deeniiswandiAvatar border
TS
deeniiswandi
Kenapa harus "Tetikus?"
Assalamualaikum Wr. WB


Sesuai dengan judul trit ini, sedikit ane ingin berbagi pertanyaan yang selalu mengganjal dihati ane.
Spoiler for Penampakan:


Yapp tak salah lagi Tetikus alias Mouseadalah peranti penunjuk yang digunakan untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer selain papan ketik. Tetikus memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus. Namun bukan fungsi maupun kegunaan tetikus yang ingin ane bahas disini, melainkan padanan kata yang awalnya Mouse bisa berubah menjadi Tetikus menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).
Mungkin sebagian agan-aganwati disini tidak mempermasalahkan apakah benda itu mesti disebut Mouse maupun Tetikus, namun tidak menurut ane. Sebutan Mouse sudah melekat dalam masyarakat Indonesia apakah itu kalangan muda atau tua, apakah itu di kantor maupun di warnet. Glosarium Pusat Bahasa memadankan kata Mouse menjadi Tetikus sehingga diharapkan Media, Lembaga Pemerintahan maupun Masyarakat bisa menggunakan kata Tetikus baik itu secara lisan maupun tulisan alih-alih tetap menggunakan kata Mouse. Terasa aneh bukan jika agan-aganwati bilang "Ndul pinjam tetikus lo dong, punya gue rusak ni!" terus si "Endul" dengan polosnya jawab "Tetikus darimana?, buat apa gue melihara tikus ga ada gunanya juga dimakan juga ga bisa emoticon-Nohope ". Apakah tidak ada padanan lain yang lebih mudah pelafalannya dan lebih singkat penyebutannya seperti "Mouse;mos" yang sudah lazim kita gunakan dalam kehidupan berumah tangga emoticon-Shutup upss maksudnya bermasyarakat. Daripada Tetikus lebih baik kata Mouse yang berasal dari bahasa Inggris disederhanakan menjadi "Mos" sehingga lebih mudah penggunaannya karena hanya terdiri dari satu kata "Mos, Mos, Mos" kan lebih enak nyebutnya daripada "Tetikus oii Tetikus" lagi pula tidak merudapaksa bahasa kok menurut ane.
Bagaimana menurut agan-aganwati?. Apakah sependapat dengan ane, atau lebih senang menyebut "Tetikus?", kalo lebih senang dengan sebutan "Tetikus" mohon jangan timpuk ane dengan bata yooowww. emoticon-Peace emoticon-Cendol Gan
0
2.5K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan