helm888Avatar border
TS
helm888
Kuliner Medan #Part 1
Maap ne agan aganwati sekalian, hanya mau berbagi beberapa tempat makan nyummi di MEDAN.
Ane anak PADANGSIDIMPUAN, tapi yah karena kebetulan di Medan, kali ini ane berbagi kuliner Medan dulu deh. Kalau ada waktu nanti Kuliner Padangsidimpuan bakal nysul.




Medan termasuk salah satu dari sejumlah kota di INDONESIA yang memiliki tempat jajanan kuliner yang beraneka variasi.
Bagi para agan dan aganwati yang belum pernah ke Medan, ini ane bagi
Tempat Kuliner Kota Medan
selamat mengenal kuliner MEDAN..


***** KULINER JAJANAN KAKI LIMA *****

The Controversial Ucok Durian

Spoiler for *:



Gerai ini awalnya bermula dari kesederhanaan bang Ucok sebagai pemilik. Kejujuran dan sifat ‘Cincai’ inilah yang membuatnya disenangi dan mendatangkan banyak pengunjung, mengingat harga durian yang tidak stabil layaknya kurs emas yang disebabkan oleh faktor musim.

Hal lain yang mungkin berpengaruh ialah anda dapat menukar durian yang kurang bagus, sehingga kepuasan pun terjamin. Bang Ucok sendiri tidak mengeluh, karena durian tadi yang kurang bagus dijual lagi kepada toko yang menjual bahan makanan yang terbuat dari durian seperti pancake dan kolak durian dengan harga yang lebih murah.

Ramainya Ucok Durian kadang menjadi boomerang bagi mereka sendiri. Belakangan ini servisnya mulai payah, dan beberapa anak buah Ucok durian tidak ramah dalam pelayanannya.


Warkop Elizabeth

Spoiler for *:



Warkop (Warung Kopi) sebenarnya terdiri dari sebuah gerai kecil yang biasanya menjual minuman, rokok, makanan ringan. Tempat ini kerap ramai dikunjungi karena biasanyd diidentifikasikan dengan harga yang murah. Ada beberapa warkop yang ramai dikunjungi di Medan, salah satunya yang berada di depan Rumah sakit Elizabeth. Umumnya warkop buka 24 jam, tetapi daerah ini mulai ramai dikunjungi di malam hari.

Terdapat puluhan gerai yang berdempetan memenuhi ruas jalan yang kecil. Kesemuanya kurang lebih menghindangkan makanan dan minuman yang serupa, hanya saja rasa yang berbeda. Kebetulan atas rekomendasi teman, kami memilih duduk di no 99. Menu standar yang ditawarkan yaitu nasi prang telur, ikan, ayam dengan harga yang ekonomis (3-4rb), tapi yah.. 2 suap sendok udah abis. Biasanya nasi prang merupakan ‘appetizer‘, lalu main coursenya? Indomie becek (8rb). Sebenarnya penyajian mie instant ini tidak special, hanya saja bumbu homemade dan cabe yang dipakai membuat rasanya nikmat.

Tak Kasih Enak

Spoiler for *:



Gerai yang berjualan nasi sayur/ nasi lemak ini cukup unik dan menarik perhatian, karena berjualan di dalam mobil pick-up yang telah di modifikasi menyerupai gerai, plus terangnya lampu yang memakai daya listrik genset mini.
Gerai ini berjualan di jalan SUMATRA.

Memang tidak banyak meja yang disediakan di gerai yang berada pas di simpang Jln. Jambi ini. Walaupun ramai, banyak pelanggan memilih untuk take-away, beberapa langganan lama bahkan memesan dari dalam mobil. Sesampainya kami pun ditanya “Nasi sayur atau lemak?” dilanjuti “Pake apa?”. Kami memesan nasi sayur dengan lauk ayam rica-rica khas Sulawesi.

Cita rasa makanan boleh dibilang enak dan harganya tidak mahal.

Jalan Kalimantan

Spoiler for *:




Jalan Kalimantan, yang berada di simpang Jln. Sumatera ini sudah terkenal akan variasi makanan/minuman yang ditawarkan pedagang kaki lima. Kami masih ingat tempat ini sempat menjadi primadona 8 tahun lalu, ketika kami masih mengenakan seragam sekolah. Sampai saat ini pun kawasan ini tetap ramai dikunjungi terutama di sore hari, walaupun beberapa pedagang sudah men-upgrade usahanya.

Berdasarkan penelusuran dari zaman SMA hingga sekarang, pengunjung yang datang ke area ini masih kurang lebih sama, yaitu anak sekolahan di siang hari yang menghabiskan waktu 1-2 jam kemudian balik melanjutkan studinya, kemudian jeda dan dilanjutkan oleh ibu-ibu yang menunggu atau membawa anaknya sepulang dari kursus, lalu sore-nya dipadati oleh pekerja sepulang ngantor.


***** KULINER NON HALAL *****


TABO BAH

Spoiler for *:




Tidak banyak pilihan untuk makanan khas Batak di malam hari, kebanyakan hanya buka sampai sore hari. Untunglah terpikir oleh kami tempat makan ini ketika memenuhi permintaan salah satu teman yang baru kembali dari luar negeri. Beralamat di Komp Multatuli Blok D no 48-49, rumah makan 2 ruko ini tidaklah begitu sulit ditemukan. Resto ini terbagi menjadi 2 lantai, lantai pertama non-AC dan lantai kedua ber-AC. Kami memilih lantai 1 karena tampak lebih ramai. Tidak seperti rumah makan BPK yang umumnya tidak begitu higienis, interior Tabo Bah cukup bersih dan nyaman, hanya saja kami sedikit kegerahan.

Menu kemudian dibagi. Ada 2 jenis menu, standar dan yang satunya lagi bermacam menu bubur yang sedikit lari dari konteks restonya yang menjual makanan khas Batak. So we ordered Babi Panggang (20rb), Babi Goreng (17rb), Daun ubi tumbuk (6rb), Ayam Andaliman (13rb), pulos-pulos (6rb).

Tabo Bah
Komp Multatuli Blok D No 48-49
061-4570673


SELAT PANJANG

Spoiler for *:


Selalu ramai dari siang sampai malam. Menjual sangat beraneka ragam makanan. Kebetulan makanan yang saya pesan pada waktu itu ada makanan non halal Bakmi. Bakmi yang satu ini menjadi favorit kita di pagi hari seusai olah raga pagi, atau hanya sekedar sebagai santapan sarapan. Mie khas orang Khek ini dibuat sendiri, sehingga lebih segar dan kenyal, kemudian ditambahkan daging cincang rebus dan lemak babi goreng sebagai lauknya, berikut sedikit iriswan daun bawang dan sayuran sebagai pelengkap. Tidak seperti mie pansit atau mie lainnya, Bakmi Khek menyajikan santapan yang sederhana, namun kaya akan rasa. One of the favorite!


Tiong Sim noodle, Grand Paladium Mall

Spoiler for *:


Siapa sih yang ga tau mie Tiong Sim? Kami yakin rata2 masyarakat Medan terutama etnis Tionghoa pasti sudah tau tentang mie yang merupakan salah satu kuliner khas Medan. Minggu sebelumnya, tatkala hendak menonton, kami sempatkan untuk dinner bareng di Mie Tiong Sim yang berada di dalam mal Paladium. Sebenarnya rumah makan ini merupakan cabang dari mie Tiong Sim yang berada di Jalan Selat Panjang, akan tetapi menu disini jauh lebih bervariatif dan juga lebih modern dari segi pelayanan dan dining experience.

Tanpa pikir panjang, tentunya menu utama disini ialah Mie Tiong Sim (25rb) sendiri, akan tetapi kami sempat dibingungkan oleh penggunaan 2 jenis mie (biasa dan super/premium), dan menurut kami seh perbedaannya tidak signifikan. Yang tidak boleh dilewatkan juga ialah wantan, karena selain terkenal akan isi dagingnya yang enak, ukuran wantan TiongSim juga besar. Selain itu kami juga memesan bebek panggang(100rb), char siew madu dan sio bak (roasted pork)(80rb), tentunya porsi yang ditawarkan juga untuk disharing. Salah satu dari kami memesan kwetiaw siram sapi(25rb).


***** KULINER WESTERN *****

Breeks Cafe, Sun Plaza

Spoiler for *:


Sebuah kafe nongol lagi di kota Medan, lebih tepatnya di lantai 3 Sun Plaza. Breeks Café. Sebuah café dengan suasana American yang kental dan menghadirkan beragam masakan western yang amat menggoda selera.

Dari rumor yang beredar di sana sini, Beef Lasagna Breeks Café (Rp. 69.500,-) is a must try. Dan survey membuktikan: BENAR. Memang harga yang ditawarkan sedikit mahal untuk porsi yang disajikan, tetapi rasa yang tersuguh dari lasagna tersebut berhasil menutupi kekurangan porsinya. Rasa keju yang lembut dengan potongan sapi cincang yang gurih diselimuti dengan saus tomat yang manis benar-benar membuat kami puas.

Sky lounge Nuansa

Spoiler for *:



Restoran ini masih tergolong sangat baru tapi dengan pengunjung yang terlihat siang itu cukup ramai. Tempatnya tidak terlalu susah dicari karena terletak persis di sebelah bundaran pintu masuk perumahan River View dengan pelataran parkir yang luas dan eksterior restoran bergaya modern.

Kesan pertama pelayanan sangat baik, sigap dan ramah. Restoran ini terbagi 2 lantai, indoor dengan AC di lantai 1 dan open outdoor di lantai 2. Restoran ini adalah tempat yang pas untuk anda2 yg hoby foto2.




berhubung ane newbie bagi yang berkenan mohon

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)

ANAK MEDAN MANA ??? MARI BERI SAYAemoticon-Blue Guy Cendol (L)


Bila masih diijinkan WAIT ME IN KULINER MEDAN #PART 2 !
0
4.7K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan