Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

paramadina729Avatar border
TS
paramadina729
Wasekjen Golkar: Harusnya Pengganti Ketua DPR melalui Pleno




Menurut Wasekjen Golkar Muhammad Sarmuji, harusnya usulan tentang pengganti Novanto diputuskan melalui rapat Pleno yang digelar DPP Golkar.

Sarmuji mengatakan, sejauh ini rapat pleno Golkar terakhir berlangsung pada 21 November. Keputusan saat itu, bahwa penggantian Ketua DPR ditetapkan setelah proses praperadilan Setya Novanto selesai.

"Dan keputusan itu belum dicabut. Untuk mencabutnya itu harus melalui pleno juga," kata Sarmuji saat dihubungi JawaPos.com, Minggu (10/12).

Dia mengaku sejauh ini belum mengetahui adanya surat tersebut. Namun, meski surat Novanto yang menunjuk Aziz Syamsudin sebagai pengganti Ketua DPR itu ada, kata dia, harusnya dibawa ke forum pleno, sehingga dari sana akan diputuskan.

"Saya tidak tahu ada surat tersebut," kata anggota Komisi XI DPR itu.

Dia menambahkan, siapa pun punya hak mengusulkan nama, apalagi Novanto sebagai Ketua Golkar. Bahkan, kata dia, nama yang diusulkan Novanto pasti menjadi pertimbangan tersendiri. Dengan catatan, usulan tersebut harus melalui prosedur. "Azis juga kan enak jika menjadi Ketua DPR didukung partai," kata dia.

Menurutnya, jika mengantongi izin resmi partai, Aziz tentu lebih enak menjabat Ketua DPR. Sebab, rapat pleno menjadi keputusan resmi partai. "Jadi kalau disetujui partai kan lebih enak langkahnya," tegas Sarmuji.

Apakah surat tersebut bisa dikatakan ilegal? Sarmuji tidak mau mengomentari lebih jauh. Menurutnya, tindakan Novanto yang mengusulkan penggantinya adalah sesuatu yang sah. Namun, sebaiknya usulan itu dibahas dalam rapat pleno.





https://www.jawapos.com/read/2017/12...-melalui-pleno



0
548
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan