Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vincentcliongAvatar border
TS
vincentcliong
CS Tokopedia Menahan Uang Penjual Jauh setelah Penjualan Selesai
Kasus selesai. Tokopedia mengembalikan uang yang ditahan pada 18 Desember 2017 jam 14.40 WIB. Bukti terlampir.

Jika ada diantara rekan-rekan yang dirugikan oleh tindakan oknum CS Tokopedia jangan takut buat surat pembaca, meski lambat jika berani bersuara akan mendapatkan hak yg miliknya.

Buat para penjual di Tokopedia silahkan save screenshot di bawah ini untuk membantu menuntut hak nya jika mengalami masalah serupa di kemudian hari. Tokopedia sistem nya beres, tetapi khan tetap ada faktor manusia nya, misalnya CS Tokopedia.






CS Tokopedia Menahan Uang Penjual Jauh setelah Penjualan Selesai

10 Desember 2017 jam 21.24 Seorang pembeli yang membeli mesin cuci mini dari saya melalui tokopedia menghubungi saya via whatsapp kira-kira 10 hari setelah tanggal pembelian.

Pembeli menyatakan bahwa barang yang saya kirim adalah barang bekas dan menuntut penukaran barang karena kardus pembungkus ada yang hilang. Pembeli mengirimkan foto barang yang tampak baru dan baik-baik saja (tidak rusak), hanya gabus pembungkus tampak tidak lengkap (kurang alas bagian bawah). Uang pembeli sudah cair jauh sebelum hari pembeli melakukan komplain via whatsapp tsb.

No Invoice pembelian: INV/20171201/XVII/XII/119485889

Barang yang dipesan adalah Denpoo DW3 Mesin Cuci mini, produk baru yang belum pernah ada di pasaran, yang jual hanya saya saja, dan baru saya luncurkan 1 hari sebelum pembeli melakukan pembelian. Pembeli adalah pembeli pertama produk ini. Jadi kalau dibilang bekas ya bekas dari siapa? Saya minta pembeli untuk melakukan komplain ke TIKI. Saya bilang mungkin saja TIKI nya buka-buka pakai dulu. Saya tanya si ibu kok baru komplain sekarang, kata dia pembelian sudah lama tetapi tidak dibuka. Si ibu ancam mau buang barang ya saya bilang terserah ibu saja. Lalu si ibu memblock whatsapp saya.

1 atau dua hari kemudian saya (sebagai seorang penjual di tokopedia) menemukan bahwa uang saya ditahan oleh tokopedia (tidak bisa dicairkan) sebesar Rp. 650 ribu rupiah. Awalnya saya kira mungkin karena pembeli terlalu cepat klik selesai, jadi saya tunggu 1x 24jam dan tidak terjadi apa-apa. Saya lihat di pusat resolusi kosong tidak ada apa-apa, di layanan pengguna tokopedia juga kosong tidak ada apa-apa.

Saya hubungi CS tokopedia via facebook, dijawab bahwa uang dari penjualan saya yang lain ditahan karena ada pembelian barang dari saya (yang sudah sekitar 1 minggu berlalu dan sudah cair dananya) yang dikomplain. Jadi yang ditahan adalah uang dari penjualan barang yang lain.

Pihak CS menyuruh saya menggunakan fitur tanya pembeli di tokopedia yang dimana layanan ini sudah tidak ada untuk INV/20171201/XVII/XII/119485889 sudah lama selesai. Data transaksinya saja sudah tidak ada. Saya bertanya kok tidak ada di pusat resolusi, kata CS tokopedia karena penjualan sudah selesai dan uang sudah cair maka, komplain melalui layanan pengguna. Saya cek layanan pengguna saya kosong, lalu jawabannya komplain (dan diskusi antara pembeli yang dirugikan dan penjual melalui email) tidak melalui platform tokopedia lagi. Saya tidak menemukan email yang dimaksut, lalu email tsb dikirim ulang oleh tokopedia.

=========================================

from: CS Tokopedia <cstokopedia@79re77q7p2791l061iw4jip7dzp9q86t6ptfffw8b4ds81nb7.28-1zn40eaa.ap2.apex.salesforce.com>
to: "vincentcliong@gmail.com" <vincentcliong@gmail.com>
date: Thu, Dec 14, 2017 at 5:22 PM
subject: - 01862659
mailed-by: 79re77q7p2791l061iw4jip7dzp9q86t6ptfffw8b4ds81nb7.28-1zn40eaa.ap2.apex.salesforce.com

Hai Seller,

mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Kami mendapat laporan dari pihak pembeli bahwa pesanan pada transaksi dengan nomor Invoice INV/20171201/XVII/XII/119485889 yang dikirimkan tidak sesuai, barang seperti barang bekas atau yg sudah lama disimpan karena tidak laku, kardus bagian bawah rusak, kabel kotor, dan tidak ada buku manual penggunaan. Berikut kami lampirkan bukti foto dari pihak penjual.

Mohon untuk dapat menghubungi pihak pembeli melalui fitur Tanya Pembeli di menu Penjualan dan mendiskusikan kendala tersebut.

Kami tunggu informasi selanjutnya dari Anda.

Terima kasih atas kerjasamanya.

Salam,
Customer Care
www.SENSOR

=========================================

Isi email adalah komplain dari pembeli tsb, dan setiap saya jawab dengan penjelasan panjang lebar, pihak CS Tokopedia jawabannya, menunggu diskusi dgn pembeli, saya coba lampirkan bukti-bukti terkait, jawabannya sama.

Jadi inti point pembeli berhak meminta tokopedia menahan uang penjualan dari produk yang lain, segala bukti tidak digubris, nasib uang ditentukan oleh pembeli bahkan setelah penjualan telah lama selesai. Pusat resolusi juga tidak ada. Komplain tidak perlu barang rusak, cukup kardusnya rusak atau ada bagian yang hilang di pembungkus, atau barang bekas (ya memang khan dah seminggu coba pakai). Maka tokopedia akan membantu menahan uang penjual dari barang yang lain sampai waktu yang ditentukan oleh pembeli.

Pembeli INV/20171201/XVII/XII/119485889 menggunakan ulasan produk tanggal 11 Desember 2017 memberikan ulasan yang menjelekkan produk dan Toko VNC dan saya menjawab dengan menjelasakan bagaimana tekhnik yang pembeli gunakan untuk menuntut free trial, free tukar baru paksa dan tahan uang di tokopedia jauh setelah penjualan selesai. Jadi bertengkar tdk ada ujungnya di bagian ulasan produk tokopedia Toko VNC. Uang tetap ditahan tokopedia dengan menyerahkan keputusan kepada pembeli.

Mohon bantuan teman-teman sesama penjual saya harus bagaimana?

Toko VNC Online (tokopedia)
https://m.SENSOR/tokovnc?tab=product

Liong Vincent Christian
081383337296 & 0895326042655

Diskusi selengkapnya di surat pembaca kaskus, klik:
https://m.kaskus.co.id/post/5a35525dd89b09ca678b4567#post5a35525dd89b09ca678b4567

Lampiran bukti dalam bentuk screenshot.
https://drive.google.com/folderview?id=10TzNWlpYLdjAsnza83h4WjGZSpmaLftI
Diubah oleh vincentcliong 18-12-2017 12:15
0
11.5K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan