Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

getsmartalinaAvatar border
TS
getsmartalina
Data nGomobile CIMB Niaga
Pada 23 Agustus 2017 pukul 13:15-13:42 saya menerima telepon seorang pria dari nomor 0811527xxx yang mengaku customer service (CS) CIMB Niaga. Dia memberi info mengenai rencana perubahan biaya transaksi Go Mobile menjadi Rp 150 ribu per bulan yg didebet dari rekening. Merasa tidak menggunakan layanan tersebut, saya sudah hampir menutup telepon dan langsung menuding si penelepon mau menipu. Tetapi dia bisa meyakinkan saya dengan adanya notifikasi di layar HP bahwa telpon tersebut dari customer service CIMB Niaga.

Si CS itu menanyakan user id dan password tetapi saya lupa karena tidak pernah sekalipun memanfaatkan layanam tsb. Kemudian orang itu menanyakan tanggal, bulan, dan tahun lahir. Orang tersebut akhirnya mengetahui saya juga pemegang kartu kredit CIMB Niaga. Saya share nomor kartu kode rahasia lainnya. Segera setelah itu ada beberapa SMS konfirmasi transkasi dari traveloka dan Finpay Telkom yg masuk ke handphone.

Sadar telah ditipu, saya langsung menghubungi CS CIMB Niaga untuk membuat penyangkalan transaksi dan mereka berjanji untuk melakukan investigasi selama 45 hari kerja. Pihak bank mengatakan bahwa penelepon bukan dari pihak mereka, bank tidak pernah meminta user id dan password, serta sasaran telepon dari CS abal-abal tersebut random.

Pada 12 Desember saya menerima hasil investigasinya yang menyatakan transaksi tersebut sah.

Oke, ini memang salah saya karena memberikan data pribadi sehingga transaksi tersebut sah. Saya pun sudah membayar tagihan di kartu kredit. Tetapi yang jadi pertanyaan, bagaimana data saya sebagai nasabah Gomobile, nama, dan nomor handphone bisa sampai ke pihak luar bank? Kenapa orang luar bisa berkeliaran di sistem perbankan yang seharusnya super aman? Hingga saat ini CIMB Niaga belum menjelaskan bagaimana data saya bocor ke pihak luar. Mohon Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan melakukan investigasi dan mengambil tindakan terhadap kebocoran data nasabah. Pihak bank juga jangan asal gencar berjualan tanpa jaminan keamanan uang nasabah.
Diubah oleh getsmartalina 14-12-2017 16:35
0
2.5K
15
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan