, Tjokropranolo, dan Joko Widodo.

Jadi, Pak Anies (Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan) ini keempat kalinya kami berikan gelar (abang) ini. Saat kami berikan gelar ini ke Pak Jokowi, banyak yang sebut, ini 'Joko'-nya Betawi," ujarnya.

Baca juga: Anies-Sandiaga Beserta Istri Dapat Gelar Abang Mpok Betawi

Gelar ini diberikan juga kepada Sandiaga karena Bamus Betawi menilai dedikasi pria kelahiran Rumbai itu dan keluarganya yang cukup besar terhadap kebudayaan Betawi.

"Sebelum ini, kami banyak melakukan kerja sama, malah mertuanya Pak Sandi juga orang Betawi dan bersama-sama kami memperjuangkan Betawi. Jadi, kriteria itu jatuh kepada dia," kata Oding.

Tidak hanya Anies-Sandiaga, Bamus Betawi juga memberi gelar "mpok" kepada istri Anies, Fery Farhati Ganis, dan istri Sandiaga, Nur Asia Uno.

Baca juga: Semua Gedung di Jakarta Diminta Pasang Ikon Betawi Selama Asian Games 2018

Oding tak menjelaskan secara spesifik alasan tak memberikan gelar tersebut kepada Ahok. Namun, Bamus Betawi dulu pernah berseteru dengan Ahok.

Ahok mengancam tidak memberikan dana hibah untuk organisasi ini. Ahok menilai, selama ini Bamus Betawi sudah bersikap politis.

Meski demikian, beberapa waktu lalu, Oding mengatakan, masalah itu sudah selesai dan kini hubungan keduanya sudah baik. Bamus Betawi pun masih diberikan dana hibah hingga saat ini.

http://megapolitan.kompas.com/read/2017/12/17/06265301/bamus-betawi-anies-gubernur-keempat-dapat-gelar-abang-pak-ahok-tak-sempat

Biasanya emg gubernur jakarta dipanggil bang
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
1.5K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan