godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
Hati-Hati! 7 Kebiasaan di Kantor Ini Bisa Mengganggu Kesehatan Gan- Sis!


Bagi Gan- sis yang bekerja di ibukota, kadang rutinitas sehari-hari membuat Gan- sis mengesampingkan masalah kesehatan tubuh. Alasannya tentu beragam, mulai dari adanya deadline, banyak tugas, lelah, hingga tidak punya waktu. Apalagi setelah bekerja 8 jam penuh di kantor, yang Gan- sis inginkan saat pulang hanyalah beristirahat. Waktu libur terkadang Gan- sis lakukan untuk berkumpul dengan keluarga atau memanjakan diri dengan membaca buku, menonton, atau pergi ke salon. Duh, kapan sempatnya mengurus badan sendiri?

Terlebih lagi, karena bekerja kantoran, biasanya secara tidak sadar Gan- sis mengembangkan beberapa kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan. Nah, lho. Apa sajakah kebiasaan tersebut?

Untuk menghindarinya, yuk simak daftar kebiasaan di kantor yang mengganggu kesehatan berikut ini :

1. Melewatkan sarapan



Bagi Gan- sis yang bertempat tinggal jauh dari kantor, tentu Gan- sis harus bangun lebih pagi dan jika telat sedikit, harus buru-buru berangkat ke kantor untuk menghindari macet. Dengan rutinitas pagi seperti ini, alhasil banyak karyawan yang mengabaikan sarapan. Lho, memangnya kenapa jika tidak sarapan? Tentunya Gan- sis akan merasa lesu dan tidak berenergi saat bekerja. Sebab, sarapan berfungsi untuk memberikanmu energi dan membuat otak bekerja lebih maksimal. Jadi, jangan sampai lupa sarapan ya! Dan perhatikan pula menu sarapan Gan- sis, hindari makanan berat dan mengandung lemak karena akan membuat Gan- sis lesu.

2. Selalu duduk



Terkadang, Gan- sis menjadi kelewat serius dalam mengerjakan tugas di kantor sehingga secara tidak sadar, Gan- sis terus-terusan duduk. Hal ini gawat, sebab terlalu lama duduk dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, yang salah satunya adalah penyakit jantung. Selain itu, tubuh dan otak Gan- sis juga butuh istirahat dan sesuatu yang segar untuk meningkatkan kinerjanya lagi. Selain itu, duduk terus selama beberapa jam dapat mengakibatkan pembekuan darah di bagian vena kaki. Pembekuan darah tersebut bisa saja terlepas dan membawa aliran darah ke paru-paru. Alhasil Gan- sis akan mengalami embolisme paru-paru yang mengancam nyawa. Nah untuk mengatasi hal ini, berjalanlah di sekitar meja selama 5 atau 10 menit setiap jamnya.

3. Postur duduk yang salah



Gan- sis yang berkerja di kantoran pasti sering mencondongkan badan ke komputer. Ini adalah postur duduk yang salah dan lama kelamaan, Gan- sis akan merasa nyeri serta pegal pada leher sebab otot leher menjadi tegang dan terjadi ketidakseimbangan permanen di tulang leher. Nah, jika sudah duduk terlalu lama, Gan- sis mungkin tidak akan sadar bahwa postur duduk Gan- sis tidaklah bagus untuk kesehatan tubuh. Padahal, hal tersebut bisa saja merusak saraf tubuh. Lalu, bagaimana postur duduk yang benar? Duduklah dengan tegak dan lurus saat bekerja. Beristirahatlah sejenak untuk menghindari sakit leher tersebut.

4. Malas keluar kantor



Terkadang, cuaca yang panas atau terlalu asyik dalam mengerjakan tugas bisa membuat Gan- sis malas untuk keluar kantor, bahkan hanya untuk sekadar makan siang. Jangan biasakan hal ini ya, sebab sedikit-banyak Keluarlah dari gedung kantor sebanyak 2 kali selama 8 jam bekerja, apalagi jika lingkungan kerja Gan- sis menggunakan AC. Selain itu, konsumsilah Vitamin D agar badan tetap fit.

5. Multitasking



Meskipun mungkin Gan- sis terlihat hebat saat melakukannya, namun sejatinya multitasking tidaklah baik dalam bekerja. Sebaliknya, lebih baik fokuslah ke satu pekerjaan saja terlebih dahulu. Sebab, multitasking hanya akan membuat Gan- sis stres dan menjadi tidak total untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Beri otak Gan- sis sedikit ruang untuk bernapas, ya!

6. Mendengarkan musik



Kebosanan dan rasa ngantuk merupakan dua hal yang pasti Gan- sis alami jika bekerja di kantoran. Untuk menghindarinya, Gan- sis membutuhkan sesuatu yang fresh, salah satunya adalah dengan mendengarkan musik. Namun, janganlah mendengarkan musik sepanjang hari apalagi dengan menggunakan headset atau headphone karena akan merusak telinga. Dengarkan musik saat bekerja dalam batas dan volume sewajarnya, ya!

7. Sedikit minum air putih



Ketika Gan- sis sedang asyik mengerjakan sesuatu, akuilah bahwa Gan- sis terkadang menjadi lupa untuk minum. Awas! Jangan sampai Gan- sis terkena dehidrasi yang membuat sirkulasi darah berantakan dan tubuh lemas. Karenanya, biasakanlah untuk minum setidaknya satu jam sekali saat sedang bekerja.

Jika Gan- sis memang memiliki salah satu dari tujuh kebiasaan di atas, yuk ubah dan perbaiki dari sekarang. Sebab, kesehatan Gan- sis ke depannya akan bergantung pada perubahan ini. Selamat mencoba!


emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


Sumur :Go Dok


Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Agan bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!


:welcome :welcome


0
878
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan