KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / News / ... / UKM /
[ASK] Hire Driver + Beli Motor atau Pake Kurir Pengiriman Barang Untuk Online Shop?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a1d1ce9ded770e47e8b4567/ask-hire-driver--beli-motor-atau-pake-kurir-pengiriman-barang-untuk-online-shop

[ASK] Hire Driver + Beli Motor atau Pake Kurir Pengiriman Barang Untuk Online Shop?

Halo Kaskuser, Mimin, Momod,..
Sebelumnya saya mau ngucapin terima kasih udah boleh gabung di forum ini. Perkenalkan nama saya Dian Wulandari, ibu rumah tangga yang notabennya kerja banting tulang buat ngebantu suami mencari nafkah siapa tau bisa kebeli mobil mewah emoticon-Big Grin. Setelah melewati proses pemikiran dan berunding dengan suami, akhirnya saya memutuskan untuk resign dari tempat kerja saya yang kurang lebih udah 7 tahun ngikut sama “Si Bos” bergelut di dunia fashion yang tiap harinya megang pensil dan kertas. Kami berdua sepakat akan membuka usaha kecil-kecilan dari apa yang paling kami ketahui, dan tentunya ga membutuhkan budget yang ga terlalu besar. Karena menurut saya dan suami, se enak-enaknya kerja sama orang lain, akan lebih enak kalau kerja sendiri emoticon-Big Grin (Sorry yah Bos..)

Tha..Thaa...
[ASK] Hire Driver + Beli Motor atau Pake Kurir Pengiriman Barang Untuk Online Shop?
Yes, Selain emang saya sendiri kurang lebih sedikit ngerti akan dunia fashion (plus bisa sketching dan desain sendiri emoticon-Big Grin) belajar dari mantan bos, Ga ada salahnya kalau memulai bisnis dari hal apa yang kita lebih pahami dan tentunya kita suka, yaitu “Fashion Online Shop”. Banyak hal dan alasan menjadikan berjualan secara online menjadi pilihan saya, selain trend anak jaman now yang ingin selalu tampil modis, tentu bisnis online shop pun sangat mendukung karena sudah didukung oleh teknologi dan jejaring sosial sebagai media promosi barang jualan. Saya dan suami sepakat akan memulai usaha ini dengan akan mengontrak ruko (rumah pertokoan) berlokasi di Depok. Kami punya pendapat tersendiri, dimana bisnis sandang tetap jadi salah satu bisnis yang seksi yang mudah-mudahan diterima banyak orang dengan segala faktor pembeda yang kami miliki.

Tahap Persiapan Yang Udah Saya Lakuin Nih Gan.
[ASK] Hire Driver + Beli Motor atau Pake Kurir Pengiriman Barang Untuk Online Shop?
Beberapa persiapan sudah kami lakukan dengan budget yang kami miliki, meskipun beberapa % pake duit persiapan anak-anak sekolah emoticon-Big Grin (Maaf yah Nak... Ibu Pinjem Dulu). Mulai dari sewa ruko, membeli mesin jahit dan mesin obras dan peralatan pendukung lainnya, sampe dengan persiapan biaya gaji karyawan (5 orang) selama 1 tahun ke depan. Nah, lewat kesempatan kali ini, saya mau bertanya dan mohon pencerahan para sesepuh forum UKM yang udah malang melintang di dunia usaha, dimana saat ini kami sedang bingung dengan pertimbangan distribusi barang/pakaian yang kami produksi untuk langsung ke konsumen. Bukanya gimana-gimana, karena pertimbangan ini pun nantinya juga kudu binti wajib ada budget tersendiri nantinya.

Hire Driver Sendiri atau Gunakan Jasa Kurir Online?
Secara diferensial, kami ingin memulai usaha kecil-kecilan ini dengan mencoba tampil beda dibanding usaha lain, dimana kami mencoba menekankan penjualan secara online, lebih jemput bola tentunya, dan tanpa melupakan layanan secara offline lewat toko fisik (ruko yang kami sewa). Mengapa harus melayani online/jemput bola? Karena jaman sekarang dirasa orangnya suka mager, mau baju model kayak apapun pinginnya tinggal pake aja! Tinggal order dan kiriman pun datang. Tapi untuk mengimplementasikan layanan delivery order sendiri, kami masih kepentok dengan bingung akan pertimbangan akan hire karyawan untuk delivery order atau menggunakan jasa pengiriman, contoh saja GO-SEND.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan dari dua hal tersebut ini nih gan:
Hire Karyawan
Memang dalam dunia bisnis terkadang ada keinginan dalam hati kecil untuk bisa ngebantu orang lain, salah satunya dengan membuka lowongan kerja yang nantinya bakal bikin orang lain jadi bisa punya pendapatan. Namun untuk hire karyawan untuk delivery order secara online kami ada pertimbangan masalah cost diantaranya, gaji setiap bulan dan belum lagi kudu beli sepeda motor, bikin box, dan tentunya ada uang operasional (bensin, service sepeda motor) dan tetek bengek lainnya. Emang enak sih, kalau punya karyawan khusus buat delivery order bisa ngantar pesanan kemanapun dan kapanpun, termasuk bisa kita suruh ketika beli bahan apabila ada kekurangan. (Cuma masih ga berani kalo urusan budgetnya Gan.. ).

Gunakan Jasa Pengiriman (GO-SEND)
Jasa pengiriman barang dan paket GoSend jadi alternative kami yang kedua untuk bisa menerapkan sistem delivery order ketika pelanggan memesan lewat web/sosial media kami. GO-SEND merupakan layanan Instant Delivery yang beberapa orang udah merekomendasikan ke saya bisa jadi yang pas untuk ngedukung usaha saya. Dari sisi harga, tentu ini akan dibebankan kepada pembeli, namun baju/item pakaian yang dipesan tetap bisa dengan cepat sampe tujuan pemesan. Terus kalau dari segi paketnya, GO-SEND punya GO-SEND Instant Delivery dan GO-SEND Same Day Delivery. Meskipun nantinya akan memberikan pilihan kepada pemesan paket mana yang akan lebih membuat cepat barang sampai tujuan. Lalu bagaimana dengan pemesan yang berada di luar Jabodetabek? Sepertinya mau ga mau harus menggunakan jasa kurit dan pengiriman barang, karena layanan delivery order hanya kami tujukan hanya untuk pelanggan Jabodetabek sebagai target market utama kami.

Bingung kan gan?
Nah, sekarang tiba giliran saya minta pendapat dan masukkan dari Kaskuser dan para punggawa dunia bisnis UKM, kira-kira apakah saya kudu hire karyawan buat delivery order atau mending pake jasa pengiriman seperti GoSend aja tanpa harus ngeluarin budget buat bayar karyawan setiap bulannya?

Saya yakin Kaskuser di sini masih banyak yang mau berbagi dan sharing sambil membimbing saya yang newbie dalam dunia entreprenuer.
Terima kasih atas partisipasinya & saya tunggu saran beserta masukannya juragan..
Diubah oleh nextgirl
Halaman 1 dari 2
Sebagai informasi tambahan saja, bahwa dalam DW Boutique ini juga ga hanya melayani untuk penjualan baju seperti toko lain, tapi di kami ini lebih menekankan bahwa kami menawarkan desain yang coba saya bikin sendiri. Kemudian dari para calon pembeli pun bisa langsung datang ke toko kami dengan melakukan pengukuran agar ukuran lebih cocok (secara terkadang size sudah fix, tapi berat badan cewek itu sering turun naik) jadi akan lebih aman kalau melakukan pengukuran langsung ke butik, dan ketika sudah selesai barang akan kami kirim ke pemesan.

Masalahnya, kami masih bingung antara harus hire karyawan untuk melayani delivery order dibanding dengan menggunakan jasa ekspedisi pengiriman barang.

Mohon pencerahannya suhu-suhu UKM.. dan terima kasih sebelum dan sesudahnya. emoticon-Kiss


7 tahun ikut orang bikin mateng yah Mba.
Semangat Mba,
Kalau menurut gw sih, pake kurir online dulu.
Kalau usaha udah maju baru deh cari karyawan buat antar barang.
Quote:

Ya masih belajar juga Sis.
Amin, doakan aja yah semoga usahanya lancar.
Okay, I See. terimakasih atas masukannya.
sundul gan
mohon pencerahan para suhu2 Usaha di sini.
Quote:


saya setuju sama sis ini juga emoticon-Big Grin

pertimbangan saya untuk model bisnis nya sis hire driver tidak terlalu mendesak, karena customer juga menunggu baju mereka dibuat kan? jadi saya rasa mereka tidak akan keberatan juga untuk menunggu sedikit lebih lama kiriman mereka datang menggunakan kurir konvensional
Quote:

Terima kasih atas sarannya nya Sista.
Btw nih Sis, bisnis fesyen dari aku ini ga hanya menyediakan jasa desan dan pengukuran saja, namun kami juga memproduksi beberapa SKU yang udah ready stock. Jadi apabila ada order yang masuk untuk customer wilayah Jabodetabek, kami rekomendasikan untuk menggunakan paket kirim hari itu juga. Dengan pertimbangan, harus hire driver atau cukup gunakan jasa pengiriman barang/dokumen yang udah ada seperti GoSEND misalnya.

btw makasih banget udah menyempatkan waktu buat ngasih insight yang begitu bermanfaat buat kami.
emoticon-2 Jempol
Kalo ane selama ini pake Go send gan,kebetulan ane punya usaha online jual beli gitar, hampir tiap hari kirim2 go send, driver nya ane suruh kirim ke tiki/jne dia yg bantu proses juga mau emoticon-Big Grin tp biasanya ane lebihin karna gak tega. sejauh ini ane transaksi alhamdulilah aman, drivernya bisa di percaya. Sekalian promo usaha online gitar ane gan, siapa tau ada yg mau beli ato jual gitar nya, follow IG Smosyu_music emoticon-Wow
Quote:


oh begitu, oke deh moga sukses terus ya bisnis nya

Quote:


nice Share Juragan, bisa buat study case saya nih.
bisa buat pertimbangan buat saya untuk memulai bisnis kecil2an
Quote:

terima kasih atas do'a nya, nanti kalau udah buka resmi mampir yah Sis emoticon-Big Grin siapa tau suka dengan desain baju dari saya .... hheheheheh
Quote:


Siap siss emoticon-Big Grin oh ya kalo buth jasa online marketing untuk bisnis nya bisa coba ke sini langit23.com (website,optimasi iklan facebook dan instagram ads,email marketing,dll) makasih
wah kamu hebat banget gan emoticon-2 Jempol gw emoticon-Rate 5 Star yaa dan semoga sukses
Quote:


Wah, masih newbie dan baru merintis.
btw makasih atas doa an rate threadnya.
DW Butik yg deket rumah gw bukan yah?
Perasaan ada deh namanya mirip baru buka deket RTM

Semangat Mba, pake semacam gosend dulu aj mbak, kalau udah sukses dan dirasa perlu banget baru deh nambahvkaryawan buat driver
Diubah oleh drumss
Kerjasama dengan kurir (ekspedisi) lebih baik lagi. Sambil kita nitip barang, sambil buka titipan juga. Maksudnya kita sebagai perantara juga. Jadi bukan kita nganter barang ke ekspedisi, tapi mereka yang ngambil.

Temen ane begitu. Sudah 5 taun.
Diubah oleh Unapzeus
Pakai gosend saja Bu. Lebih mudah karena bisa di tracking (pengalaman 2 tahun online shop). Barang juga dimasukkan ke e-commerce (tok*p, shop**, buk*l*p*k) karena memudahkan untuk konfirmasi pembayaran, alamat tujuan diinput pembeli, pilihan kurir, dll.

Untuk JNE, biasanya ada agen yang mau pick up (biasanya ada min paket) bahkan ada cashback. Kalau J&T juga bisa pick up tanpa minimum.
Kalau mau tanya-tanya boleh. DM saja ya.
Pake gojek dulu nanti kalo udah membludak order br pake driver sendiri. Imho enakan gojek karena ga perlu beli motor dan ngurus driver. Kalo mau beli sekalian waktu udah butuh mobil box aja
Cari jasa ekspedisi yang mau jemput bola. Kalau paketnya banyak pasti mau.
ojek aja. gak usah THR, gak usah ikutin drama karyawan tetap. pusing sendiri nantinya.
sistanya kalo sama kaya di pp cakep yahh... jadi pengen belanja di tokonya.
pake gosend aja dulu sampai orderan prioritas membludak baru rekrut pegawai
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di