Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

Ā© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

junitas06Avatar border
TS
junitas06
7 Cara Berinternet Baik

Sumber Gambar: juragancipir.com


Akhir-akhir ini banyak berita-berita hoax yang tersebar di internet. Bahkan, berita-berita tersebut menimbulkan konflik SARA, menyakiti, dan menghina sekelompok orang sehingga dapat menimbulkan perpecahan. Berikut ini ada 7 cara agar kita bijak menggunakan dunia digital.

1.THINK
True=> Coba cek apakah postingan atau sesuatu yang akan kita share benar sesuai dengan fakta/kebenaran. Hurtful=> Coba pikirkan apakah sesuatu yang kita posting akan menyakiti orang lain. Illegal=> Coba pikirkan apakah sesuatu yang akan kita posting/share mengandung sesuatu yang ilegal. Necessary=> Coba pikirkan apakah sesuatu yang akan kita share/posting penting untuk diri kita sendiri dan orang lain. Kind=> Coba pikirkan apakah sesuatu yang akan kita posting/share mengandung nilai kebaikan. Jika, sudah memenuhi kelima point ini, maka silahkan share atau posting.

2.RESPECT
Carilah kesamaan dan cobalah pahami perbedaan pendapat. Coba posisikan diri kamu di posisi orang lain. Jangan posting/share sesuatu yang akan membahayakan diri kita atau bahkan menyakiti hati orang lain.

3.TURN BACK THE HOAX
Jika kamu mendapatkan postingan dari orang lain, maka jangan langsung kamu share/posting. Tenangkan diri, perhatikan latar belakang masalah dalam postingan, lihat dari dua sisi yang berbeda, cek-ricek dan klarifikasi kebenarannya.

4.TAKE CARE YOUR SELF BRANDING
Ciptakan brand-mu di sosial media. Setiap orang punya cara masing-masing dalam mengekspresikan dirinya di sosial media. Ingatlah selalu, bahwa postingan kamu di sosial media mencerminkan diri kamu.
Sebetulnya, banyak hal/postingan positif yang dapat kamu lakukan di sosial media. Misalnya, kamu hobi masak, maka kamu dapat memposting hasil masakanmu di sosial media. Kamu hobi fotografi atau travelling, maka kamu dapat mengisi sosial media atau blog kamu dengan hal tersebut.

5.TELL, REPORT, BLOCK
Jika ada konten yang tidak benar/menyakiti hati, maka tidak perlu dilawan dengan kata-kata yang kasar. Lakukan TELL, REPORT, BLOCK. TELL=> beri nasihat melalui pesan pribadi dengan kata-kata yang baik. REPORT=> Jika tidak digubris, gunakan fitur report untuk melaporkan kepada penyedia layanan sosial media. BLOCK=> Unfollow/unfriend ada baiknya. Sumber-sumber konten negatif yang ada cukup kita block. Tidak
perlu mengintervensi orang lain.

6. POSTING NGGAK YA?
Pertimbangkanlah apakah sesuatu yang akan kita posting/share: Benar? Membantu? Menginpirasi orang lain? Jika mengandung kebermanfaatan makan postinglah.

7. INGAT HIDUP NYATAMU!
Hindarkan diri kamu dengan kecanduan media digital. Bagaimana pun asyiknya dunia digital, ingatlah kamu punya dunia nyata. Kamu perlu bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarmu.

Yuk.. agan and sist, cerdas berselancar di dunia internet. Silahkan share jika tulisan ini bermanfaat. Terima kasih emoticon-Hai

Note: materi disaring dari seminar #internetbaik
Diubah oleh junitas06 09-12-2017 00:52
0
2.5K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan