Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Media IndonesiaAvatar border
TS
Media Indonesia
Novanto Terancam Hukuman Seumur Hidup
Novanto Terancam Hukuman Seumur Hidup

MANTAN Ketua DPR Setya Novanto didakwa menerima uang US$7,3 juta dan sebuah jam tangan Richard Mille senilai US$135 ribu dari para pengusaha pelaksana proyek pengadaan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-E). Uang tersebut merupakan commitment fee yang dijanjikan lantaran Novanto telah membantu memuluskan proses pembahasan anggaran proyek KTP-E di DPR.



"Sehingga uang yang diterima terdakwa Setya Novanto, baik melalui Irvanto Hendra Pambudi Cahyo maupun Made Oka Masagung, berjumlah US$7,3 juta," kata jaksa penuntut umum KPK, Eva Yustisiana, dalam sidang perdana pembacaan dakwaan kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan KTP-E di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, kemarin.



Jaksa KPK juga menyebut perbuatan Setya Novanto menguntungkan 34 orang lain dan tujuh korporasi dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi KTP-E.



"Bahwa uang yang diberikan kepada terdakwa, Irman, Sugiharto, Diah Anggraeni, dan pihak-pihak lain merupakan bagian dari pembayaran pekerjaan penerapan KTP-E yang seluruhnya berjumlah Rp4,917 triliun," ucap jaksa Wawan Yunarwanto.



Akibat korupsi itu, jaksa menyebut ada sembilan pekerjaan dalam proyek KTP-E yang terbengkalai.



Dalam perkara tersebut Setnov dijerat dengan Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 UU No 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.



Pasal 2 ayat (1) UU Tipikor mengancam dengan pidana penjara minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun serta denda paling sedikit Rp200 juta dan paling banyak Rp1 miliar.



Pasal 3 mengancam dengan pidana seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 20 tahun dan/atau denda paling sedikit Rp50 juta dan maksimal Rp1 miliar.



Aksi mogok



Sebelumnya, sidang yang dibuka pada pukul 10.00 WIB itu juga sempat diwarnai aksi 'mogok' oleh Setya Novanto.



"Nama Saudara? Nama Saudara? Nama Saudara? Apakah Saudara terdakwa bisa mendengarkan pertanyaan saya?" tanya ketua majelis hakim, Yanto.



Novanto yang hadir dengan menge-nakan kemeja putih tidak menjawab dan cenderung mengeluarkan nada lirih tidak jelas. Hal itu sempat memicu perdebatan antara jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi dan kuasa hukum Novanto, Maqdir Ismail.



Jaksa menyatakan kondisi Novanto fit to be questioned sesuai dengan pemeriksaan pada 08.50 WIB.



"Terdakwa mengaku sakit, tapi setelah dicek, dia dikatakan bisa. Kami bawa dokter yang tadi memeriksa dan tiga dokter yang telah melakukan eksaminasi sebelumnya," ucap jaksa Irene Putri.



Meski hal itu telah dikonfirmasi hakim, Maqdir tetap meminta agar kliennya diperiksa dokter yang mereka percaya.



Hakim lalu menskors persidangan dari pukul 11.00 hingga 14.30 WIB dan memerintahkan Novanto kembali diperiksa oleh tim dokter.



Namun, selepas pencabutan skors, Novanto masih tidak menjawab pertanyaan hakim soal data dirinya.



Setelah diskors hingga tiga kali, akhirnya sidang ditutup pada pukul 20.14. Majelis hakim kemudian menginstruksikan kuasa hukum Novanto menyelesaikan eksepsi seminggu setelah sidang dakwaan.



Menurut rencana, pada hari ini juga akan dibacakan kesimpulan oleh hakim tunggal Kusno di PN Jakarta Selatan terhadap sidang gugatan praperadilan yang diajukan Setya Novanto.(Nov/Deo/Gol/Mtvn/Ant/X-11)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...dup/2017-12-14

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Novanto Terancam Hukuman Seumur Hidup Darurat Militer Diperpanjang

- Novanto Terancam Hukuman Seumur Hidup Petugas Berhasil Hambat Peluasan Api

- Novanto Terancam Hukuman Seumur Hidup Pengamanan Time Square Diperketat

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
892
3
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan